Categories
Uncategorized

Campuran Cocopeat Untuk Media Tanam

Apakabar kalin semua, berjumpa lagi dengan aku ya, disini aku akan menjelaskan artikel tentang tema yang berjudul campuran cocopeat untuk media tanam kita dirumah.

Campuran Cocopeat Untuk Media Tanam

Campuran Cocopeat Untuk Media Tanam

Nah bagi kalian yang sangat hobiis banget nih dibidang tanaman atau senang bercocok tanam dengan nama media cocopeat mungkin kalian sudah tak asing lagi. Bahan alami ini merupakan hasil olahan kita dari mesin pengolah sabut kelapa atau batok kelapa ini dapat untuk kita jadikan sebagai pupuk maupun media tanam.

Keunggulan dari media cocopeat antara lain yaitu lebih ramah dengan keadaan lingkungan sekitar , karena terbuat dari bahan organik olahan itu sendiri serta dapat terdegradasi dalam tanah dengan baik, jika sudah tidak dapat digunakan lagi untuk media tanam.

Selain itu cocopeat dengan kita proses tertentunya yang bisa didaur ulang kembali menjadi media tanam tanaman baru. Bahkan beberapa dari jenis hama serangga seperti yang berasal dari dalam tanah tak suka berada dalam cocopeat.

Manfaat cocopeat untuk tanaman digunakan sebagai pupuk dan media tanam cukup mudah untuk kita terapkan, misalnya kita cukup berkumpul dengan bahan-bahan lain seperti kotoran ternak dan lainya.

Harga cocopeat bagi kita juga lebih terjangkau, ”salah papar salah satu anggota tim Mapala ‘Caravan Farm’ Fakultas Peternakan (Fapet), Dwi Sediantoro kepada <I> Merapi <P>, baru-baru ini.

Dengan harapan kita agar mampu memberi nutrisi pada tanaman. Selain lebih ramah lingkungan, semua jenis tanaman terlebih dahulu, tanaman sayuran termasuk bonsai yang tumbuh dengan baik dan bahkan bebas hama atau penyakit.

Cocopeat pun dapat untuk kita jadikan sebagai campuran dari beberapa media tanam. Bahkan untuk media tanam hidroponik (bercocoktanam tanpa tanah), penggunaan cocopeat ini yang memiliki daya serap udara yang cukup tinggi dan dapat menyimpan udara dalam jumlah yang lebih banyak yang ditampung dalam tanah.

Cocopeat dapat menyimpan dan mempertahankan udara 10 kali lebih baik dari media tanah dan hal ini sangat baik tentunya bagi tanaman kita yang tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena dapat menjaga agar udara tetap baik untuk pertumbuhan tanaman kita, akar tidak mudah untuk kering dan dapat terhidrasi dengan baik.

“Teman kami dari tim anggota Mapala bisa mendapatkan cocopeat dari daerah kota Kebumen. Ketika dijadikan pupuk organik dapat untuk kita  padukan dengan kotoran ternak seperti sapi,kambing dan ayam ”tegas Toro.

Tahapan dasar, misalnya kita jadikan media tanam untuk hidroponik, secara garis besar sabut kelapa yang sudah kita giling dan menjadi serbuk yang sudah kita keringkan terlebih dahulu.

Jika kita menjemurnya di terik matahari, rata-rata cukup hanya satu hari saja untuk kita mengeringkan serbuk sabut kelapa tersebut. Masalah ini tidak ada agar kadar udara yang berada di dalam serbuk sabut kelapa semakin berkurang namun jangan terlalu kering ya.

Setelah serbuk sabut kelapa kering, kita dapat untuk segera melakukan proses yaitu pengayakan. Jika tak mempunyai mesin pengayak bisa untuk kita melakukannya dengan cara mengayaknya secara manual.

Serbuk ayakan sabut kelapa tadi sering kita sebut juga dengan nama yaitu debu. Bahan ini sebenarnya sudah dapat untuk kita jadikan bahan pupuk campuran media tanam. Lain jika kita akan jadikan media hidroponik, dapat untuk kita terlebih dahulu menggunakan mesin atau bisa juga secara manual.

sekian pembahasan dan penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang tema artikel campuran cocopeat untuk media tanaman bila ada salah kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat (:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *