Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Bombay Crispy!

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai cara membuat keripik bombay buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep keripik bawang yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk keripik ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung keripik bawang didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Cara Membuat Keripik Bombay

cara membuat keripik bombay

1. Resep Keripik Bombay

Bahan – Bahan :

  1. 200 gr Tepung Terigu
  2. 3 Batang Daun Bawang (Iris Halus)
  3. 3 Batang Daun Seledri (Iris Halus)
  4. 1 Bungkus Kaldu Ayam Bubuk
  5. 1/4 Gelas Minyak Goreng (untuk adonan)
  6. Secukupnya Garam
  7. Secukupnya Air
  8. Secukupnya Minyak Goreng untuk menggoreng
  9. 6 Buah Bawang Merah
  10. 4 Butir Kemiri
  11. 1/2 Sdt Garam

Cara Membuat Keripik Bombay :

  1. Giling halus Bumbu-bumbu yang dihaluskan.
  2. Campurkan tepung terigu, irisan daun seledri, daun bawang, minyak goreng, kaldu ayam bubuk dan bumbu halus, uleni dengan tuang sedikit demi sedikit air sampai kalis.
  3. Giling tipis adonan secara manual atau menggunakan gilingan mi dengan ukuran paling tebal (nomor 7) 2-3 kali giling sampai licin.
  4. urunkan gilingan. Giling lagi dengan mengurangi ketebalan, 2-3 kali sampai licin. Begitu seterusnya hingga ketebalan no.1
  5. Potong-potong segi empat atau sesuai selera.
  6. Panaskan minyak diwajan, goreng hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  7. Keripik Bombay Renyah Gurih Simpel No Telur siap dihidangkan.
  8. Simpan dalam tempat yang kedap udara.

 

2. Resep Keripik Bombay

Bahan – Bahan :

  • 20 Gram Tepung Tapioka
  • 200 Gram Tepung Pro Sedang
  • 1 Batang Daun Bawang Diiris Halus
  • 1 Batang Daun Seledri Diiris Halus
  • 1 Butir Telur Dikocok Lepas
  • 1 Sdt Garam
  • 1 Sdt Kaldu Bubuk
  • 20 Gram Margarin
  • 10 Gram Mentega Tawar
  • 1 Sdm Minyak Wijen
  • 2 Sdm Air Es
  • secukupnya Minyak Untuk Menggoreng
  • 3 Butir Kemiri
  • 3 Butir Bawang Merah

Cara Membuat Keripik Bombay :

  1. Aduk secara rata tepung sagu, tepung terigu, garam, telur, kaldu ayam bubuk, serta margarin.
  2. Lalu masukan air es, Daun bawang, seledri serta bahan bahan yang dihaluskan.
  3. Aduk-aduk secara merata tambahkan minyak wijen uleni hingga adonan tercampur rata dan lentur.
  4. Setelah itu adonan digiling tipis dengan menggunakan gilingan mie kalau tidak ada giling pakai botol saja sampai tipis dan licin ya.
  5. Setelah itu potong-potong menurut selera.
  6. Panaskan minyak goreng dan goreng pada minyak banyak sampai berwarna kuning kecoklatan.
  7. Setelah matang angkat dan tiriskan,
    Simpan kedalam wadah supaya terjaga kerenyahannya.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka Setara Restoran

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai  cara membuat sayur lodeh nangka buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep lodeh tewel yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, lodeh tewel ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk lodeh tewel ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka

cara membuat sayur lodeh nangka

1. Resep Lodeh Nangka Kemangi

Bahan – Bahan :

  • 1/2 bagian buah nangka muda
  • tetelan sapi
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 ruas batang sereh(geprek)
  • 3 cm lengkuas
  • 2 1/2 sachet santan bubuk(opsional mau brp bngkus silahkan)
  • 1 sdt garam(opsional)
  • 1/2 sdt gula(opsional)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 2 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe merah kecil

Cara Membuat Nangka Muda Kemangi :

  1. Potong buah nangka muda sesuai selera lalu cuci bersih,potong2 juga tetelan sapi dan bersihkan dgn air mengalir,

  2. Lalu rebus nangka muda sampai matang/ empuk.

  3. Sambil menunggu nangka nya matang, halus kan semua bumbu(diblender bisa di uleg juga boleh).

  4. nangka empuk angkat dan tiriskan. lalu gongso/tumis bumbu yg sudah halus tadi lalu masukan daun salam,daun jeruk,sereh,lengkuas tumis hingga harum.

  5. bumbu harum masuk kan tetelan sapi oseng2 sebentar dan beri air secukupnya ya untuk kuah nya,beri garam dan gula secukupnya dan tunggu sampai mendidih

  6. Setelah mendidih masukan santan bubuk dan aduk2 agar tdk menggumpal dan masukan nangka muda tadi, aduk2 hingga mendidih lagi, setelah itu beri daun kemangi lalu aduk dan angkat.

     

2. Resep Lodeh Nangka Surabaya

Bahan – Bahan :

  • 1/4 bagian nangka muda
  • 5 buah Kacang panjang
  • Terong 1 buah (ada sisa d kulkas drpd mubadzir)
  • Lombok ijo+ale
  • 2-3 cm Laos
  • 2 lembar Daun salam
  • Daun jeruk 5 lembar (bisa d haluskan/d cemplung lgsg)
  • Santan (d kira” aja selera kekentalannya)
  • Daging/tetelan/ceker (sebagai kaldu/optional)
  • 5 siung Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 2 buah Cabe merah
  • Cabe kecil 10 buah/sesuai selera kepedasan
  • 4-5 butir Kemiri
  • Kencur (sedikit aja)
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 sdt terasi

Cara Membuat Nangka Muda Surabaya :

  1. Siangi semua sayuran, sisihkan.

  2. Rebus nangka muda, lalu buang rebusan pertama (untuk menghilangkan getah)

  3. Rebus kembali bersama daging/ceker, bumbu halus (boleh d tumis dl, tp saya lgsg cemplung)

  4. Lalu masukkan cabe hijau yang sudah dipotong”, ale, laos, salam, daun jeruk

  5. Setelah mendidih, masukkan santan, aduk rata hingga mendidih kembali.

  6. Matikan kompor & siap dihidangkan.

     

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat lodeh tewel yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara bikin kripik singkong renyah dan gurih sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

cara bikin kripik singkong renyah dan gurih

1. Resep Keripik Singkong Daun Kunyit

Bahan – Bahan :

  • 2 kg singkong kualitas bagus
  • 1 sdm asam jawa
  • 5 sdm gula pasir /sesuai selera
  • 1 sdm soda kue
  • secukupnya minyak
  • secukupnya air
  • kaldu ayam bubuk secukupnya me (totole)
  • 7 lembar daun kunyit
  • Bumbu Halus
  • 1/4 kg cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah (optional)
  • 15 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Cara Membuat Keripik Singkong Daun Kunyit :

  1. Kupas singkong lalu cuci hingga bersih
  2. Potong tipis² singkong saya mengunakan alat pemotong supaya potongannya rata
  3. Siapkan air di ember secukupnya masukan 1 sdm soda kue rendam kurang lebih satu jam cuci lalu tiriskan.
  4. Haluskan duo bawang dan cabe sampai halus sisihkan
  5. Panaskan minyak goreng singkong dengan api sedang hingga matang angakat tiriskan
  6. Potong daun kunyit tipis lalu goreng sebentar saja smp daun kunyit berubah warna jdi hijau tua angkat tiriskan
  7. Campur asam dan air secukupnya aduk hingga menyerupai pasta
  8. Panaskan minyak tumis bumbu hingga matang, jika sudah matang masukan gula,kaldu bubuk dan air asam aduk hingga gula larut dan tercampur rata.
  9. Selanjutnya masukan singkong yg sudah di goreng dan daun kunyit aduk perlahan hingga rata lalu sajikan

 

2. Resep Keripik Singkong Gula Merah

Bahan – Bahan :

  • 1 kg singkong (jenis kulit merah/si roti)
  • 100 ml santan hangat (3 sdm santan instant + air panas)
  • 3 keping gula merah
  • 6 buah daun jeruk (buang batang)
  • Secukupnya garam dan lada
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 7 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit merah keriting

Cara Membuat Keripik Singkong Gula Merah :

  1. Kupas dan bersihkan singkong, iris tipis pake pisau atau alat iris singkong agar tipisnya rata.
  2. Goreng singkong hingga matang dan kriuk. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit merah keriting sampai halus.
  4. Lalu tumis dgn api sedang hingga harum, masukkan santan, garam, lada, daun jeruk dan gula merah.
  5. Masak hingga bumbu matang. Matikan api.
  6. Masukkan keripik singkong. Aduk hingga merata keseluruhan. Sajikan.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong didepan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Gulai Nangka untuk Lontong Enak dan Gurih!

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai resep gulai nangka untuk lontong buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep sayur nangka santan yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk sayur nangka muda ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Gulai Nangka Ft. Lontong

resep gulai nangka untuk lontong

 

1. Resep Nangka Muda Ft. Lontong

Bahan – Bahan : 

  • 250 gram nangka muda yang sudah dipotong-potong
  • Seikat kacang panjang (kira-kira segenggaman tangan)
  • Bumbu halus
  • 10 bh cabe rawit
  • 5 siung bawang putih yang sudah diiris menggunakan mesin pengiris bawang
  • 7 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 2 ruas lengkuas
  • 6 buah kemiri
  • 2 lembar daun salam
  • Secukupnya gula garam penyedap
  • 1 liter santan kental
  • Secukupnya lontong

Cara Membuat Nangka Muda Ft. Lontong :

  1. Rebus nangka muda, kemudian masukkam kacang panjang. Jangan terlalu empuk, angkat tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam
  3. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daun salam
  4. Masukkan nangka muda dan kacang panjang tambahkan gula garam penyedap, aduk rata.
  5. Masukkan santan, tunggu hingga mendidih
  6. Koreksi rasa.
  7. Sajikan dengan irisan lontong dan bawang goreng

 

2. Resep Nangka Muda Ft. Lontong

Bahan – Bahan : 

  • 15 potong Nangka
  • 1/2 bh Labu siam (potong memanjang)
  • 2 bh wortel (potong2)
  • 1 genggam kacang putih (aku skip lagi gak ada)
  • 100 gr daging sapi (iris tipis)
  • 5 btg kacang panjang (aku skip)
  • 5 bh Bawang Merah
  • 4 bh Bawang Putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 5 bh cabe keriting
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 3 bh kemiri
  • 2 ruas lengkuas (geprek)
  • 3 bh Daun salam
  • 1 bh Serai (geprek)
  • 2 sdm Gula merah (sisir halus)
  • Secukupnya kaldu sapi non msg
  • Secukupnya Garam dan Gula
  • 2 Bks Santan Kara Kecil

Cara Membuat Nangka Muda Ft. Lontong :

  1. Siapkan nangka, cuci bersih, rebus sampai sedikit lembut, test cucuk dengan garpu. tiriskan dan sisihkan bersama wortel dan labu siam yg sudah di potong
  2. Daging has sapi, bekukan di freezer semalaman besoknya aku keluarin dan iris tipis.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, sereh. Sampai harum
  4. Setelah bumbu terlihat sedikit mengkilat, masukan gula merah sisir dan sayur2 yg sudah disiangi, daging iris dan kacang. aduk hingga bumbu sedikit meresap
  5. Masukkan santan dan air secukupnya, masak hingga kacang lunak (kembali test tusuk kacang dengan garpu)
  6. Biarkan mendidih hingga santan masak, juga kacang dan daging lembut. Matikan api dan sajikan
  7. Cocok ditemani peyek udang yg renyah atau ikan/telur balado. Karena aku gak bikin pedes2 biar si baby bisa ikutan makan. Jadi aku juga bikin sambel bawang

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian ya, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur nangka yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Masak Sayur Sop Bakso Gurih Nagih!

Semua orang pasti tahu mengenai sayur yang satu ini. Yap sayur sop! disini saya akan membahas tentang Cara Masak Sayur Sop Bakso Gurih Nagih! yang mudah pembuatannya, siapapun bisa membuat ini. Selain mudah sayur ini juga terkenal akan keringanan rasanya, sehingga banyak ibu-ibu yang suka membuat sayur ini.

Keringanan sayur sop ini membuat siapapun yang memakannya akan merasa ketagihan, nikmat dimakan tanpa nasi merupakan salah satu alasannya. Selain itu, lauk pendamping sayur sop terkadang bisa menjadi satu alasan mengapa sayur sop sangat digemari oleh khalayak.

Untuk anda yang merasa bahwa membuat sayur sop membutuhkan waktu yang lama atau teknik khusus maka anda salah, dengan resep yang benar dan detail maka kalian bisa dengan mudah membuat sayur ini. Jika dipertimbangkan lagi sayur sop ini bisa dijadikan usaha kecil-kecilan loh!

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur sop didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep-resep aktual yang siap membantu bisnis atau sekedar membantu anda mencari kegiatan di masa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Sop Ayam Terjamin Sehatnya!

cara masak sayur sop bakso

1. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan-bahan:

  • Wortel
  • Kentang
  • Kembang Kol
  • Kubis
  • Seledri
  • Daun Bawang
  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 650 ml air (boleh tambah/kurangi)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 5 buah bakso
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdm merica bubuk
  • 1/3 sdm penyedap (royco)
  • Secukupnya garam (kisar 1/2 sdm)

Cara Membuat Sayur Sop Bakso :

  1. Persiapan bahan sop. Cuci bersih. Potong sesuai selera.
  2. Cuci bersih bakso. Potong sesuai selera.
  3. Panaskan 2 sdm minyak. Tumis bawang putih halus sampai harum dan berubah warna. (Sengaja minyak sedikit agar tidak berminyak kuah nya)
  4. Tambahkan 650 ml air ke tumisan bawang. Tunggu hingga air panas. (Di proses ini, jika tidak suka ampas bawang, boleh di buang ya. Ampas bawang akan mengapung setelah diberi air.)
  5. Menjelang air mendidih, masukkan wortel dan kentang. (Tusuk dengan garpu utk melihat sudah empuk atau belum)
  6. Tambahkan kembang kol saat wortel dan kentang setengah matang. Tunggu hingga agak empuk.
  7. Masukkan bakso, kubis, seledri, dan daun bawang. Rebus hingga layu.
  8. Tambahkan bumbu perasa. Check rasa sesuai selera (boleh mengikuti selera rasa saya, boleh di modif).
  9. Lebih nikmat dihidangkan selagi hangat

2. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan-bahan:

  • 4 buah Kentang
  • 10 buah Wortel
  • 1/4 Buncis
  • 20 buah Bakso sapi
  • 3 tangkai Daun bawang
  • 1 tangkai Daun seledri
  • 2 buah Jagung
  • 2 sachet kecil Royco ayam
  • Garam
  • Gula
  • 1 sdt Lada bubuk
  • 3 siung Bawang putih

Cara Membuat Sayur Sop Bakso :

  1. Kupas dan cuci kentang, wortel dan buncis lalu potong2
  2. Cuci dan potong bakso sapi jadi 3 bagian
  3. Pipil jagung. Cuci daun bawang dan sledri lalu potong2
  4. Haluskan bawang putih. Kalau belum halus bisa di uleg.
  5. Lalu tumis sebentar.
  6. Siapkan air utk merebus di panci. Lalu masukkan wortel, kentang dan buncis.
  7. Sekiranya udh setengah mateng. Masukkan jagung dan daun bawang + sledri. Lalu masukkan bumbu halus bawang putih nya. Beri lada, royco, gula dan garam.
  8. Kira2 udh mendidih terakhir masukkan bakso nya. Jgn lupa koreksi rasa sesuai selera.
  9. Apabila sudah matang, matikan kompor dan sajikan selagi hangat.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur sop bakso yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil!