Categories
Uncategorized

Cara Bikin Es Cappucino Cincau Dingin Yang Enak Dan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan memberikan resep cara bikin es cappucino cincau yang praktis, sebelum ke cara membuatnya mari kita simak bersama ulasan berikut.

Minuman segar seperti es cappucino cincau pasti anda sudah pernah mencoba dan merasakan kesegaran dari minuman yang satu ini.

Pasalnya saat ini sudah banyak yang menjual minuman ini di pinggir-pinggir jalan dengan menggunakan gerobak atau dengan membuka kedai.

Hal tersebut karena banyaknya para franchisor yang bersedia menyediakan jasanya untuk memberikan fasilitas yang ditujukan untuk membuka usaha franchise cappuccino cincau tersebut.

Sebelum anda mengetahui resep dan cara bikin es cappuccino cincau ini, yang harus anda ketahui dari cappuccino cincau adalah suatu jenis minuman dari kopi yang dipadukan dengan  jelly tradisional atau cincau.

Kopi Cappuccino sendiri adalah minuman khas dari Italia yang terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu.

Pada dasarnya, minuman cappucino ini adalah campuran dari espresso dan susu sama seperti minuman-minuman yang berbasis espresso lainnya. Jika dilihat sepintas, sajian cappuccino hampir tampak sama dengan minuman latte.

Jika latte merupakan campuran yang terdiri dari espresso, susu steam, dan foam yang halus, cappuccino mempunyai komposisi susu yang jelas berbeda dengan latte. Susu yang digunakan untuk membuat secangkir cappuccino adalah susu dengan foam yang lebih tebal daripada minuman latte. Takaran susunya pun lebih sedikit, karena sepertiga bagian dari kopi cappuccino merupakan foam yang tebal.

Selain itu, perbedaan antara latte dan cappuccino yang lain adalah terdapat pada tekstur buih susunya. Pada secangkir cappuccino, buih susu akan terlihat lebih kasar hal ini karena proses steaming-nya lebih lama.

Proses steaming, foaming, atau frothingini biasanya dengan menggunakan alat uap yang terdapat pada mesin espresso, yaitu steam wand. Namun, pembuatan foam susu ini tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan steam wand saja.

Faktor yang mempengaruhi semakin banyaknya penjual dari es cappuccino cincau tersebut bukan hanya meningkatkan franchise semakin meningkat saja.

Namun cara pembuatan dan resep dari cappuccino cincau ini sangat mudah pembuatannya dan bahannya juga bisa anda dapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar anda.

Jika anda berniat akan membuka usaha es cappuccino cincau ini dan tidak menginginkan pengeluaran yang lebih banyak, anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Namun jika anda lebih memilih untuk membeli seperti bubuk sachet cappuccino dan cincau, anda dapat membelinya dengan harga yang tergolong murah. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri sebaiknya anda simak dari resep dan cara bikin es cappuccino cincau dan cara pembuatannya sebagai berikut.

Resep Dan Cara Bikin Es Cappuccino Cincau yang Benar

Cara bikin es cappucino cincau

Bahan utama :

  • 1 set bubuk sachet cappuccino
  • Potongan cincau hitam yang sudah dibentuk menjadi seperti dadu secukupnya.
  • Susu kental manis rasa coklat secukupnya
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  • Air putih secukupnya
  • Es batu serut secukupnya

Nah, di atas adalah bahan yang akan kita gunakan untuk resep cappuccino cincau yang nantinya akan menjadi minuman yang menyegarkan dan nikmat. Selanjutnya adalah cara bikin es cappuccino cincau, berikut ulasannya.

Cara  Bikin Es Cappucino Cincau Yang Mudah 

  1. Bahan yang pertama diproses adalah dengan mengambil bahan-bahan seperti bubuk cappuccino, air putih secukupnya, dan gula pasir yang akan di campur menggunakan blender.
  2. Setelah bahan yang pertama tadi sudah tercampur dengan rata, masukkan es serut yang sudah disiapkan tadi ke dalam blender dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda.
  3. Proses selanjutnya jika semua bahan tadi sudah tercampur, maka siapkan cup atau gelas saji yang sebelumnya sudah diolesi dengan menggunakan susu kental manis rasa coklat secara melingkar untuk hiasan.
  4. Masukan potongan cincau yang sudah dibentuk dadu ke dalam cup atau gelas saji secukupnya dan kemudian tuangkan campuran bahan yang sudah di blender tadi ke dalam cup atau gelas terebut.
  5. Es cappuccino cincau sudah siap untuk anda nikmati.

Sebenarnya jika kita sudah mengetahui resep dan cara bikin es cappuccino cincau, itu akan sangat mudah dan praktis dibandingkan dengan membelinya dikedai dengan harga 6.000 rupiah.

Namun dengan resep es cappuccino cincau tersebut bisa anda kembangkan dengan tambahan topping diatasnya, seperti pemberian parutan keju ataupun topping lainnya yang sesuai dengan selera anda.

Demikian artikel tentang cara bikin es cappucino cincau yang saya buat, jangan lupa untuk mengunjungi situs kami yang lain cara membuat cappucino cincau di rumah.

Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *