Categories
Uncategorized

Cara Membuat Roti John Rumahan

Cara Membuat Roti John Rumahan

Resep Roti John Rumahan Sederhana oleh hazella galuh - Cookpad

Halo teman-teman semua sebelumnya apa kabarnya nih? kali ini kita mau bahas Cara Membuat Roti John Rumahan loh teman-teman makanya tunggu apalagi mari kita terus bereksperimen mumpung dirumah enaknya buat camilan kan?

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat roti john

  1. 1 butir telur Ayam
  2. 6 lembar roti tawar tanpa kulit
  3. 3 siung daun bawang (dipotong kecil” seperti martabak)
  4. 2 biji sosis sapi (potong kecil”)
  5. 6 ekor udang atau sesuai selera (potong kecil”)
  6. 150 gr daging ayam (potong dadu)
  7. sedikit Penyedap rasa
  8. secukupnya Margarine
  9. sesuai selera Saus tomat/saus sambal ()
  10. Mayonaise
  11. Lada hitam bubuk
  12. Bubuk origano
  13. Keju cheedar parut

Cara membuat roti john  :

  1. Kocok telur, campurkan dengan potongan daun bawang, sosis, udang, ayam, dan sedikit penyedap

  2. Panaskan Margarine di atas teflon dengan api kecil. tuang sekitar 1 sendok lebih sedikit telur yang sudah dikocok dengan bahan lain, lalu tumpangi dengan roti di atas telur selagi permukaan nya masih basah.

  3. Kira” telur sudah matang, balik-balik roti yang sudah menempel dengan telur hingga matang.

  1. Jika sudah matang, letakan di atas piring, lalu beri parutan keju cheedar, tambahkan saus, mayoniese, dan terakhir sedikit lada hitam dan origano.
  2. Roti john sederhana siap dinikmati.

Peluang Usaha Roti John Rumahan

Berikut adalah beberapa keunggulan untuk membentuk usaha Roti John dibandingkan dengan para pesaing camilan lainnya :

  • Tidak memerlukan juru masak atau keahlian khusus

Roti John memberikan training bagi mitra dalam hal pengelolaan bisnis termasuk dalam meracik sampai menyajikan Roti John. bahan baku, topping, dan roti John sudah disediakan dikantor pusat.

  • Biaya investasinya sangat terjangkau

Bukan hanya memikirkan mengenai untuk menghemat modal, namun karena bisnis yang baik ialah bisnis yang mempunyai modal yang minim dan hasilnya optimal.

  • Dilengkapi dengan sejumlah layanan dukungan

Roti John juga memberikan layanan seperti dukungan pengelolaan bisnis bagi mitra, misalnya fasilitas mempromosikan iklan gratis melalui media sosial. mitra tidak akan kesulitan untuk memulai serta mengelola bisnisnya.

  • Bebas royalty fee

Roti John membebaskan mitra atas seluruh biaya penggunaan merek dan konsep bisnis Roti John. keseluruhan keuntungan atas penjualan produk Roti John merupakan hak mitra sepenuhnya.

  • Booth berkualitas

Roti John telah mendesain booth yang unik dan menarik dengan bahan dasar stainless steel, jadi selain unik dan menarik booth juga kuat dan tahan karat.

  • Lebih fleksibel

Desain booth yang unik dan praktis membuat Roti John fleksibel oleh sebab itu bisa ditempatkan dimana saja, bisa di mall, tempat wisata, event kuliner, dan tempat lain sebagainya.

Analisis SWOT Pada Usaha Roti John

  • Strength (kekuatan) : belum banyak pelaku pengusaha yang tahu banyak tentang peluang bisnis roti jhon ini. selain itu dengan modal yang terbilang tidak banyak, dapat memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan.
  • Weakness (Kelemahan) : masih sedikit masyarakat yang belum tahu dengan apa itu roti jhon, sehingga mereka belum banyak yang tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya.
  • Opportunity (peluang) : warga netijen atau remaja milenial yang tertarik dengan viral nya roti jhon, sehingga mereka mulai penasaran ingin membeli produk ini dan memberitahukan kepada yang lainnya.
  • Threats (ancaman) : jika pelaku pengusaha sudah tahu peluang besar usaha ini, maka akan semakin banyak saingan yang berdatangan.

Bagaimana teman-teman menarik bukan membahas camilan roti john ini? selain itu peluang usahanya juga terbilang masih sangat bisa untuk dibangun, semoga bermanfaat untuk kalian berkarya dirumah masing-masing.

Categories
Uncategorized

Cara Buat Jentik Manis

Cara Buat Jentik Manis

Resep Jentik Manis oleh Wulan Kitchen - Cookpad

Halo teman-teman semua, masih tentang makanan juga kali ini kita akan membahas sebuah makanan tradisional yaitu tentang Cara Buat Jentik Manis. tentunya kalian sudah pada tau dong makanan manis yang satu ini karena selalu ada di acara-acara formal seperti hajatan atau syukuran biasanya kue jentik manis ini selalu ada pada kemasan nasi kotak atau snack makanan ringan. rasanya yang manis membuat kue ini begitu enak dinikmati oleh semua kalangan terutama anak-anak, remaja, dewasa, sampai orangtua sekalian sangat senang mencicipinya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat jentik manis

  • 100 gram Sagu mutiara/pacar cina
  • 95 gram Tepung hungkwe
  • 150 gram Gula pasir
  • 800 ml Santan
  • 1/4 sdt Vanili
  • 1/2 sdt Garam
  • 1-2 lembar Daun Pandan wangi

Cara membuat jentik manis :

  1. Pertama rebus air sekitar 1 liter sampai mendidih. Lalu masukkan sagu mutiara, rebus hingga matang/bening. Setelah matang saring sagu mutiara lalu rendam dalam air dingin agar tidak lengket satu sama lain.

  2. Dalam panci campurkan tepung hungkwe, gula pasir, vanili, garam & daun Pandan. tuang sebagian santan lalu aduk hingga larut. masukkan semua sisa santan lalu rebus hingga mendidih & meletup-letup.

  3. Saring sagu mutiara lalu masukkan kedalam adonan. aduk hingga rata.

  4. Tuang adonan kedalam cetakan selagi panas. biarkan hingga dingin lalu masukkan kedalam kulkas kurang lebih 30 menit. keluarkan dari cetakan lalu siap di nikmati.

    Peluang Usaha Jentik Manis

    Peluang Usaha Jentik Manis

    • Konsumen Kue Jentik Manis

    Kue jentik manis ini sangat khas dan setiap daerah tentu akan sangat familiar dengan kue jentik manis ini.  karena memang kue ini begitu nikmat dimakan pada saat santai sehingga konsumen kue basah ini bisa diperoleh dengan sangat mudah. kue basah berupa kue jentik manis ini pun sangat sesuai dijadikan sebagai peluang bisnis karena memiliki rasa yang nikmat. sehingga konsumen untuk kue jentik manis ini pun sangat mudah dicari.

    • Pemasaran Kue Jentik Manis

    Dalam memasarkan kue basah jenis cente manis ini sangatlah mudah, teman-teman bisa menawarkan kepada warung – warung makan terdekat yang menyediakan kue basah dalam menunya. teman-teman pun bisa membuat spanduk yang menarik dengan mencantumkan menerima pesanan kue jentik manis ini, tentunya hal ini sangat efektif sekali apabila dijalankan. buat tampilan dari kue cente manis ini yang menarik supaya para konsumen ingin segera mencoba dan mencicipi kue cente manis ini, apabila enak dan banyak disukai tentunya konsumen teman-teman pun akan bertambah.

    Analisa Bisnis :

    Peralatan Harga
    Etalase Rp. 2,000,000
    Kompor dan gas Rp. 260,000
    Panci Rp. 100,000
    Baskom Rp. 30,000
    Pengaduk Rp. 50,000
    Sendok Rp. 15,000
    Piring Rp. 30,000
    Spanduk Rp. 25,000
    Meja serta kursi Rp. 300,000
    Peralatan tambahan lainnya Rp. 30,000
    Jumlah Investasi Rp. 2,840,000

    Biaya Operasional per Bulan

    Biaya Tetap Nilai
    Kerusakan Etalase 1/36 x Rp. 2.000.000 Rp. 55,600
    Kendala Kompor dan gas 1/36 x Rp. 260.000 Rp. 7,300
    Keawetan Panci 1/24 Rp. 100.000 Rp. 4,200
    Baskom Cadangan 1/24 x Rp. 30.000 Rp. 1,300
    Penggunaan Pengaduk  1/24 x Rp. 50.000 Rp. 2,100
    Kekurangan Sendok 1/24 x Rp. 15.000 Rp. 700
    Pecahan Piring 1/36 x Rp. 30.000 Rp. 900
    Pembuatan Spanduk 1/24 x Rp. 25.000 Rp. 1,100
    Atribut Mebel Meja dan Kursi 1/36 x Rp. 300.000 Rp. 8,400
    Antisipasi Peralatan Tambahan 1/24 x Rp. 30.000 Rp. 1,300
    Total Biaya Tetap Rp. 82,900
    Biaya Variabel
    Mutiara Rp. 30,000 x 30 = Rp. 900,000
    Daun pisang Rp. 25,000 x 30 = Rp. 750,000
    Gula pasir Rp. 18,000 x 30 = Rp. 540,000
    Tepung Hunkwe Rp. 15,000 x 30 = Rp. 450,000
    Garam Rp. 4,000 x 30 = Rp. 120,000
    Vanili Rp. 10,000 x 30 = Rp. 300,000
    Daun pandan Rp. 4,000 x 30 = Rp. 120,000
    Bahan lain Rp. 5,000 x 30 = Rp. 150,000
    Total Biaya Variabel Rp. 3,330,000
    Total Biaya Operasional
    Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 3,412,900

    Pendapatan per Bulan

    Penjualan rata – rata =
         100 buah x Rp. 2,000 = Rp. 200,000
    Rp. 200,000 x 30 hr = Rp. 6,000,000
    Keuntungan per Bulan
    Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
    Rp.      6,000,000 3,412,900 = Rp. 2,587,100
    Lama Balik Modal
    Total Investasi / Keuntungan = Rp. 2,840,000 : 2,587,100 = 1 bln

     

    Gimana teman-teman penasaran kan membbuat jentik manis ini? dari asal-usulnya sampai peluang usahanya ternyata banyak banget yang bisa kita pelajari dan coba ya, apalagi ada penjelasan kandungan gizi untuk kesehatan juga membuat kita mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada jentik manis ini.  semoga artikel diatas dapat menambah wawasan teman-teman dan bermanfaat untuk kalian semua.

     

     

Categories
Uncategorized

Resep Potato Pompom

Resep Potato Pompom

Resep Pom-Pom Potato #JagoMasakMinggu5Periode2 dari Dyah | Yummy.co.id

Hai teman-teman kali ini saya akan membahas tentang satu makanan atau camilan yang lezat yaitu Resep Potato Pompom. makanan ini sangat diminati oleh berbagai macam usia seperti halnya anak-anak hingga orang tua karena banyak mengandung gizi untuk kesehatan karena berbahan dasar dari Kentang.simak penjelasan lengkap tentang cara pembuatan Potato Pompom  dan Resepnya dibawah ini ya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat potato pompom isi keju

  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 50 gram keju cheddar kraft
  • 75 gram keju quickmelt kraft
  • 3 sdm maizena
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya oregano kering
  • Bahan Pelapis:
  • 1 butir telur
  • Secukupnya tepung panir
  • Bahan Topping:
  • Secukupnya mayonais, sesuai selera
  • Secukupnya saus sambal, sesuai selera

Cara membuat potato pompom   :

  1. Cuci bersih kentang lalu kuliti, kukus kentang hingga matang.

  2. Angkat dan haluskan kentang.

  3. Campur kentang dengan keju cheddar parut, oregano kering, tepung maizena, garam dan lada, aduk hingga tercampur rata, ambil 1 sdm adonan pipihkan beri potongan keju quickmelt di tengah, bulatkan, lakukan hingga adonan habis.

  4. Gulingkan bola kentang ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan ke dalam tepung panir, simpan di kulkas 2 jam sebelum digoreng supaya panir menempel sempurna.

  5. Goreng dalam minyak panas api kecil saja hingga kuning keemasan.

    Peluang Usaha Potato Pompom

    Contoh Analisa Usaha Cheese Potato Balls

    Asumsi :

    Peralatan Harga
    Etalase Rp. 1,655,000
    Kompor dan tabung gas Rp. 520,000
    Wajan Rp. 195,000
    Spatula Rp. 46,000
    Wadah besar Rp. 180,000
    Pisau Rp. 35,000
    Parutan keju Rp. 55,000
    Pengaduk Rp. 45,000
    Piring Rp. 300,000
    Spanduk Rp. 65,000
    Meja dan tempat duduk Rp. 450,000
    Alat tambahan Rp. 300,000
    Jumlah Investasi Rp. 3,846,000

    Biaya Operasional per Bulan

    Biaya Tetap Nilai
    Penyusutan etalase 1/54 x Rp. 1.655.000 Rp. 30,700
    Penyusutan kompor dan tabung gas 1/54 x Rp. 520.000 Rp.      9,700
    Penyusutan wajan 1/42 x Rp. 195.000 Rp. 4,700
    Penyusutan spatula 1/30 x Rp. 46.000 Rp. 1,600
    Penyusutan wadah besar 1/42 x Rp. 180.000 Rp. 4,300
    Penyusutan pisau 1/42 x Rp. 35.000 Rp.   900
    Penyusutan parutan keju 1/42 x Rp. 55.000 Rp. 1,400
    Penyusutan pengaduk 1/30 x Rp. 45.000 Rp. 1,500
    Penyusutan piring 1/42 x Rp. 300.000 Rp. 7,200
    Penyusutan spanduk 1/42 x Rp. 65.000 Rp. 1,600
    Peyusutan meja serta kursi 1/30 x Rp. 450.000 Rp. 15,000
    Peyusutan alat tambahan 1/30 x Rp. 300.000 Rp. 10,000
    Total Biaya Tetap Rp. 88,600

    Biaya Variabel

    Keju cheedar Rp.      45,000 x     30 = Rp. 1,350,000
    Telur Rp.      15,000 x     30 = Rp. 450,000
    Tepung terigu Rp.      10,000 x     30 = Rp. 300,000
    Kentang Rp.      35,000 x     30 = Rp. 1,050,000
    Minyak goreng Rp.      45,000 x     30 = Rp. 1,350,000
    Kaldu ayam Rp.        6,000 x     30 = Rp. 180,000
    Tepung panir Rp.      16,000 x     30 = Rp. 480,000
    Kemasan Rp.      20,000 x     30 = Rp. 600,000
    Bahan lain Rp.      25,000 x     30 = Rp. 750,000
    Total Biaya Variabel Rp. 6,510,000
    Total Biaya Operasional
    Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 6,598,600
    Pendapatan per Bulan
    Penjualan rata – rata =
           29 porsi x Rp. 8,500 = Rp. 246,500
    Rp. 246,500 x 30 hr = Rp. 7,395,000
    Keuntungan per Bulan
    Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
    Rp. 7,395,000 Rp. 6,598,600 = Rp. 796,400
    Lama Balik Modal
    Total Investasi / Keuntungan = Rp. 3,846,000 : 796,400 = 5 bln

    Bagaimana teman-teman menarik bukan bahasan artikel pada kali ini berawal dari membicarakan camilan lezat yang berbahan dasar kentang yaitu Potato Pompom dan berbagai jenis serta isiannya, lalu membahas kandungan gizi pada kentang kemudian baik atau buruknya mengonsumsi kentang terlalu banyak dan juga membahas manfaat kentang untuk kesehatan manusia.

    Nah oleh karena itu mumpung dirumah kan banyak waktu luang kenapa ngga isi dengan kegiatan yang bermanfaat aja seperti tadi membuat Resep Potato Pompom dirumah kan?, lumayan untuk camilan sambil kuliah daring atau nonton tv dirumah. mungkin untuk artikel kali ini cukup sekian dulu ya teman-teman semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnyaa see you next time.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Odading Kekinian

Cara Membuat Odading Kekinian

Daftar Resep Kue dan Roti Terbaru Bisa Dicoba di Rumah

Halo teman teman semua udah berapa lama nih dirumah? kita buat cemilan  aja yuk buat ngemil dirumah. nah pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Membuat Odading Kekinian. pasti sudah gak asing dong kalian dengan yang namanya Odading? Ya, Odading Mang Oleh yang viral karena video promosinya yang kocak dan menghibur di media sosial membuat Odading ini sangat dicari banyak orang.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat Odading

  • 140 ml/14 sdm Air Hangat Kuku
  • 1 sdt Ragi Instan
  • 250 gram/25 sdm Tepung Terigu Pro Tinggi
  • 60 gram/6 sdm Gula Pasir
  • 1/2 sdt Soda Kue
  • 1 butir Telur
  • 1 sdm Margarine
  • Sejumput Garam
  • Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Odading :

  1. Masukkan telur, kocok terlebih dahulu. Dan masukkan biang sec.bertahap

  2. Mixer dgn kec.tinggi. Bila tdk ada mixer bs diuleni menggunakan tangan. Masukkan kembali sisa biang. Uleni/mixer sampai setengah kalis.

  3. Masukkan margarine dan garam. Mixer/uleni kembali. Membuat odading ini cara menguleni/mixer tdk harus sampai kalis seperti kita membuat roti/dough/donat. Yg terpenting semua bahan tercampur merata saja. Durasi total menguleni jika menggunakan mixer selama 8 menit. Bila menggunakan tangan sesuaikan.

  4. Siapkan wadah yg lbh besar. Olesi dengan minyak goreng/sayur. Kemudian adonan odading kita pindahkan. Bila adonan odading terlalu lembek tdk usah khawatir. Karena adonan odading memang lembek seperti itu.

  5. Proofing/istirahatkan selama 2 jam. Bila sudah 2 jam adonan akan menggembang 2 kali lipat. Lalu kempiskan dan uleni utk mengeluarkan gelembung udaranya.

  6. Pipihkan dgn tangan/rolling pin/botol/gelas. Pipihkan dgn ketebalan 1-2 cm.

  7. Rapikan. Potong-potong adonan membentuk persegi. Utk ukuran sesuaiakan dgn kebutuhan. Beri jarak antara adonan satu dgn lainnya. Agar tidak lengkat antar adonan.

  8. Adonan odading siap digoreng. Sambil digoreng adonan lainnya tutup menggunakan kain/serbet/plastik agar permukaan tdk kering.

  9. Panaskan minyak menggunakan api kecil. Bila sudah panas goreng satu persatu. Balik bila satu sisi sudah matang. Membalik odading cukup 1 kali saja agar tdk terlalu byk menyerap minyak.

  10. Bila sudah matang dan berubah kuning kecokelatan odading tiriskan.

  11. Siap dinikmati. Bila menginginkan lbh manis takaran gula pasir bisa ditambah. Bila menginginkan topping wijen, bagian atas roti bisa ditaburi dgn wijen.

    Peluang Usaha Odading

    Peluang Usaha Odading

    • Cara memulai usaha kue odading

    Usaha kue odading bisa dijalankan dengan langkah termudah. Untuk modal usaha yang harus dipersiapkan untuk membeli bahan baku maupun perlengkapan yang lain ini juga bisa disesuaikan. Usaha kue odading ini bisa dijalankan dalam skala rumahan sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

    • Bahan baku kue odading

    Untuk memproduksi kue odading harus menyiapkan bahan baku. Bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat kue odading diantaranya tepung terigu, telur ayam, gula pasir, ragi instan, minyak goreng dan berbagai bahan yang lain. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan kue odading memang sangat mudah, Anda bisa langsung mendapatkan di toko-toko yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

    • Peralatan usaha kue odading

    Dalam membuat kue odading juga membutuhkan peralatan yang memadai agar prosesnya bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa peralatnnya yang diperlukan diantaranya wadah, panci, wajan, spatula, loyang, kompor dan tabung gas, serbet, piring, sendok dan berbagai peralatan pendukung yang lain.

    • Lokasi usaha kue odading

    Lokasi yang sesuai untuk menjalankan usaha kue odading memang perlu diperhatikan. Penentuan lokasi ini bisa berpengaruh pada kelancaran pada usaha yang dijalankan. Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah dijangkau masyarakat. Beberapa contoh lokasi yang sesuai untuk memasarkan kue odading yakni di dekat sekolah, dekat tempat rekreasi, di dekat pasar tradisional, dll.

    • Resiko usaha kue odading

    Kue odading termasuk golongan makanan yang tidak bisa lama sehingga makanan ini hanya mampu bertahan beberapa hari saja. Oleh karena itu, jika produk kue odading ini tak laku terjual semua tentu akan menjadi resiko Anda. Agar bisa meningkatkan penjualan dalam usaha kue odading maka perhatikan dengan baik mengenai kualitas dari hasil kue odading yang Anda jual. Usahakan untuk selalu mengolah kue odading dengan hasil yang enak dengan tesktur yang pas.

    • Pemasaran usaha kue odading

    Untuk memasarkan olahan kue odading bisa dilakukan di berbagai tempat. Anda bisa membuka kios gerobakan yang berada di pinggir jalan atau menjualnya secara berkeliling kampung. Agar makanan yang dijual bisa  lebih luas dikenal masyarakat, promosikan melalui dengan memanfaatkan smarphone. Melalui line, facebook, instagram, bbm dan berbagai sosial media lainnya.

    Gimana teman-.teman menarik kan membahas odading yang sedang viral? dari  sampai macam-macam sebutan odading di indonesia ternyata banyak banget ya, apalagi ada penjelasan untuk kesehatan juga jadi kita bpleh saja mengkonsumsi odading namun jangan berlebihan ya semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua

     

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Donat Kentang

Hai teman-teman bagaimana kabarnya? udah pada bosen ya dirumah? mendingan kita membuat cemilan enak mumpung dirumah kan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sebuah Cara Membuat Donat Kentang Empuk. sebelum itu kalian pasti udah tau donatkan? Donat merupakan makanan ringan yang paling digemari oleh berbagai kalangan usia, baik anak-anak, remaja atau bahkan orang tua.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat donat kentang empuk

  • Tepung terigu protein tinggi – 300 gram
  • Kentang, kukus dan haluskan – 150 gram
  • Telur – 1 butir
  • Margarin – 30 gram
  • Gula pasir – 35 gram
  • Susu lubuk – 15 gram
  • Ragi instan – 6 gram
  • Garam – 1 sdt
  • Air es – 75ml
  • Minyak goreng – secukupnya

Bahan untuk topping donat kentang empuk

  • Cokelat masak yang sudah dilelehkan – 150 gram
  • Meses cokelat dan warna – warni – secukupnya
  • Gula donat – secukupnya

Cara membuat donat kentang empuk :

  • Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. lalu aduk secara merata.
  • Tambahkan kentang. lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan telur dan air es secara perlahan lalu uleni sampai setengah kalis.
  • Tambahkan margarin dan garam. uleni sampai elastis.
  • Diamkan adonan 15 menit.
  • Kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi masing-masing 30 gram dan bulatkan.
  • Diamkan 10 menit.
  • Ambil satu bulatan, pipihkan adonan. lubangi tengahnya. simpan secara berbaris (beri jarak untuk mengembang) di atas loyang yang sudah ditabur tepung sebelumnya. diamkan 45 menit sampai mengembang maksimal.
  • Panaskan minyak dengan api sedang. goreng donat sampai matang.
  • Tiriskan dan dinginkan.
  • Beri topping sesuai selera.

Peluang Usaha Donat Kentang Empuk

Keuntungan usaha donat kentang

Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang usaha donat kentang ini yakni merupakan olahan makanan yang banyak dicari dan diburu oleh masyarakat, dengan kisaran harga yang murah serta mudah untuk dijangkau semua orang. Rasa donat kentang yang disukai banyak orang dengan rasa gurih, enak dan lezat menjadikan peluang dalam usaha donat kentang sangat cocok sebagai pilihan usaha makanan yang menjanjikan laba yang menggiurkan.

Kekurangan usaha donat kentang

Dalam menjalankan donat kentang juga memiliki berebapa kelemahan dan kekurangan. Diantaranya ialah produk donat kentang tidak dapat bertahan lama, bila dalam beberapa minggu produk donat kentang akan mudah menjadi basi dan busuk.

Analisa Keuangan Usaha Donat Kentang

Pembelian peralatan

Etalase  Rp. 484,000
 Kompor dan gas  Rp. 293,000
 Panci  Rp. 36,000
 Pengaduk  Rp. 20,000
 Wadah  Rp. 70,000
 Meja dan Kursi  Rp. 370,000
 Peralatan tambahan  Rp. 338,000
 Jumlah Investasi  Rp. 1,611,000

Biaya tetap

Penyusutan etalse 1/50 x Rp. 484.000  Rp. 9,680
Penyusutan kompor dan gas 1/50 xRp.239.000  Rp. 5,860
 Penyusutan panci 1/50 x Rp 36.000  Rp. 720
 Penyusutan pengaduk 1/50 x Rpp 20.000  Rp. 400
 Penyusutan wadah 1/50 x Rp 70.000  Rp. 1,400
 Penyusutan meja dan kursi 1/50 x Rp.370.000  Rp. 7,400
 Penyusutan alat tambahan 1/50 x Rp. 338.000  Rp. 6,760
 Total Biaya Tetap  Rp. 32,220

Biaya variabel

gula pasir  Rp. 6,300  x  30  =  Rp. 189,000
 mentega  Rp. 9,400  x  30  =  Rp. 282,000
 ragi instan  Rp. 3,000  x  30  =  Rp. 90,000
 kentang  Rp. 68,000  x  30  =  Rp. 2,040,000
 bread inprover  Rp. 6,200  x  30  =  Rp. 186,000
 kuning telur  Rp. 2,200  x  30  =  Rp. 66,000
 tepung terigu protein tinggi  Rp. 96,000  x  30  =  Rp. 2,880,000
 garam  Rp. 8,100  x  30  =  Rp. 243,000
 lain-lain  Rp. 60,000  x  30  =  Rp. 1,800,000
 Total Biaya Variabel    Rp. 7,776,000

Total biaya variabel

Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 7,808,220

Pendapatan penjualan

Penjualan rata – rata =
     49  bungkus  x  Rp. 7,500  =  Rp. 367,500
Rp. 367,500  x      30  hr  =  Rp. 11,025,000

Keuntungan penjualan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp. 11,025,000  – 7,808,220  =  Rp. 3,216,780

Lama balik modal

Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 1,611,000  : 3,216,780  = 2  bln

 

Nah teman teman sekalian gimana menarik bukkan Cara Membuat Donat Kentang Empuknya dan peluang usahanya ? bisa dijadikan camilan juga mumpung masih libur sekolah kita bisa bereksperimen di dapur kita sendiri loh jadi tunggu apalagi segera berkreasi dirumah buat ngemil kan enak sambil nonton tv. semoga bermanfaat ya teman teman artikel diatas ini. stay safe and be healthy.