Categories
Uncategorized

Resep Smoothies Buah Naga, Cocok Untuk Menu Sarapan Pagi

Halo, kali ini saya akan membagikan resep membuat smoothies buah naga. Cara membuat smoothies buah naga sangat mudah dibuat lho. Cocok juga menjadi menu sarapan pagi Anda.

Saat bangun tidur, pasti sebagian orang akan merasakan lapar dan ingin makan banyak. Itu mungkin saja bisa terjadi, karena berjam-jam tidak ada asupan makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh.

Tapi jangan terlalu terburu-buru dalam menyantap menu makan setelah bangun tidur. Ada baiknya untuk meminum air putih dan sedikit melakukan peregangan otot.

Saat pagi hari, Anda membutuhkan asupan untuk memperlancar proses metabolisme sekaligus memenuhi kebutuhan serat. Nah, agar menu masakan pagi hari Anda menyehatkan dan membuat tubuh jadi bugar dan juga segar seharian. Coba yuk membuat ide resep smoothies untuk sarapan berikut ini yaitu resep smoothies buah naga.

Resep Smoothies Buah Naga

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga merah
  • 1 buah pisang ambon matang
  • 100 ml susu
  • 2 sdm madu

Langah Resep Smoothies Buah Naga:

  1. Kupas buah naga dan pisang, lalu potong kecil-kecil.
  2. Masukkan buah naga, pisang, susu dan madu ke dalam blender.
  3. Proses hingga lembut dan halus.
  4. Tuang ke dalam gelas saji. Jika Anda ingin smoothies ini lebih dingin, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari pendingin minuman terlebih dahulu.
  5. Siap dinikmati.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Di dalam buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel.

Selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat yang ada pada buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.

2. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Buah naga adalah sumber kaya serat, yang membantu menjaga kadar gula darah normal. Selain itu juga mampu mengurangi stres oksidatif yang dianggap sebagai salah satu akar penyebab resistensi insulin pada diabetes tipe

3. Meningkatkan fungsi jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Biji hitam yang ada di dalam buah juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

4. Membantu Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian, buah naga adalah sumber kaya kandungan Lycopene, yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium.

Selin itu, radikal bebas juga dapat terbunuh oleh jumlah antioksidan yang banyak dalam buah ini, sehingga membantu mencegah kanker.

Konsumsilah Smoothies Buah Naga Sewajarnya

Anda tak boleh terlena dengan sederet manfaat oalahan buah naga yaitu smoothies buah naga maupun juas buah naga bagi kesehatan, karena minuman ini juga bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Seperti yag dijelaskan di atas, smoothies buah naga mengandung banyak nutrisi, namun juga dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Smoothies buah naga dapat menimbulkan mulas dan gangguan pencernaan lain seperti diare, sakit perut, sindrom iritasi usus, dan perut kembung. Efek samping ini dikarenakan hidangan tersebut memiliki serat tinggi. Oleh sebab itu, smoothies atau jus buah naga dapat mengeluarkan sisa makanan secara efektif, dan dapat membuat diare terus menerus apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi olahan buah naga seperti smoothies buah naga juga berpotensi menimbulkan penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas pada usus, penyumbatan usus, sakit perut dan perut kembung. Namun tak perlu khawatir, karena Anda hanya perlu membatasi asupan smoothies atau jus buah naga supaya tidak berlebihan.

Itulah beberapa hal yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, selamat mencoba resep smoothies buah naga! sampai jumpa di artikel selanjutnya Ā šŸ˜Š

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Enak dan Bikin Ketagihan

Semangat Pagi sobat sekalian, balik lagi nih sama artikel kali ini dengan topik cara membuat cold brew coffee manual yang enak dan bikin nagih. Cold brew memang salah satu minuman kopi yang sangat menggoda.

Di artikel yang lalu mimin sempat bahas mengenai makanan yaitu cara membuat steak daging sapi empuk nih. Tapi untuk kali ini mimin pengen bahas tentang cara membuat minumannya sob.

Siapa yang tidak tergiur dengan aroma dan rasa kopinya yang ekspresif. Namun, saat kopi yang satu ini tidak hanya diseduh dengan air hangat meluu, tetapi juga bisa diseduh pake air dingin.

Cukup jarang diketahui banyak orang. Kopi seduh dingin ini menggunakan teknik full cold. Artinya Anda sama sekali tidak menggunakan air panas. Selain itu, tidak menggunakan pemanasan sedikitpun.

Tidak pakai pemanasan sedikitpun maksudnya kita menyeduh dengan air dingin atau setidaknya air biasa (pada suhu kamar). Sangat istimewa, bukan, sobat? Pastinya menarik untuk dicoba nih.

Awalnya kopi cold brew ini diminum oleh tentara pada perang dunia pertama karena kopi ini lebih awet jika tidak dihangatkan, ditambah cuaca eropa yang dingin. Namun cara membuat cold brew sekarang lebih praktis.

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual Mudah dan Nikmat

Kopi adalah hidangan pemersatu. Lihat saja di kafe, saat orang nongkrong, mereka kebanyakan memesan kopi. Ini bahkan terjadi di warkop juga loh sob. Apakah sobat menyadari?

Oleh karena itu, kopi mungkin merupakan salah satu minuman pemersatu. Benar-benar istimewa, bukan? Selain rasanya yang enak, mudah untuk dijadikan pengembangan minuman lain.

Teknik pembuatan cold brew dingin menggunakan air dingin dalam pemrosesan dan produksi minuman dingin. Singkatnya, menyeduh biji kopi yang ditumbuk dengan air dingin dan dimasukkan ke dalam lemari es.

Kalaupun kita menggunakan teknik cold brewing, bukan berarti kita membekukan kopi. Sebab, jika kita membekukan kopi, maka air di dalam kopi tidak akan ter ekstraksi dengan baik dan sempurna

Alat dan Bahan Cold Brew Coffee

Kawan-kawan perlu banget tahu kalau membuat kopi dingin itu tidak sulit. Prosesnya juga sangat mudah. Tidak perlu mesin otomatis atau mesin yang terhubung ke disel. Penggunaan peralatan manual yang sederhana sudah cukup.

Untuk membuat kopi cold brew tidak perlu ribet dan khawatir. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah Anda. Mengenai langkah-langkahnya, jangan khawatir karena mimin akan memandu Anda semua untuk membaca artikel ini.

Alat dan Bahan

  • 90 gram biji kopi;
  • Grinder atau alat penggiling biji kopi;
  • gelas sajian;
  • Air dingin 1000ml;
  • Coffee Pot ukuran 1.150 ml.

Tahapan Membuat Cold Brew Coffee

  1. Giling biji kopi medium coarse hingga medium kasar, agak kasar dan tidak terlalu halus jika tidak ingin kopinya terasa terlalu pekat.
  2. Setelah kopi bubuk digiling, masukkan ke dalam saringan di dalam coffee pot agar bisa terekstraksi air.
  3. Sambungkan strainer atau saringan dengan tabung coffee pot.
  4. Isi tabung coffee pot dengan air hingga tiga perempat tinggi tabung atau ke sampai pada pegangan coffee pot.
  5. Silakan aduk perlahan sampai tercampur, aduk dengan benda yang tidak meruncing agar tidak merusak filter di bawahnya.
  6. Tutup coffee pot, lalu masukkan coffee pot ke dalam lemari es. Kemudian dibiarkan selama delapan sampai dua belas jam. Biarkan kopi Anda mengalami proses ekstraksi yang sempurna.
  7. Setelah 8 hingga 12 jam, keluarkan coffee pot dari lemari es. Kemudian diamkan beberapa saat hingga uap dinginnya sedikit lebih encer.
  8. Siapkan gelas saji untuk digunakan. Kemudian tuangkan kopi dingin ke dalam gelas saji yang sudah disiapkan.
  9. Saat semuanya selesai, kopi cold brew dingin siap untuk diminum.
Ā 
Terlepas dari kenikmatan kopi cold brew yang dingin. Sebenarnya kopi yang dihangatkan sebelum diminum akan jauh lebih nikmat. Sobat bisa pakai alat pemanas kopi untuk menghangatkan kopi dengan pas.
Itu tadi adalah tentang cara membuat cold brew coffee manual yang enak dan nikmat. Rasanya sangat enak dan menggoda. Caranya cukup sederhana sobat.
Jika sobat menyukai artikel ini, silakan bagikan dengan orang terdekat sobat sehingga mereka tahu apa yang Anda ketahui juga. Karena berbagi itu indah šŸ™‚
Ā 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Saus Barbeque Untuk Sosis Yang Enak

Hallo semua! Pada artikel ini saya akan membagikan cara membuat saus barbeque untuk sosis yang pasti dijamin enak dan mudah dibuat dirumah. Selain lebih murah , rasa yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Selain untuk sosis saus barbeque juga bisa dibuat untuk daging, nah untuk lebih lengkapnya bisa baca pada artikelĀ bumbu barbeque daging. Langsung aja yuk kita simak cara membuat saus barbeque untuk sosis!

Cara Membuat Saus Barbeque

Bahan – Bahan Saus Barbeque :

2 buah tomat,belah,kukus sebentar lalu haluskan
4 sdm minyak goreng
100 ml air
1/2 bawang bombay,cincang halus
3 siung bawang putih,cincang halus

Bahan Campuran :

4 sdm kecap manis
2 sdm cuka
2 sdm gula jawa
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat Saus Barbeque :

  1. Pertama, campurkan tomat yg sudah dihalus dengan bahan campur, lalu aduk rata dan sisihkan.
  2. Kemudian panaskan minyak dahulu, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  3. Masukan bahan campurnya dan aduk hingga rata, tambah air, masak sampai meletup-meletup.
  4. Setelah agak kental dinginkan, lalu blender agar lebih halus,
    Saus barbeque siap di sajikan.

Cara Membuat Sosis Bakar

  • Memilih sosi yang tepat

Penggunaan kemasan bermerk dengan keterangan nama produsen, alamat, tanggal kedaluwarsa, info nutrisi, dan registrasi BPOM, tercium aroma daging sapi atau ayam yang alami, jika ditekan tidak terlalu keras atau agak kenyal, warna sosis tidak luntur ketika dimasak, terlacak cita rasa daging yang kuat disertai bumbu jika dipakai, harganya relatif lebih mahal.

  • Mempersiapkan Sosis

Hindari memotong atau mengerat sosis untuk barbeque. Sebaiknya tetap biarkan sosis dalam keadaan utuh agar teksturnya tetap lembab dan cita rasanya tetap terjaga.Jika ingin waktu membakar atau memanggang lebih cepat, Anda dapat merebus sosis terlebih dahulu. Caranya dengan rebus sosis dengan api rendah hingga permukaannya berwarna sedikit lebih gelap. Kemudian tambahkan bawang putih, bawang bombay, ataupun bumbu favorit lainnya dalam air agar sosisnya memiliki rasa yang gurih enak. Jika ingin ditambahkan rasa lebih kena lagi dilidah, rebus sosis bersama kaldu ayam atau sapi.

  • Memberikan bumbu pada sosis bakar

Saus barbeque biasanya paling cocok dijadikan saus olesan atau cocolan sosis. Saus ini rasanya gurih manis dengan aksen pedas. Bisa dibeli jadi di supermarket atau dibuat sendiri. Untuk membuat saus barbeque diperlukan margarin, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap manis, dan merica hitam. Tumis cabai dan bawang hingga layu, lalu masukkan bahan lainnya. Aduk hingga mendidih, angkat. Olesi sosis dengan saus barbeque sebelum dibakar dan saat disajikan. Tak lupa siapkan juga saus tomat dan saus cabai untuk menambah cita rasa pada sosis.

  • Membakar Sosis

Membakar sosis bisa langsung di atas alat pemanggang sosis atau di atas kompor menggunakan pan grill. Untuk apinya gunakan api ukuran sedang agar sosis dapat matang merata dan tidak gosong. Dan selalu balikkan sisian sosis ketika dipanggang agar merata matangnya. Untuk hasil yang sesuai selera, gunakan penjepit khusus untuk memanggang sosis agar menjaga lemak sosis tidak terbuang dan bentuk sosinya tetap utuh saat dibakar di atas panggangan. Sosis akan matang sempurna pada suhu sekitaran 65 -70 C.Ā Dan bisa juga ditambah dengan membuat minuman kopi agar lebih endul bisa baca pada artikel cara membuat cappucino dengan mesin kopi dijamin perpaduan yang pas.

Nah, begitulah cara membuat saus barbeque untuk sosis, mudah bukan? Saus barbeque juga bisa loh di tumpahkan diatas steak ayam yang mau tau caranya bisa baca pada artikelĀ Cara Membuat Steak Ayam. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Cappucino dengan Mesin Kopi yang Nikmat

Kembali lagi di artikel kesayangan kita dengan topik kali ini yaitu cara membuat cappucino dengan mesin kopi yang nikmat dan mudah nih sob. Sangat penasaran kah sobat bagaimana caranya.

Di kesempatan sebelumnya mimin udah bagikan resep makanan yaitu resep rica rica daging kambing. Kini mimin pengen banget nih buat sharing cara membuat minumannya.

Sebenarnya kita bisa membuat cappucino dengan mudah, sobat. Sobat, ikuti saja dia dan pahami saja langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Ngomong-ngomong soal cappuccino, tahukah kamu apa itu cappuccino? Sederhananya, cappuccino merupakan minuman yang mengandung kombinasi sempurna antara espresso dan susu panas.

Cappucino merupakan campuran konsentrat atau espresso kopi yang dipadukan dengan susu kukus yang menghasilkan busa yang sangat creamy dan nikmat. Benar-benar menggugah selera.

Memang, konstentrat atau sari pati kopi atau espresso memiliki rasa yang kuat, itulah sebabnya ia berpadu dengan rasa susu yang nikmat. Kombinasi keduanya sangat menggugah selera. Benar kan, sobat?

Tapi jangan khawatir jika Anda merasa bagaimana membuatnya lebih sulit. Dari artikel kali ini mimin akan memandu kalian, teman-teman yang budiman, tentang cara membuat cappucino dengan mesin kopi yang enak.

Formula Rahasia yang membuat cappuccino begitu lezat adalah espresso berkualitas, susu steamed yang seimbang dan latte yang creamy, serta disajikan dalam gelas hangat yang istimewa.

Cappucino sangat diminati oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, sehingga minuman spesial ini juga sangat terkenal dan memikat selera banyak orang di seluruh dunia.

Sebenarnya kopi cappucino ini merupakan minuman yang bersejarah dan legendaris. Namun kini cara membuat cappucino sangatlah mudah seiring dengan perkembangan zaman dan cara membuatnya semakin mudah.

Cara Membuat Cappucino Dengan Mesin Kopi

Sejak Perang Dunia Kedua, cappuccino menjadi semakin populer. Karena banyak orang mulai mengenalnya dan tahu bagaimana membuatnya dengan benar.
Kemudahan dalam pembuatannya pun semakin meluas, sehingga banyak pula di negara lain yang membuat cappucino versi uniknya sendiri.

Bahan Membuat Cappucino

Bahan-Bahan

  • biji kopi sebanyak 10 gram hingga 20 gram;
  • air sebanyak 150 mililiter;
  • 120 mililiter Susu sapi segar.
  • Granula powder untuk topping;
  • coklat bubuk untuk topping nikmatnya;

Alat-AlatĀ 

  • mesin penggiling Biji Kopi;
  • Panci;
  • Kompor;
  • Mesin presso atau aeropress.

Langkah Membuat Cappucino

Tahap Pertama

  • Sobat, silahkan rebus air dengan takaran yang telah ditentukan sebelumnya hingga mendidih atau mencapai 100 derajat celcius.
  • Sambil menunggu air mendidih, giling biji kopi terlebih dahulu hingga halus, hingga 15 hingga 20 gram.
  • Setelah digiling, masukkan hasil penggilingan biji kopi ke dalam mesin presso atau aeropress.
  • Gunakan mesin presso atau aeropress untuk mempress hasil gilingan biji kopi. Untuk takaran 20 gram biji kopi, pakailah proporsi air mendidih sebesar 60 mililiter. Air yang dibutuhkan memang sangat sedikit karena kita akan mengambil saripati kopi.
  • Letakkan hasilnya espresso tadi di gelas yang anda siapkan juga.

Tahap Kedua

  1. Nyalakan kompor, lalu tuang susu dalam panci kemudian didihkan sambil diaduk aduk hingga membusa atau ada buihnya.
  2. Setelah membuih masukkan susunya ke alat french press. Memang butuh sedikit usaha agar hasilnya lebih maksimal nikmatnya.
  3. Jika Anda tidak memiliki alat French press, Anda dapat mengaduk susu hingga berbuih, tetapi akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Proses Persiapan Penyajian

  1. Kalau semua tahapan sudah dilakukan maka tuangkan hasil press susu diatas espresso di gelas yang sama.
  2. berikan topping diatas gelas sajiannya seperti coklat bubuk, kakao powder atau choco granula yang membuatnya lebih lengkap.
  3. Setelah itu sajikan kopi cappucino dalam keadaan hangat dan nikmat.
Setelah semua langkah dan tahapannya sobat lakukan maka sekarang kopi cappucino italiano ala kafe sudah siap disajikan dan diminum dengan syahdunya.
Ā 
Kopi cappucino sangatlah lezat, namun kopi biasa juga tidak kalah nikmat apabila dipanaskan menggunakan alat pemanas kopi agar cita rasa dan daya tahan kopinya semakin meningkat. Mimin jamin deh hehehe.
Ā 
Dalam sebuah sajian cappucino terdapat rasa unik yang terdiri dari rasa kopi yang kuat berpadu dengan rasa nikmat susu dan tekstur foam yang creamy di mulut.
Keseimbangan rasa dan tekstur tersebut membuat kita semakin terpikat untuk meminumnya. Memang rasanya sangat memikat sih, cara bikinnya juga mudah.
Ā 
Itu tadi mengenai cara membuat cappucino dengan mesin kopi. Bagaimana sob, sangat mudah dilakukan ya kan. Selain mudah dilakukan rasanya juga sangat nikmat.
Sekian artikel ini mimin buat. Jika sobat menyukai artikel ini silahkan sebarkan ya sob. Karena berbagi itu indah dan menyenangkan hati. Semoga bermanfaat ya sob, sampai jumpa di artikel berikutnya.
Ā 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Smoothies Pisang Oreo, Lezat Banget!

Halo, pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat smoothies pisang oreo. Sekarang ini ada banyak sekali minuman segar yang sangat enak. Minuman tersbut cocok dinikmati dikala siang hari dengan udara yang panas. Dengan cuaca dan udara yang panas, tenggorokan sangat membutuhkan minuman yang menyegarkan yang biasanya berupa minuman dingin. Salah satu minuman yang menyegarkan itu adalah smoothies.

Salah satu menu smoothies paling enak adalah smoothies pisang oreo. Dengan resep smoothies pisang oreo yang terdiri dari buah dan bahan lain yang dicampur oreo akan terasa sangat menyegarkan. Minuman ini menjadi favorit anak-anak hingga orang dewasa.

Cara membuat smoothies pisang oreo adalah salah satu resep smoothies terbaik untuk Anda coba. Membuat smoothies ini sangat mudah dan sederhana. Bahannya pun juga mudah di dapat. Anda bisa menemukan biskuit oreo di mini market terdekat. Dan untukm uah pisang, jangan ditanya lagi, buah ini sudah banyak yang menjualnya. Dari pasar tradisional hingga pasar modern Anda akan menjumpai buah berwarna kuning ini. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resep mudah untuk membuat smoothies pisang oreo.

Cara Membuat Smoothies Pisang Oreo

Bahan-Bahan:

  • 2 buah pisang
  • 1 biskuit oreo (varian terserah)
  • 250 ml susu cair plain
  • Es batu secukupnya

Cara-Cara Membuat Smoothies Pisang Oreo:

  1. Siapkan blender.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender.
  3. Proses hingga halus dan tercampur rata.
  4. Tuang ke dalam gelas saji.
  5. Smoothies siap dihidangkan. Jika smoothies ini masih terdapat sisa sisa, Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari pendingin minuman agar lebih awet.

Fakta Menarik Tentang Oreo

Sejak diciptakan pada tahun 1912 silam, Oreo mendapatkan sambutan antusias dari para pecinta makanan manis di dunia. Tak membutuhkan waktu yang lama, kue sandwich berbentuk bundar itu pun berhasil me-rajai puncak industri biskuit dan kue Internasional.

1. Oreo Telah Menjadi Kue Terlaris Di Amerika Serikat Sejak 1912

Di awal kemunculan oreo pada tahun 1912 silam, Oreo telah mendominasi industri kue di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, pada tahun pertama, pabrik kue sandwich renyah ini berhasil menjual lebih dari 450 miliar Oreo ke seluruh kawasan Negeri Paman Sam. Keren sekali bukan!

2. Tidak Ada Yang Tahu Asal Mula Nama ‘Oreo’

Meski telah dikenal sejak tahun 1912, nyatanya hingga sekarang belum ada yang tahu asal mula nama Oreo itu sendiri. Namun, ada beberapa desas-desus yang mengungkapkan bahwa nama Oreo berasal dari kata ‘or’ atau emas dan ‘re’ yang artinya cream dalam bahasa Prancis, lalu dikombinasikan dengan huruf ‘o’ di bagian belakangnya.

3. Pria Dan Wanita Memiliki Cara Menyantap Oreo Yang Berbeda

Tanpa disadari, pria dan wanita rupanya memiliki kebiasaan makan oreo dengan cara yang berbeda-beda. Menurut sebuah penelitian, 84 persen pria mengonsumsi Oreo utuh, sementara 41 persen wanita selalu memutar kue sandwich tersebut sesaat sebelum melahapnya.

4. Nama Oreo Sempat Berubah

Oreo telah melewati berbagai krisis identitas pada puluhan tahun silam. Pada tahun 1912, Nabisco melabeli produk kue sandwich miliknya dengan nama ‘Oreo Biscuit’. Namun, pada tahun 1921, nama tersebut berubah menjadi ‘Oreo Sandwich’, dan kembali mengalami perubahan menjadi ‘Oreo Creme Sandwich’ pada tahun 1937.

Dan di tahun 1974, Nabisco pun mengukuhkan nama produk andalannya menjadi ‘Oreo Chocolate Sandwich Cookie’

Itulah beberapa info menarik tentang oreo dan juga cara membuat smoothies pisang oreo. Unik bukan? Tertarik untuk mencobanya di rumah? Selamat mencoba dan sampai jumpa apada artikel selanjutnyašŸ˜Š

 

 

Categories
Uncategorized

Terkuak! Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Lembut dan Mekar

Hai Kali ini saya membagikan artikel berjudul Terkuak! Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Lembut dan Mekar , ya resep bolu gulung yang khas dan enak sekali tentunya!

Bolu Gulung Kukus memiliki tekstur yang lembut dan manis apabila sudah masuk kedalam mulut, membayangkannya pun sudah pasti ngiler kan? oleh karena itu saya membagikannya kali ini.

Apalagi saat Pandemi Covid-19 ini , sangat khawatir dan was was ya apabila memesan kue atau makanan dari luar, nah mendingan kita membuat bolu gulung kukus sendiri dirumah.

Bolu Gulung Terbuat dari campuran tepung terigu, pengembang kue, susu, dan bahan bahan lainnya dan diaduk menggunakan mesin pembuat roti dan dipanggang atau dikukus didalam panggangan atau kukusan dan tunggu hingga matang.

Sebelum itu, sebelumnya kami membagikan artikel yang membahas tentang Cara Membuat Roti Kukus Tanpa Mixer jangan lupa dicek dan dicoba ya resepnya dikemudian hari apabila ada waktu luang, selamat mencoba resep kali ini!

A. Tips Mengukus Bolu Gulung Kukus Anti Gagal

  • Steamer Jenis Ini Sangat Cocok Untuk Menyajikan Bolu Kukus

Untuk membuat bolu kukus mekar, sebaiknya gunakan kukusan dengan banyak lubang kecil. Panas uap yang dihasilkan oleh uap tersebut lebih seragam, sehingga kue kukus lebih mudah mekar.

Hindari menggunakan keranjang kukus dengan lubang besar tapi kecil.
Uap dengan pori-pori besar cenderung menghasilkan panas yang tidak merata. Hasilnya, beberapa kue kukus mekar, sementara beberapa tidak.

2. Masukkan Bolu Kukus Dengan Cepat

Nah, jika masih banyak uap di dalamnya, artinya kue kukus bisa masuk ke dalam kukusan.Setelah kukusan dibuka, masukkan spons kukus dan segera tutupi. Jangan biarkan uapnya hilang ya

3. Hindari Menggunakan Uap Multi-Tahap

Tahukah Anda bahwa panas uap selalu terakumulasi di atas kukusan?Oleh karena itu, hindari menggunakan banyak alat kukus saat membuat spons kukus.

Anda akan melihat bahwa level yang lebih rendah memiliki kemungkinan kegagalan yang tinggi karena panas yang tidak mencukupi.

4. Jangan Terlalu Banyak Memasukkan Bolu Kukus

Setelah dikukus, jumlah spons kukus yang dimasukkan harus sesuai. Jika terlalu kencang, spons kukus tidak akan membeku karena panas yang tidak mencukupi.

Oleh karena itu, pastikan ada jarak antara pangsit kukus agar kue kukus tidak terlalu penuh di dalam kukusan.

5. Ingat, Jangan Membuka Kukusan Sama Sekali Saat Bolu Kukus Sedang Mengepul.

Jika dibuka di tengah, uapnya bisa hilang, dan kue kukus tidak akan mekar.Oleh karena itu mohon dipastikan bahwa kami menggunakan banyak air agar tidak perlu membuka kukusan untuk menambahkan air.

Begitu pula saat mengukus adonan yang telah dikukus.Pastikan kita menambahkan air kukus lalu kukus spons yang sudah dikukus

B.Ā Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Lembut dan Mekar

Bahan-Bahan:

  • 60 gr tepung terigu
  • 80 gr gula pasir
  • 2 butir telur (suhu ruang)
  • 3 sdm margarin
  • 1 sdm SP
  • Selai stroberi secukupnya

Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Lembut dan Mekar:

  1. Siapkan semua bahan terlebih dulu
  2. Pertama, olesi margarin pada loyang dan cairkan margarin, sisihkan
  3. Campurkan telur, gula pasir dan SP dan aduk menggunakan mixer selama 10 menit hingga adonan kaku dan mengembang
  4. Kemudian, masukkan tepung terigu sambil diayak agar adonan nantinya menjadi lembut
  5. Lalu, aduk cepat dengan menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata, kemudian masukkan margarin cair dan aduk kembali hingga tidak ada margarin di bawah adonan. Jika kamu ingin mengkreasikan warna pada adonan, kamu bisa menambahkan pasta pandan atau apapun sesuai selera secukupnya
  6. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi, ratakan dengan spatula
  7. Kukus adonan selama 15 menit hingga matang
  8. Setelah matang, angkat dan letakkan pada tempat datar dan segera gulung roti selagi panas agar tidak pecah.

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Grendul Ketan Makanan Untuk Berbuka Puasa

Di Indonesia, khususya daera Yogyakarta dan Surakarta jenang grendul menjadi primadona pelepas dahaga dan lapar di penghujung hari saat bulan Ramadan. Pada saat bulan Ramadan, banyak sekali orang di daerah Yogyakarta dan Surakarta yang menjajakan Jenang Grendul sebagai takjil.

Namun, di saat bulan ramadan tahun ini sedang terjadi pandemi global COVID-19 yang melanda. Mungkin, banyak dari kalian yang tetap di rumah untuk menjaga diri dan memutus rantai penyebaran virus corona ini. Pasti banyak dari kalian yang merindukan berburu kuliner takjil di sore hari. Pasti banyak dari kalian yang berburu makanan jenang grendul ketan ini sebagai takjil dikala bulan ramadan.

Dalam artikel ini saya akan memaparkan resep dan cara membuat jenang grendul ketanĀ  untuk mengobati kerinduan kalian akan jajana takjil ini.

Jenang Grendul Ketan

jenang grendul ketan

Jenang Grendul, makanan ini memiliki nama lain yaitu Bubur Candil. namun yang membedakan keduanya adalah penggunaan air kapur di dalam Jenang Grendul ini. Walaupun terdapat perbedaan namun bentuk dari Jenang Grendul ini sendiri mirip sekali dengan Bubur Candil yang bulat-bulat dengan tekstur yang kenyal dan manis yang dibanjur dengan kuah santan dan air gula merah yang gurih.

Membuat jenang terkenal cukup panjang dan rumit dalam proses pengolahannya. Sama halnya dengan membuat dodol, pembuatan dan resep jenang ketan pun hapir-hampir sama dengan resep dan cara membuat dodol agar. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan. Pada dasarnya alat pengaduk dodol ini juga dapat di pergunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang ini dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat Jenang Grendul Ketan ini, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Jenang yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep dan Cara Membuat Jenang Grendul Ketan

jenang grendul ketan

Jenang Grendul Ketan

Bahan :

  • 250 gram tepung ketan
  • 150 gram tepung beras
  • 350 ml santan
  • 300 gram gula merah
  • 1 sdt air kapur
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 50 ml air

Cara Membuat Jenang Grendul Ketan :

  1. Langkah Pertama tuangkan bahan-bahan 50 gram tepung ketan, 25 gram tepung beras, 1 sdt air kapur, dan 50 ml air dalam wadah, campur hingga menjadi adonan grendul, buat bulatan-bulatan sebesar telur cicak, sisihkan
  2. Campur 100 gram tepung ketan, 100 gram tepung beras
  3. Masak santan, gula merah, pandan, dan garam lalu saring, tuangkan pada tepung beras dan ketan, aduk rata
  4. Persiapkan wajan anti lengket, lalu masukan adonan jenang, masak hingga adonan setengah matang
  5. Selagi memaska jenang, masak juga air sekitar 500 ml, lalu rebus bulatan-bulatan tepung ketan hingga mengapung, setelah matang angkat dan tiriskan
  6. Masukkan bola-bola ketan yang tadi sudah direbus ke dalam adonan jenang, lalu aduk kembali, masak semuanya hingga matang sempurna, setelah matang angkat
  7. Tuang kedalam loyang/cetakan yang sudah dioles minyak. Dinginkan
  8. Keluarkan dari cetakan, hias dan siap dikirim

Nah itulah tadi guys mengenai cara membuat Jenang Grendul Ketan yang disertai dengan langkah-langkah dalam pengolahannya.

Terimakasi sudah berkunjung ke web ini dan membaca artikel Cara Membuat Jenang Grendul Ketan Makanan Untuk Berbuka Puasa.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba mempraktikan. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !.

Categories
Uncategorized

Ini Dia Rahasia Cara Membuat Puding Roti Khas Rumahan

Hai , kali ini saya Membagikan artikel yang berbau bau kreasi dari roti tawar nih, yaitu judulnya Ini Dia Rahasia Cara Membuat Puding RotiĀ  Khas Rumahan

Resep Puding Roti Tawar memiliki tekstur yang halus dan lembut tentunya dan apabila dipadukan dengan susu dan telur hmmm terbayang kan rasanya bagaimana nikmatnya?

Roti Tawar Sendiri terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum yang diolah menggunakan mesin pembuat roti dan dipanggang diatas pemanggang roti atau oven khusus roti dan diangkat apabila sudah matang.

Puding Roti sendiri memiliki rasa yang manis, lembut dan hangat apabila masuk perut akan sangat nyaman ya tentunya, memiliki khasiat yang banyak ya, selain menghangatkan tubuh juga mengembalikan mood menjadi good mood tentunya!

Sebelumya jangan lupa cek juga artikel yang baru kita bagikan sebelumnya yaitu tentang Cara Membuat Roti Kukus Tanpa MixerĀ  jangan lupa untuk dicek dan dicoba apabila weekend ya!

A. Manfaat Mengkonsumsi Olahan Susu

  • Baik Untuk Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Susu memiliki banyak nutrisi penting yang dapat mendukung pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, tetapi kalsium juga dibutuhkan pada orang dewasa untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

  • Kurangi Dampak PMS

Bagi wanita yang sering merasa tidak enak badan saat siklus menstruasi tiba, usahakan untuk membiasakan makanan berkalsium tinggi, seperti susu. Kalsium berperan penting dalam mengurangi efek PMS yang berlebihan.

  • Tidur Lebih Baik

Minum segelas susu hangat sebelum tidur malam bisa mengendurkan sistem saraf. Selain itu, zat dalam susu disebut tryptophan, yaitu zat yang dapat diubah menjadi melatonin yang dapat membuat Anda tidur nyenyak di malam hari.

  • Kaya Kalsium dan Protein

Saat ini, banyak produk susu mengandung kalsium dan protein tingkat tinggi, melebihi kebutuhan harian untuk zat ini. Bahkan manfaat produk susu rendah lemak, seperti yogurt atau keju rendah lemak. Misalnya, secangkir yogurt tanpa lemak tanpa lemak dapat memberikan sepertiga dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan, yaitu 17% dari perkiraan asupan protein harian.

  • Menjaga Berat Badan

Selama menjalani diet, banyak orang tidak minum susu. Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak lebih banyak mengalami penurunan berat badan dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi susu rendah lemak. Saat makan malam, campuran susu dan buah segar bisa menggantikan nasi.

  • Menetralkan Racun

Fungsi lain susu bisa menetralkan racun di dalam tubuh. Contohnya adalah membersihkan paru-paru dari polusi udara. Kemudian dapat membantu tubuh manusia untuk mengeluarkan racun yang diserap oleh tubuh manusia akibat berbagai polutan yang akan diserap oleh tubuh manusia melalui kulit, terutama yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

B. Ini Dia Rahasia Cara Membuat Puding Roti Khas Rumahan

Bahan-Bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 2 telur
  • 4 st gula pasir
  • 2 st susu bubuk
  • 150 ml susu cair
  • 50 gr margarine cair
  • Kismis

Cara Membuat Puding Roti Khas Rumahan:

  1. Kocok telur dan gula pasir hingga larut, tambahkan susu bubuk dan aduk rata
  2. Masukkan susu cair, aduk kembali, lalu tambahkan margarin cair
    Olesi wadah dengan sisa margarin, tuangkan potongan roti ke dalam adonan, tekan floating bread untuk merendam adonan, taburi keju parut dan kismis.
  3. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit, 20 menit pertama dengan suhu di bawah 170 derajat, kemudian dalam 10 menit terakhir, api akan melebihi 150.
  4. Sajikan Selagi Hangat

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Roti Kasur Empuk dan Lembut Mudah Dibuat

Halo sobat, di halaman ini penulis bakal membagikan cara membuat roti kasur empuk dan lembut yang pasti bikin ketagihan sob. Siapa yang tidak suka roti dengan tekstur lembut dan rasa manis yang lezat.

Kemarin mimin udah bagi in cara membuat sop buntut sapi yang enak dengan cita rasa gurih. Nah kali ini mimin pengen bagikan resep yang sangat menarik dan bikin nagih untuk dicoba di rumah sob.

Roti kasur sangat cocok untuk menu sarapan, tetapi juga cocok untuk makanan penutup atau makanan dessert gaya lokal. Sajikandengan segelas susu atau taburkan topping di atas roti agar lebih lengkap dan membuat rasa lebih enak.

Roti kasur yang banyak digunakan masyarakat ini sebenarnya bernama ā€œRoti Marosā€. Nama Roti Maros bukanlah nama yang disebut sembarangan dan asal asalan.

Namun nama roti maros berasal dari negara tempat roti pertama kali dibuat yaitu wilayah Kabupaten Maros. Patutlah roti ini disebut dengan roti khas gaya kearifan lokal

Namun seiring bertambahnya tahun, roti ini semakin terkenal dan karena bentuknya yang unik mendapat julukan ā€œRoti kasurā€. Tak hanya bentuknya yang unik, roti ini pun sebenarnya filosofis.

Sebelum dikenal luas, maros merupakan roti biasa yang dibuat dari generasi ke generasi oleh masyarakat Sulawesi Selatan dan kabarnya dibuat untuk kalangan menengah ke bawah.

Seiring berjalannya waktu, keunikan roti ini mulai disadari oleh banyak orang dan menjadi industri yang saat ini banyak berkembang. Bahkan kini menjadi icon dari Kabupaten Maros

Filosofi dasar dari roti maros sendiri merupakan kebersamaan dan keberagaman. Karena bentuknya yang berpetak petak dan memudahkannya untuk dibagi bersama sama.

Caranya yang mudah dilakukan dan juga rasanya yang enak sehinggaĀ resep roti kasur ini banyak dicari oleh orang orang. Memang sangat fenomenal loh roti yang satu ini.

Cara Membuat Roti Kasur Empuk dan Lembut

Jika ditarik ulur secara sejarah, roti ini memang roti turun temurun generasi ke generasi. Roti ini sangatlah legendaris di kalangan masyarakat Kabupaten Maros
Dimana roti kasur sangat baik untuk dikonsumsi bersama dan meningkatkan keakraban sehingga tercipta interaksi yang harmonis. Sangat cocok sebagai hidangan di kala bersama.
Oleh karena itu ketika sobat mendengar kata maros langsung tertuju pada roti kasur.

Bahan Resep Roti Kasur

Bahan Roti Kasur

  • Susu bubuk 5 (tiga) sendok makan;
  • Sejumput garam;
  • Kopi atau coklat bubuk atau cocoa powder sebanyaj 2 (dua) sendok makan;
  • Susu cair 100 ml, sobat juga bisa memakai krimer kental manis;
  • Gula pasir 2 (dua) sendok makan;
  • Ragi instan merk fermipan 1 (satu) sendok teh;
  • Telur 1 (satu) butir;
  • Tepung terigu merk bebas berprotein tinggi 250 gram;
  • Margarin 50 gram atau 4 sendok makan.

Bahan Isian Roti

Isian apa saja bisa digunakan untuk isian roti kasur ini, namun pada resep ini penulis membuat referensi bahan isian yang sangat cocok dan nikmat digunakan.

  • Selai maros atau selai srikaya;
  • Selai rasa melon;
  • keju batangan;
  • atau Selai berasa apapun.

Bahan Olesan Roti

  • Mentega maupun butter.

Langkah-Langkah Membuat Roti Kasur

  1. Dalam satu wadah, campurkan semua bahan roti yaitu ragi, coklat bubuk atau coklat bubuk atau kopi bubuk, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan telur, aduk hingga merata, kemudian tambahkan sedikit susu cair. Uleni hingga adonan menjadi elastis dan halus.
  2. Tambahkan sedikit garam dan dua sendok makan mentega. Jika tidak ada mentega, Anda juga bisa menggunakan margarin atau butter.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah di panggang dan tidak terlalu kuat. Jika adonan terlalu keras, uleni lagi dan tambahkan telur hingga benar-benar halus dan elastis.
  4. Biarkan dan diamkan sambil istirahat sejenak agar adonan mengembang.
  5. Jika sudah mengembang, kempeskan lagi adonan tadi. Potong adonan kue menjadi potongan-potongan kecil, lalu isilah dengan coklat atau selai apa saja, lalu bulatkan kue sampai diisi dengan coklat atau selai atau isian lainnya.
  6. Nyalakan oven dan panaskan dalam suhu 180 derajat Celcius, kemudian masukkan adonan ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
  7. Setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebentar. Lalu olesi mentega atau mentega di atasnya.
  8. Diamkan 5 menit agar tidak terlalu panas, kemudian roti siap disajikan.
Setelah Anda melakukan semua langkah tersebut, Anda bisa menyajikan roti kasur empuk dan lembut yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, teman dekat, sahabat, kerabat atau orang tersayang lainnya.
Ā 
Ngomong-ngomong soal makan tadi, rasanya kurang kalau tidak ada minuman. Roti kasur sangat ideal jika Anda meminumnya di pagi hari dengan kopi.
Rasanya sangat enak dan memberi rasa damai. Jika teman Anda ingin membuat dan menghangatkan kopi dengan mudah, Anda dapat menggunakan alat pemanas kopi yang sangat efisien.
Ā 
Itu adalah artikel tentang cara membuat roti kasur empukĀ  dan lembut yang tentu memberikan hasil yang istimewa. Cara membuatnya sangat mudah ya sob.
Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat bagikan dan sebarkan artikel ini ya. Semoga bermanfaat.
Ā 
Terima kasih telah membaca artikel ini.
Categories
Uncategorized

Cara Membuat Puding Kopi yang Istimewa dan Kenyal

Halo sobat semuanya, Kali ini mimin akan membahas mengenai cara membuat puding kopi yang istimewa. Rasanya yang enak jadi mimin pengen share nihĀ resep puding kopi.

Kemarin mimin udah rilis masakan berbahan kopi yaitu Cara membuat roti kopi yang memiliki rasa agak gurih. Tapi sekarang mimin jadi pengen sharing resep membuat sajian manis dari kopi nih.

Puding merupakan salah satu sajian manis yang memiliki tekstur kenyal, aroma khas serta rasa yang memikat selera. Puding juga banyak dijual di pasaran karena cita rasanya sangat lezat.

Tetapi siapa sangka bahwa ternyata kalian bisa bikin sendiri loh. Caranya mudah sekali tinggal ikuti langkah-langkah yang akan mimin berikan, cukup sederhana dan sangat membantu loh sob.

Anda juga bisa menyajikan puding kopi bersama keluarga, kolega, teman sekolah, bahkan dijadikan sebagai jamuan bagi tamu yang berkunjung.

Karena cara membuatnya sangat sederhana dan tidak memerlukan alat khusus untuk pengolahannya. Bahkan pemula yang baru mulai masak bisa mengikuti instruksinya ya sobat.

Ada juga yang membuat pudding kopi ini hanya karena iseng, ada juga yang karena memang ingin membuat dan belajar memasak. Apapun tujuannya bakal mimin bimbing dari artikel ini deh

Bermodalkan alat sederhana dan biaya seadanya, sobat sudah bisa membuat puding kopi ini loh. Nggak percaya? coba aja buat pasti bisa kok. Sangat mudah ya caranya.

Bahannya tidak susah, kita hanya menggunakan bahan yang ada disekitar kita. Oleh karena itu resep ini menjadi salah satu resep masakan yang harus dicoba dirumah sobat.

Cara Membuat Puding Kopi yang Nikmat

Apakah sobat sudah siap memulai petualangan ini? Ya, memasak merupakan petualangan tersendiri bagi siapapun yang menyukai topik tentang masakan.

Bahan Pudding Kopi

Agar lebih mudah dipahami nih, mimin bagi bahan menjadi dua bagian yaitu bahan lapisan bawah sebagai dasaran puding dan juga bahan lapisan atas puding.

Bahan Lapisan Bawah

  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 3 sdt kopi instan;
  • 300 ml susu cair;
  • 5 sendok teh gula pasir;
  • 1 kuning telur.

Bahan Lapisan Atas

  • 10 sendok teh gula pasir;
  • 1 sendok teh garam;
  • 1 sendok makan gula pasir;
  • 300 ml susu cair;
  • 1 plastik agar-agar bubuk;
  • 1 putih telur.

Bahan Topping Pelengkap

  • Kacang almond atau mede;
  • Keju batang atau coklat batang (optional).

Langkah Cara Membuat Puding Kopi

  1. Yang pertama pasti sobat harus buat puding lapisan bawahnya terlebih dahulu.
  2. Campurlah susu, gula pasir, kopi dan bubuk agar-agar dalam satu panci.
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang, jangan dinyalakan terlalu keras nanti meledak, heheh bercanda.
  4. Taruh panci campuran diatas kompor lalu kocok susu, gula pasir, kopi dan jeli hingga tercampur sampai mendidih.
  5. Ambil beberapa adonan dari panci. Tambahkan kuning telur. Terus aduk hingga merata.
  6. Setelah itu kembalikan adonan yang ada kuning telurnya ke dalam panci rebusan.
  7. Tuanglah hingga tingginya sekitar tiga perempat gelas atau wadah lainnya. Tunggu hingga menjadi agak memadat
  8. Kemudian sobat buat lapisan kedua sob, rebuslah susu, gula pasir dan jelly agar agar sembari terus diaduk sampai mendidih total.
  9. Kocoklah putih telur bersama garam sampai agak mengembang. Lalu tambahkan gula pasir. Kemudian kocok hingga berkembang sempurna.
  10. Tuang kocokan telur dan garam tadi di panci rebusan kemudian aduk lah terus menerus hingga bercampur.
  11. Setelah tercampur, angkat panci dari kompor, kemudian tuangkan adonan atas ini diatas adonan bawah yang sudah memadat tadi.
  12. Sobat bisa berikan toppingseperti keju parut maupun coklat parut atau kacang almond jika mau.
  13. Selesai, puding kopi istimewa siap dinikmati bersama-sama.

Setelah semua proses tahap demi tahap telah dilakukan kini puding kopi istimewa nan lezat siap disantap nih sob. Jangan lupa ditambahin dengan topping biar lebih mantab abiezz.

Kopi sangat enak dijadikan pudding. Tapi mimin biasanya juga meminum kopi selalu dalam kondisi hangat karena rasanya akan semakin enak. Sobat bisa menggunakan alat pemanas kopi untuk memanaskan kopi yang lebih nikmat.

Cukup sekian artikel kali ini sob. Bagaimana? sangat mudah diikuti kan langkah demi langkahnya. Rasanya dijamin bikin ketagihan deh. Cara bikinnya mudah, rasanya enak. Perfect abiez. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel ini šŸ™‚Ā