Categories
Uncategorized

Cara Bikin Bunga dari Plastik, dengan Kresek Super Simple!

Cara Bikin Bunga dari Plastik – Kantong plastik kresek adalah salah satu sumber masalah yang sangat serius bila tidak didaur ulang keberadaannya. Karena keberadaan kantong plastik kresek dapat menyebabkan pencemaran tanah sehingga harus benar-benar diperhatikan secara lebih. Setiap orang pasti menggunakan kantong plastik kresek untuk berbagai keperluan.

Namun seringkali penggunaannya dibuang begitu saja ke tanah bila sudah tidak digunakan lagi. Kantong plastik ini padahal merupakan salah jenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan sehingga keberadaanya di dalam tanah dapat menyebabkan kerusakan pada daur ekosistem tanah.

Salah satu jenis sampah yang memang menimbulkan suatu masalah kebersihan yang sangat serius saat ini adalah jenis sampah kantong plastik. Karena sebagian besar barang yang dibeli setiap manusia pasti menggunakan kantong plastik ini sebagai wadahnya. Dan bila sudah tidak digunakan lagi maka mereka akan membuangnya begitu saja.

Sehingga hal tersebut akan menimbulkan sampah plastik dimana-mana dan merusak pemandangan sekitar. Tidak hanya dapat merusak keindahan sekitar saja, akan tetapi sampah kantong plastik yang berserakan dimana-mana akan menimbulkan suatu masalah karena tidak dapat membusuk. Kalaupun nantinya sampah tersebut dibakar, juga akan menyebabkan timbulnya polusi udara di lingkungan sekitar.

Apalagi bila anda membakar sampah-sampah plastik tersebut di area pemukiman yang padat penduduknya tentunya akan mengganggu lingkungan sekitar. Sampah yang terbuat dari pastik sangat perlu untk di daur ulang atau digunakan kembali. Supaya keberadaannya yang lama-kelamaan bisa menumpuk dan menimbulkan masalah serius bagi tanah.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang sampah kantong plastik ini. Salah satunya adalah dengan menjadikan sampah kantong plastik tersebut sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita tidak membuang sampah plastik bekas secara sembarangan.

Kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkan kantung plastik sebagai bahan untuk berkreasi. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan dengan menjadikan kantong plastik bekas dan sudah tidak terpakai sebagai bahan untuk membuat suatu kreasi yang indah.

Hal itu, selain untuk mengurangi sampah plastik yang berserakan dimana-mana juga dengan hasil pemanfaatan kantung palstik bekas tersebut sebagai bahan dalam membuat kerajinan tangan yang tidak kalah menarik dengan yang lain. Misalnya untuk membuat kerajinan tangan bunga-bungaan, seperti bunga mawar, bunga dahlia, dan lain-lain. Dan tentunya kerajinan tangan yang terbuat dari kantong plastik bekas tersebut dapat dijadikan sebagai penghias ruangan di rumah dan akan lebih bermanfaat lagi dari pada hanya sebagai sampah.

Cara Bikin Bunga dari Plastik

cara bikin bunga dari plastik

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Benang
  • Kantong plastik (berwarna merah dan hijau)
  • Gunting
  • Kawat atau bisa menggunakan lidi dari sapu
  • Vas bunga

Cara Bikin Bunga dari Plastik :

  1. Pertama-tama kamu harus menyiapkan alat dan bahan di atas ( kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut secara gratis yaitu bekas kantong plastik yang sudah tidak terpakai). Biasanya di sekitar rumah anda pasti ada.
  2. Selanjutnya adalah membentangkan kantong plastik yang berwarna merah secara rapi, lali dilipat beberapa kali supaya memudahkan kamu untuk memotong.
  3. Setelah dibentangkan, maka kantong plastik tersebut dipotong secara horizontal dengan ukuran 16 hingga 20 cm sesuai dengan ukuran bunga yang akan anda inginkan.
  4. Pada salah satu bagian ujungnya di gunting sehingga kamu akan mendapatkan bahan persegi panjang yang panjangnya sesuai dengan ukuran kantong plastik yang akan digunakan. Serta antara lebar dan tingginya telah sesuai dengan yang akan dipakai.
  5. Lipatlah kantong plastik yang sudah dipotong tadi ke atas ke bawah.
  6. Di bagian lipatan yang atas, kamu menggunakan kedua tangan yaitu gunakan jempol dan telunjuk untuk memutar plastik secara dengan arah yang berlawanan supaya bisa menghasilkan sebuah lekukan.
  7. Lekukan tersebut memiliki fungsi untuk membentuk kelopak bunga seperti aslinya. Ketika kamu membuat lekukan, maka usahakan supaya plastiknya tidak sobek.
  8. Lalu plastiknya digulung dari ujung satu dengan lingkarannya secara satu per satu. Dalam membuat gulungan sebaiknya buat gulungan kecil untuk yang bagian dalam dan semakin bertambah besar untuk yang bagian luarnya.
  9. Bagian bawah pada gulungan diikat dengan menggunakan tali ataupun benang yang tadi sudah anda siapkan. Di bagian atasnya buatlah lipatan yang ada lekukannya sehingga terbentuk seperti sebuah bunga.
  10. Selanjutnya adalah merapikan bentuk kelopak bunga dengan sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan bentuk yang kamu inginkan. Hasilnya nanti kurang lebih akan menjadi lebih indah.
  11. Bila kamu ingin membuat beberapa atau banyak bunga maka kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti dengan yang di atas .
  12. Untuk membuat daun, maka kamu tinggal menggunting kantung plastik yang berwarna hijau. Ukurannya adalah setengah ukuran plastik yang merah tadi yaitu dengan panjang 15 cm dan lebar kurang lebih sekitar 8 cm.
  13. Selanjutnya adalah membentangkan plastik yang berwarna hijau dan sudah digunting. Lalu lipat plastik yang berwarna hijau dengan mengaturnya agar bagian kiri dan kanan plastik bisa terbentuk lipatan. Setelah itu putar pada bagian tengahnya sebanyak dua kali dan lipat secara simetris sehingga membentuk sebuah daun.
  14. Setelah jadi, pasangkan kawat atau lidi ke bagian bawah bunga lalu selipkan di dalam lipatannya. Ikatlah dengan menggunakan benang atau tali.
  15. Daun yang tadi sudah dibuat juga dipasangkan sebelumnya ke batang dengan letak dan jumlah yang sesuai dengan keinginan kamu.
  16. Kawat dilapisi dengan menggunakan kantung plastik yang berwarna hijau dari bagian bawah hingga ke ujung batang bagian atas. Namun, sebelumnya gunting dahulu plastik yang berwarna hijau selebar 2 cm. Cara melapisinya dengan memutar plastik secara teratur agar tidak menjadi gumpalan sehingga nanti bisa menghasilkan bunga mawar yang indah dan menarik.
  17. Buatlah beberapa tangkai sesuai dengan selera kamu lalu jadikanlah satu serta masukkan ke dalam vas bunga ataupun tempat yang kamu inginkan.

Itulah cara bikin bunga dari plastik, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Kamu juga bisa tau cara membuat bunga dari plastik dengan sangat simpel. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *