Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bunga dari Sendok Plastik, Mengasah Kreatifitas!

Cara Membuat Bunga dari Sendok Plastik – Hai guys, selamat datang, apa kabar ? Baik selalu kan! Pada kesempatan kali ini, kita akan memberi tahu cara membuat bunga dari sendok plastik untuk mengasah kreatifitasmu. Ya sendok plastik merupakan salah satu alat untuk makan yang mudah dan murah.

Ia biasa digunakan untuk sekali saja, lalu dibuang. Nah untuk itulah kami menyarankan kepada kalian kerajinan apabila memiliki banyak sekali sendok plastik baru yang gak terpakai ataupun yang bekas yang ketemu dijalanan, untuk mencoba membuat bunga dari sendok plastik. Kalian bisa lihat seperti dibawah ini.

Cantik bukan, padahal hanya dibuat dari sendok plastik bisa cantik seperti itu. Nah apa salahnya untuk tidak mencoba membuat bunga seperti diatas ini, bisa kita lihat, bunga dari sendok plastik itu mirip sekali dengan bunga tulip.

Bunga tulip termasuk kedalam bunga tercantik didunia yang di budidayakan di Belanda sejak jaman Turki Usmani. Sekarang bunga tulip sudah menjadi simbol dari negara kincir angin itu. Nah marilah kita tidak usah berlama-lama lagi, ayo kita buat bunga tulip khas eropa dari sendok plastik ini.

Cara Membuat Bunga dari Sendok Plastik

cara membuat bunga dari sendok plastik

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Sendok plastik
  • Gunting
  • Kuas Cat
  • Cat
  • Lem tembak
  • Kawat tembaga
  • Benang wol warna hijau

Cara Membuat Bunga dari Sendok Plastik

  1. Cat terlebih dahulu sendok plastik dengan warna yang kalian suka.
  2. Ratakan catnya ya. Dan tunggu hingga kering. Cat juga sendok yang lainnya.
  3. Jika sudah kering catnya, barulah kita potong menggunakan gunting.
  4. Ambil kawat tembaga.
  5. Lalu kita oleskan lem diantara sisi sendok plastik, terus kita tempelkan ke kawat tembaga.
  6. Tempelkan delapan sendok plastik dengan membentuk bunga tulip.
  7. Ambil benang wol berwarna hijau untuk kita lilitkan ke kawat tembaga sehinga terlihat seperti tangkai bunga. Oleskan lem bagian bawah bunga dan lilitkan benang wol.
  8. Rapikan bagian akhir kawat dengan memotongnya dan juga rekatkan dengan lem tembak.
  9. Taraaaa bunga tulip dari sendok plastik telah siap digunakan.

Gerakan Sederhana Mengatasi Sampah Plastik

  • Membawa Kotak Makan Sendiri

Ketika kita membeli makanan diluar baik di restaurant cepat saji atau makanan di pinggir jalan, jika kita memeilih untuk dibungkus maka akan diberiakan banyak platik bukan? Apalagi jika anda membeli makanan dengan jenis yang berbeda – beda dan berkuah, pastinya akan lebih banyak lagi plastik yang digunakan untuk membungkusnya. Kalau memang tidak suka memasak sendiri maupun tidak ada waktu untuk memasak, usahakan membawa kotak makan sendiri saat membeli makanan. Selain sebagai usaha untuk mengurangi sampah plastik, makanan yang kamu belipun lebih aman dari bahaya plastik.

  • Menggunakan Tas Belanjaan Sendiri

Salah satu upaya sedehana untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan menggunakan tas belanjaan sendiri pada saat berbelanja. Dengan menggunakan tas belanjaan sendiri pada saat berbelanja maka akan mengurangi tumpukan sampah plastik di rumah.

  • Membawa Air Minum Sendiri

Dari pada membuang – buang uang untuk membeli air minum, lebih baik membawa sendiri dari rumah. Selain lebih hemat air yang kita bawa pastinya akan lebih terjamin kebersihannya. Namun, jika memang terpaksa membeli air minuman pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya supaya dapat didaur ulang nantinnya.

  • Menyimpan Produk Dengan Gelas Kaca

Saat menyimpan camilan maupun bahan – bahan dirumah lebih baik menggunakan gelas kaca. Manfaat yang didapat dari mengunakan gelas kaca selain ramah lingkungan juga lebih aman bagi makanan yang disimpan. Selain menggunakan gelas kaca bisa juga menggunakan kertas karton karena lebih mudah terurai.

  • Tidak Lagi Menggunakan Sedotan

Dulu sedotan plastik kuarang diperhatikan, namun sekarang banyak hewan – hewan laut yang mati karena sedotan plastik. Memang sekarang sudah banyak sekali restaurant, terutama restorant cepat saji atau kedai minuman yang melayani pembelian dengan dituang ke botol minum sendiri karena kebijakan dan peraturan dari perusahaan.

  • Daur Ulang

Istilah daur ulang memang sudah tak asing lagi. Daur ulang adalah salah satu cara untuk mengubah barang bekas menjadi barang baru yang lebih bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual belikan. Tujuan proses daur ulang adalah untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik.

  • Kurangi Pengunaan Kantong Plastik

Plastik memang sangat membantu dalam mengemas suatu produk, selain lebih praktis juga mudah untuk didapat. Namun kepraktisan menggunakan plastik menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Jika kita membeli makanan maupun minuman jika memungkinkan pakai tempat makan atau minum yang dibawa sendiri sebagai wadah, nah sekarang juga anda tidak perlu pusing karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mengelola sampah anda untuk di cacah.

Itulah cara membuat bunga dari sendok plastik. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Jika kalian penasaran dengan kerajinan lain yang berbahan dasar sendok plastik kalian dapat membaca artikel kerajinan dari sendok plastik berikut ini. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *