Categories
Uncategorized

Cara Membuat Americano Tanpa Menggunakan Mesin

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat Americano tanpa mesin yang dapat anda lakukan.

Americano merupakan minuman yang berbahan dasar kopi. Kopi ini jika dilihat secara sekilas mata akan tampak seperti kopi hitam. Namun sudah jelas bahwa kopi Americano dan kopi Hitam ini sangat berbeda.

Berikut ini adalah perbedaan yang ada dari kopi Americano dan kopi Hitam.

Americano

Caffee Americano adalah minuman dari biji kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu seloki kopi espresso dengan menggunakan air panas. Air panas yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah sebanyak 6 hingga 8 ons.

Nama dari kopi americano ini pada awalnya merupakan ejekkan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar kopi espresso yang mereka buat untuk orang amerika dibuat menjadi lebih encer.

Kopi Hitam

Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa atau bahan lain apapun. Espresso sendiri, merupakan kopi yang dibuat dengan cara mengekstraksi biji kopi dengan menggunakan uap panas pada tekanan yang tinggi.

Setelah membaca penjelasan di atas, kita akan ke cara membuat americano tanpa mesin. Di bawah ini adalah cara membuatnya.

Cara Membuat Americano Tanpa Mesin

Cara membuat Americano

1.Cara Membuat Americano Dengan Metode Filter

Pada umumnya ada banyak sekali teknik yang dapat digunakan untuk cara membuat americano ini. Cara pertama yang kerap atau seringkali digunakan adalah metode filter.

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dalam proses penyajian kopi americano. Sangat efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Cukup letakkan bubuk kopi di atas kertas saring kopi yang terdapat pada corong bejana kopi. Tuangkan air panas ke atasnya secara perlahan dan merata. Lalu bubuk kopi tersebut direndam air panas dengan memanaskan bejana kopi. Siapkan gelas untuk menampung kopi. Kopi americano siap untuk dihidangkan.

2. Cara Membuat Americano Dengan French Press

Metode lain dalam proses penyajian kopi americano adalah dengan cara menggunakan alat yang bernama french press. Bubuk kopi tersebut hanya perlu dimasukkan ke dalam alat french press dan kemudian menyusul dengan air panas.

Saat akan menuangkan air panas dari dalam teko, posisikan bahwa teko lebih tinggi dari alat french press itu. Dengan begini gelembung kopi yang akan timbul menjadi lebih banyak dan aroma kopi pun jadi lebih harum.

Lalu aduk-aduk secara perlahan dan diamkan kopi kurang lebih selama 4 menit. Lalu tekan tutup alat french press pelan-pelan dan kopi pun bisa dituang ke dalam cangkir atau gelas.

Cara ini akan membuat rasa kopi lebih oily dan kuat. Banyak kedai kopi yang menggunakan teknik ini untuk membuat Americano karena kopi akan menjadi lebih terasa.

3. Cara Membuat Americano Dengan Turkish Coffee

Metode turkish coffee ini sudah dikenal sejak abad yang ke-15 silam di Turki. Penyeduhan ini juga dikenal dengan nama lain yaitu teknik Arab method.

Dengan cara menggunakan metode ini, cita rasa pada kopi akan menjadi lebih pekat dan kuat. Biji kopi untuk metode ini harus digiling dengan menggunakan cara manual.

Kemudian bubuk kopi tersebut dimasukkan ke dalam bejana kopi dan ditambahkan dengan gula dan air panas. Usai diaduk dan didiamkan beberapa saat, maka kopi siap disajikan.

4. Cara Membuat Ice Americano

Bahan-Bahan:

  1. Coffee atau Kopi (untuk kopi yang akan kita pakai Nescafe Classic)
  2. Ice atau Es batu (bisa beli di warung)
  3. Gelas 450ml – 500ml (1 buah)
  4. Gelas kecil (1 buah)
  5. Kettle atau pemanas air

Cara Membuat :

  1. Panaskan air (jangan terlalu panas kurang lebih 60′ sampai 70’C)
  2. Lalu masukkan 1 1/2 sachet (3 gram) nescafe classic tadi ke dalam gelas kecil dan tuangkan air panas sebanyak 100 ml.
  3. Masukkan Ice atau Es batu secukupnya ke dalam gelas yang berukuran 450ml – 500ml
  4. Tuangkan Kopi dari gelas kecil (100 ml) tadi ke dalam gelas yang sudah diisi dengan Ice atau Es batu, lalu tambahkan dengan air dingin sebanyak 200ml sampai 250ml (bisa ditambahkan dengan Gula jika ingin manis) lalu di aduk.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara membuat Americano tanpa mesin, jangan lupa untuk berkunjung ke situs web kami yang lain cara buat ice Americano.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *