Categories
Uncategorized

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara bikin kripik singkong renyah dan gurih sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

cara bikin kripik singkong renyah dan gurih

1. Resep Keripik Singkong Daun Kunyit

Bahan – Bahan :

  • 2 kg singkong kualitas bagus
  • 1 sdm asam jawa
  • 5 sdm gula pasir /sesuai selera
  • 1 sdm soda kue
  • secukupnya minyak
  • secukupnya air
  • kaldu ayam bubuk secukupnya me (totole)
  • 7 lembar daun kunyit
  • Bumbu Halus
  • 1/4 kg cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah (optional)
  • 15 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Cara Membuat Keripik Singkong Daun Kunyit :

  1. Kupas singkong lalu cuci hingga bersih
  2. Potong tipis² singkong saya mengunakan alat pemotong supaya potongannya rata
  3. Siapkan air di ember secukupnya masukan 1 sdm soda kue rendam kurang lebih satu jam cuci lalu tiriskan.
  4. Haluskan duo bawang dan cabe sampai halus sisihkan
  5. Panaskan minyak goreng singkong dengan api sedang hingga matang angakat tiriskan
  6. Potong daun kunyit tipis lalu goreng sebentar saja smp daun kunyit berubah warna jdi hijau tua angkat tiriskan
  7. Campur asam dan air secukupnya aduk hingga menyerupai pasta
  8. Panaskan minyak tumis bumbu hingga matang, jika sudah matang masukan gula,kaldu bubuk dan air asam aduk hingga gula larut dan tercampur rata.
  9. Selanjutnya masukan singkong yg sudah di goreng dan daun kunyit aduk perlahan hingga rata lalu sajikan

 

2. Resep Keripik Singkong Gula Merah

Bahan – Bahan :

  • 1 kg singkong (jenis kulit merah/si roti)
  • 100 ml santan hangat (3 sdm santan instant + air panas)
  • 3 keping gula merah
  • 6 buah daun jeruk (buang batang)
  • Secukupnya garam dan lada
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 7 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit merah keriting

Cara Membuat Keripik Singkong Gula Merah :

  1. Kupas dan bersihkan singkong, iris tipis pake pisau atau alat iris singkong agar tipisnya rata.
  2. Goreng singkong hingga matang dan kriuk. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit merah keriting sampai halus.
  4. Lalu tumis dgn api sedang hingga harum, masukkan santan, garam, lada, daun jeruk dan gula merah.
  5. Masak hingga bumbu matang. Matikan api.
  6. Masukkan keripik singkong. Aduk hingga merata keseluruhan. Sajikan.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong didepan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *