Categories
Uncategorized

Resep Bolu Pisang Kukus Kurma Lembut, Enak Dan Sehat Untuk Camilan

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang bolu pisang kukus kurma yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai bolu pisang kukus kurma yang menggugah selera ini.

Tahukah kalian jika kue bolu ini bukan berasal dari Indonesia ? Kue bolu berasal dari bahasa Portugis yakni bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris. Kue bolu pisang merupakan kue basah modern yang terbuat dari pisang dengan tekstur yang lembut. Teksturnya yang lembut dengan aroma khas pisang memang enak dan lezat. Dalam perkembangannya, kue bolu tidak hanya dipanggang, tetapi dapat dikukus juga. Cara membuat bolu sebenarnya tidak terlalu sulit asal langkah membuat kue bolu pisangnya benar dan tentu saja bahan adonan bolu nya harus pas takarannya. Agar menjadikan kue bolu pisang yang lezat. Bolu pisang kukus ini dapat dibuat tanpa mixer roti lho guys.

Perbedaan Adonan Kue Bolu Pisang Kukus dan Panggang

Sebenarnya tidak ada perbedaan besar diantara kedua adonan pada resep bolu pisang ini. Perbedaannya utamanya hanya terletak pada cara akhir mengolahnya. Resep bolu pisang panggang dimasukkan di oven. Sedangkan bolu pisang kukus perlu dikukus beberapa saat. Cetakan nya bahkan sama persis lho. Jadi tidak ada salahnya kalau kebetulan di rumah memang ada stok pisang ambon, pisang barangan, pisang raja atapun cavendish yang cukup banyak. Bisa dibuat bahan untuk membuat resep kue bolu ini. Seperti juga kue cubit dan resep kue lumpur, cara membuat bolu pisang ini juga mudah kok.

bolu-pisang-kukus-kurma

1. Resep Bolu Pisang Kukus Kurma

Bahan Membuat Bolu Pisang Kukus Kurma :

  • 12 sdm tepung terigu
  • 4 buah telur ayam
  • 3 buah pisang ambon
  • 10 biji kurma
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 12 sdm minyak goreng
  • 1 sdm vanili cair/ bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 12 sdm gula pasir

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Kurma :

1. Campur tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam. Ayak semua.

2. Di wadah terpisah, campur telur, gula, vanili. Kocok menggunakan whisk sampai gula larut.

3. Masukkan campuran tepung ke dalam wadah berisi kocokan telur, aduk sampai rata.

4. Lumatkan pisang menggunakan garpu agak kasar, kurma di cincang. Campurkan ke dalam adonan tepung.

5. Masukkan minyak goreng ke dalam adonan, aduk sampai tercampur rata.

6. Masukkan adonan dalam cetakan, masukkan loyang ke dalam panci kukusan. Kukus selama 30 menit.

7. Tes dengan cara ditusuk. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel berarti bolu sudah matang.

8. Angkat loyang, bolu pisang siap disajikan

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah ini untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu kandungan utama kurma adalah kalsium.

2. Melancarkan Buang air Kecil

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Agar bisa buang air kecil secara lancar disarankan mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari.

3. Mengandung Serat Yang Tinggi

Kurma adalah buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan bisa membuat kebutuhan serat harian anda terpenuhi dengan mudah.

4. Mengatasi Gangguan Usus

Banyak orang yang belum mengerti jika salah satu kandungan dalam kurma adalah nikotin. Zat yang satu ini bisa membersihkan usus dan membuat semua gangguan pada usus dapat teratasi.

5. Mengatasi Anemia

Bagi anda yang menderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan terdapat zat besi yang baik untuk orang yang menderita anemia.

6. Mengatasi Alergi

Kurma adalah buah yang secara alami sudah memiliki kandungan sulfur.  Jika anda merasa alergi maka disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar alergi tersebut dapat teratasi.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Syaraf adalah sistem yang paling penting dalam manusia. Untuk menjaga kesehatan syaraf sebenarnya sangat mudah. Kandungan nutrisi pada kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf.

8. Menjaga kesehatan jantung

Pada buah kurma terdapat zat yang membuat kondisi jantung menjadi lebih baik. Cukup mengkonsumsi kurma setiap hari agar jantung anda sehat.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat bolu pisang kukus kurma ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep bolu pisang kukus kurma sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel cara membuat keripik salak untuk mendapat referensi camilan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *