Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jus Bit yang Sangat Mudah dan Praktis

Cara Membuat Jus Bit – Apakah Anda tahu tentang Bit? Jika tidak, buah yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil tetapi memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Tentu banyak orang Indonesia yang tidak mengenal buah kecil ini. Wajar saja karena buah ini bukan asli Indonesia dan tidak dapat tumbuh di Indonesia.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang ingin membeli bit, Anda bisa langsung menemukannya di beberapa supermarket di Indonesia. Tanaman bit termasuk sejenis umbi ungu kemerahan yang berasal dari Eropa dan telah lama dikenal memiliki khasiat yang cukup kuat untuk dijadikan obat.

Bentuk buah ini menyerupai tanaman bawang dengan akar yang menutupinya dan bagian yang dapat dibuat menjadi minuman jus adalah pada bagian akar umbinya. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengkonsumsi bit. Salah satu cara untuk memproses bit dengan mudah adalah dengan membuat minuman kesehatan seperti jus buah.

Nah, bagi Anda yang masih penasaran dengan bit, lihat saja artikel ini sampai habis. Karena, kami akan mengulas lebih lanjut tentang apa saja manfaat yang terkandung dalam bit. Selain itu, kami akan menyajikan bahan apa untuk membuat jus bit dan bagaimana membuat jus bit sendiri di rumah.

Cara Membuat Jus Bit

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus bit:

  •     2 gelas air matang
  •     1 bit berukuran sedang
  •     Es batu secukupnya

Langkah-langkah dan Cara Membuat Jus Bit:

  1.     Jangan lupa menyiapkan blender terlebih dahulu.
  2.     Kemudian bersihkan bit menggunakan air mengalir,
  3.     Setelah dibersihkan, maka Anda mengupas kulit luar dan memotongnya menjadi potongan-potongan,
  4.     Masukkan bit dalam blender dengan air matang,
  5.     Selanjutnya, campurkan campuran sebelum halus dan lembut,
  6.     Jika mau, Anda bisa meletakkan es batu sesuka Anda,
  7.     Setelah selesai di blender kemudian siapkan gelas saji,
  8.     Akhirnya, tuangkan jus ke dalam gelas dan siap untuk Anda nikmati.

Manfaat jus bit:

1. Memberdayakan dan Menyeimbangkan Tubuh

Dengan Anda meminum jus bit, maka Anda bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk berolahraga. Itu disebabkan oleh bit yang mengandung nitrat yang berfungsi mengurangi pembakaran oksigen saat berolahraga. Selain itu, bit juga dapat membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Bit juga mengandung banyak serat yang dapat berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan organ pencernaan, hal ini disebabkan karena sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang dengan serat dalam bentuk tinja.

Dengan mengonsumsi jus bit dicampur dengan 1 sendok makan madu di pagi hari sebelum makan, akan membantu Anda mengurangi masalah perut. Selain itu, daun bit juga bisa bermanfaat sebagai upaya mengatasi demam kuning.

3. Membantu Mengatasi Masalah Ketombe

Bit sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel, bisa Anda coba dengan merebus bit dengan sedikit cuka alami.

Kemudian dioleskan dan pijat dengan lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dan jangan lupa untuk membungkusnya dengan handuk. Bila hari berikutnya bilas dengan sampo hingga bersih.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Telah terbukti dengan jelas hanya bahwa Anda minum jus bit dapat berkhasiat untuk membantu mengurangi hipertensi.

Kandungan nitrat dalam bit akan diubah menjadi nitrit yang berguna untuk membuat otot Anda menjadi lebih rileks, sehingga tekanan darah juga menjadi normal.

5. Membantu Mengatasi Anemia Dan Menghasilkan Sel Darah Merah

Bit yang memiliki warna kemarahan sering dikaitkan dengan warna darah manusia, sehingga mereka sering digunakan untuk mengobati anemia.

Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah karena bit mengandung zat besi yang cukup tinggi di dalamnya.

Selain itu, ia juga dapat mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah dan menyediakan oksigen yang berguna untuk kesehatan sel darah merah.

6. Membantu Mengurangi Tingkat Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis, yaitu di mana ada penumpukan plak yang terjadi di dinding arteri.

Kolesterol adalah masalah kesehatan yang seharusnya tidak diabaikan meskipun terlihat tidak berbahaya. Jadi cukup untuk mengonsumsi bit secara teratur, kadar kolesterol dalam darah Anda akan stabil.

7. Membantu Mengobati Tumor dan Kanker

Bit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menghancurkan sel-sel tumor dan kanker dalam tubuh kita. Bit dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengobati penyakit berbahaya ini.

8. Membantu Membersihkan Ginjal dan Kantung Empedu

Ginjal dan kantong empedu berfungsi sebagai racun penetral dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih.

Dengan mengonsumsi bit secara teratur, kerja kedua organ ini membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

9. Pertahankan stamina tubuh

Kandungan bit karbohidrat membantu menyediakan energi bagi tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hanya dengan mengonsumsi bit secara teratur stamina tubuh kita akan terjaga.

10. Membantu Mengatasi Peradangan

Bit juga mengandung kolin yang berfungsi mempertahankan struktur membran sel dan mengurangi peradangan kronis. Selain itu, kandungan kolin juga dapat membantu pergerakan otot.

11. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Meski belum banyak penelitian lebih lanjut telah dilakukan, ternyata ada dugaan tentang bit yang dapat mengurangi timbunan lemak di hati manusia.

12. Membantu Memperpanjang Masa Latihan

Bit adalah buah-buahan yang dapat membantu memasok lebih banyak energi sehingga bisa memakan waktu lebih lama saat Anda berolahraga.

Tidak hanya itu, bit juga mampu mengurangi risiko sesak napas karena masalah kardiovaskular dan pernapasan yang membuat latihan Anda lebih nyaman.

Demikian tadi cara membuat jus bit dan beberapa manfaatnya, semoga bermnafaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *