Categories
Uncategorized

Cara Membuat Tepung yang Mudah dan Beberapa Manfaatnya

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat tepung yang mudah. Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa tepung diproses di suatu tempat oleh orang yang bekerja lembur di pabrik. Tetapi kenyataannya adalah Anda dapat membuatnya sendiri dalam waktu singkat.

Sebenarnya hampir semuanya bisa diubah menjadi tepung. seperti popcorn, quiona, dan kacang polong ke yang lebih tradisional seperti nasi, gandum, oatmeal, dan barley.

Biji-bijian utuh (whole grain), oatmeal segar, beri rye utuh dan sejenisnya umumnya ditemukan di toko makanan kesehatan, dijual dalam jumlah besar. Bijinya berwarna putih, coklat muda, ungu atau kekuningan.

Tepung

Adalah partikel padat dalam bentuk butiran halus atau sangat halus tergantung pada proses penggilingan. tepung biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga, penelitian, dan lainnya.

Tepung juga bisa berasal dari bahan nabati seperti tepung terigu dari gandum, jagung dari jagung, tapioka dari singkong, atau bahkan binatang seperti tepung ikan dan lainnya.

Cara Membuat Tepung

Munculnya tepung ini memang menjadi solusi yang bermanfaat dalam membuat berbagai produk kuliner sehingga menghasilkan kuliner yang enak, terutama kue kuliner.

Tahapan untuk Cara Membuat Tepung:

  1.     Tahap awal adalah proses pemilihan gandum, dalam proses ini harus dilakukan seleksi untuk memilih gandum berkualitas sehingga hasilnya juga akan berkualitas tinggi. Anda harus mengklasifikasikan gandum yang dipanen ke dalam kreasi Anda sendiri untuk mempermudah prosesnya.
  2.     Proses pembersihan dilakukan setelah gandum dipilih karena gandum yang baru dipanen tentu masih kotor dan bercampur dengan batu, debu dan sebagainya. Dalam proses ini gandum juga harus diberi cairan agar dedak gandum dapat diproses dengan mudah.
  3.     Gristing adalah proses pencampuran gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lainnya. Pada tahap ini, bertujuan untuk mendapatkan kandungan tepung sesuai dengan keinginan.
  4.     Tahap keempat adalah proses milling atau bisa disebut milling. Dalam hal ini ada 2 tahap yang bisa Anda ketahui. Yang pertama adalah gandum dimasukkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan sehingga kulit dapat terpisah dari bagian dalam putih, maka Anda akan mendapatkan inti dari gandum. Pada tahap kedua adalah mengubah inti gandum menjadi bubuk yang kemudian menjadi tepung, tetapi sebelum itu harus menyaring epidermis terlebih dahulu dalam proses pertama sehingga tidak terbawa ke proses kedua sebelumnya.
  5.     Setelah gandum ditumbuk dan diubah menjadi tepung, langkah selanjutnya adalah mengemas sesuai dengan jenis tepung yang tersedia. Yang paling populer di kalangan masyarakat adalah jenis tepung protein tinggi, tepung protein rendah dan banyak lagi sehingga Anda perlu mengemasnya dengan baik dan benar.

Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan

Perawatan kecantikan kulit dengan air beras mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, tahukah Anda bahwa selain air beras, tepung beras juga bisa digunakan untuk pengobatan?

Tepung beras telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh wanita di berbagai negara Asia.

1. Mengurangi Jerawat

Tepung beras sangat terkenal untuk menghilangkan jerawat karena sifat antiseptiknya yang dapat melawan bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung allantoin yang memiliki sifat antiinflamasi yang sangat baik. Selain itu, properti lain dari Allantoin adalah dapat membantu meningkatkan tekstur kulit.

2. Mencerahkan kulit

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tepung beras kaya mineral ini adalah solusi tradisional untuk mencerahkan kulit.

Asam amino dan vitamin yang terkandung dalam tepung beras berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen dan elastisitas kulit. Kandungan tyrosinase dalam tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

3. Melawan Penuaan

Jika Anda mencari bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah, tepung beras bisa menjadi salah satu solusi. Tepung beras mengandung asam ferulic.

Anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit kendur, menyamarkan garis-garis halus pada wajah, dan membuat kulit terasa lembab. Tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wajah juga melawan proses penuaan kulit

Jadi begitulah cara membuat tepung yang sangat mudah dan sederhana. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *