Categories
Uncategorized

Avocado Coffee Resep Yang Mudah Cara Buatnya Dan Tentunya Enak

Pada artikel kali ini saya akan membagikan avocado coffee resep yang dapat anda coba. Berikut ulasannya.

Avocado coffee merupakan minuman yang berbahan dasar kopi dan alpukat. Minuman ini begitu populer pada saat ini, dan sudah banyak cafe yang menambahkan menu di daftar menu.

Avocado sendiri merupakan buah yang berasal dari amerika tengah dan meksiko. Dan kini sudah banyak dibudidayakan di amerika tengah dan amerika selatan sebagai tanaman perkebunan monokultur. Dan juga banyak dijadikan tumbuhan pekarangan di daerah atau negara beriklim tropis.

Selain enak untuk dikonsumsi alpukat juga memiliki banyak khasiat yang terdapat di dalamnya. Di bawah ini khasiat untuk tubuh dari alpukat.

1. Kaya akan Nutrisi Bagi Tubuh 

Berdasarkan data yang didapat dari Nutrient Database atau dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 40 gram buah alpukat mengandung beberapa kandungan setidaknya :

  • 64 kalori
  • 6 gram lemak
  • 3,4 gram karbohidrat
  • Kurang dari 1 gram gula
  • 3 gram serat

Salah satu manfaat dari alpukat adalah menjadi sumber dari vitamin C, E, K, dan B-6 yang baik untuk tubuh, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium.

2. Meningkatkan Kesehatan Pada Mata

Buah alpukat mengandung lutein dan zeaksantin. Fungsinya adalah untuk meminimalkan atau mencegah kerusakan mata, terutama dari paparan sinar ultraviolet. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam bush alpukat juga dapat mendukung penyerapan antioksidan, seperti beta-karoten.

Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, manfaat buah alpukat untuk mengurangi resiko gangguan penglihatan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan yang dapat Anda dapatkan.

3. Memberikan Efek Kenyang Yang Lebih Lama

Meskipun sebagian besar kalori yang terdapat dalam buah alpukat berasal dari lemak, namun kandungan lemak tersebut merupakan ‘lemak sehat’ yang baik untuk tubuh Anda. Lemak inilah yang dapat membuat manfaat dari buah alpukat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Khasiat dari buah alpukat yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang sedang melakukan diet, atau ingin mempertahankan berat badan yang ideal.

4. Lezat dan Mudah Untuk Dikombinasikan ke Dalam Menu Diet

Tak hanya memiliki kandungan gizi yang baik, rasanya yang lezat dan mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai macam makanan dan minuman lainnya adalah beberapa manfaat dari buah alpukat.

Anda juga bisa menambahkan buah alpukat ke dalam salad buah, digabungkan dengan yoghurt, es buah, ataupun dimakan secara langsung. Teksturnya yang creamy dan lembut membuatnya mudah untuk melebur dengan bahan makanan lain saat dikombinasikan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah alpukat mengandung beta-sitosterol, jenis kelompok sterol yang biasa terdapat di berbagai tanaman / tumbuhan. Apabila dilihat dari struktur kimianya, beta-sitosterol hampir sama dengan kolesterol. Meskipun strukturnya mirip, namun memiliki fungsi yang berkebalikan.

Karena terdapat kandungan beta-sitosterol ini, manfaat dari buah alpukat dapat membantu Anda dalam menjaga kadar ‘kolesterol sehat’ di tubuh.

6. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Bagi anda yang tak terlalu menyukai susu, Anda bisa mendapatkan asupan seperti kalsium, vitamin D, bahkan vitamin K dari buah alpukat ini. Ketiga nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

7. Mengandung Lebih Banyak Kalium Dibandingkan Dengan Pisang

Tubuh Anda membutuhkan kalium untuk berfungsi dengan normal dan baik. Fungsi kalium salah satunya adalah untuk menjaga irama jantung Anda agar tetap teratur. Nah, kandungan kalium yang tinggi dari buah ini adalah salah satu manfaat buah alpukat.

Pisang memang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium, dan merupakan buah yang sering terpikir ketika tubuh anda membutuhkan kalium. Namun, buah alpukat mengandung lebih banyak kalium dibandingkan dengan pisang.

Setelah membaca ulasan di atas bisa di simpulkan bahwa alpukat tidak hanya enak dimakan tapi juga membunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Kembali ke awal, kita akan membahas avocado coffee resep, berikut adalah resepnya.

Beberapa Resep Avocado Coffee Yang Enak

Avocado Coffee Resep

1.Avocado Coffee Resep / Resep Kopi Alpukat

1.Persiapkan Bahan-bahan untuk membuatnya

Bahan utama:

  • 1 buah alpukat matang
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan susu kental manis cokelat
  • 1 sendok teh cokelat bubuk
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 1 scoop es krim, rasa vanila atau cokelat
  • Es batu secukupnya

Bahan espresso/kopi:

  • 100 ml air panas
  • 40 gram kopi bubuk

2. Kupas buah alpukat, lalu blender hingga halus

Kupas buah alpukat yang akan digunakan, lalu potong-potong buah tersebut menjadi beberapa bagian. Masukkan potongan buah alpulat tersebut ke dalam blender bersamaan dengan ditambahkannya gula pasir dan es batu. Blender hingga halus.

3. Buat kopi espresso, lalu tuang ke dalam cangkir 

Tuangkan bubuk kopi ke dalam moka pot, kemudian masak kopi itu hingga matang. Jika kamu tidak memiliki moka pot, kamu dapat menggunakan cara lain yang biasa kamu pakai saat akan membuat kopi espresso. Jika sudah, sisihkan sejenak.

Kemudian, ambil gelas saji atau cup, lalu hiasi bagian dalam gelas atau cup dengan menggunakan susu kental manis yang rasa cokelat. Lalu, tuangkan jus alpukat tadi dari dalam blender. Masukkan kopi espresso ke dalam gelas atau cup agar tercampur menjadi satu.

4. Sajikan dengan tambahan es krim dan taburan cokelat bubuk

Sajikan kopi alpukat dengan satu scoop es krim rasa apa saja di atasnya. Taburi pula dengan menggunakan cokelat bubuk, lalu sajikan.

2.Ice Avocado Coffee / Es Kopi Alpukat

Bahan-bahan :

  • 600 ml air panas
  • 2 sdt kopi instan
  • 800 ml susu segar
  • es bat

Avocado Mousse :

  • 3 buah alpukat, buang biji, kupas
  • 200 ml susu cair
  • 3 sdm gula pasir

Cara Membuat ice avocado coffee :

  1. Avocado mousse : Masukkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam blender, kemudian blender hingga halus. Bagi rata ke dalam setiap gelas saji atau cup.
  2. Seduh kopi dengan menggunakan air panas. Tunggu hingga Dingin.
  3. Taruh es batu secukupnya ke dalam gelas atau cup yang berisi avocado. Tuangkan susu segar dan kopi. Sajikan segera.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai avocado coffee resep yang dapat anda coba, jangan lupa untuk mengunjungi situs kami yang lain resep avocado coffee excelso.

Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *