Categories
Uncategorized

Cara Membuat Dodol Agar Camilan Khas Palembang Yang Manis

Cara membuat dodol agar sangat mudah serta praktis untuk di praktikkan. Bagi Anda yang sangat menyukai dodol wajib mencoba membuat dodol sendiri. Dodol merupakan salah satu cemilan tradisional yang legendaris di Indonesia, dodol punya cita rasa manis dan kenyal. Salah satu dari varian Dodol yang ada di indnesia namun kurang akrab di telinga adalah Dodol Agar.

Dodol Agar

dodol agar

Dodol agar bisa dijadikan sebagai menu camilan manis di rumah. Namun kini ada yang unik dari cemilan legendaris yang satu ini, kini dodol juga ada varian agar. Dodol varian agar disebut dodol agar, Dodol agar merupakan cemilan khas Palembang.

Di Palembang, dodol agar ini termasuk kue yang sudah umum disajikan kala hari raya, terutama lebaran, tetapi juga kalau ada acara lainnya.

Cara membuat dodol pun terbilang mudah meski membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Dengan mengetahui resep dan cara membuat dodol, Anda dapat menikmati dodol buatan sendiri di rumah.

Membuat dodol dikenal cukup rumit dan panjang dalam proses pengolahannya. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah. Jika anda berniat membuat dodol di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan adalah salah satu alat yang membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat dodol.

Nah bagi Anda yang penasaran akan cita rasa dodol dengan varian agar ini, Anda bisa mencoba untuk membuat Dodol Agar ini sendiri dirumah.

Bila kalian tertarik mengetahui resep olahan ketan lainya seperti resep dodol garut dan resep jenang grendul ketan bisa mengunjungi website ini ontheqtease.com.

Berikut cara membuat dodol agar yang mudah dan praktis, tentunya bisa langsung Anda praktikkan di rumah :

Resep dan Cara Membuat Dodol Agar

Resep Dodol Agar

Bahan-bahan :

  • 5 bungkus agar-agar warna putih
  • 200 gram coklat bubuk
  • 10 gelas santan kental (2 kelapa)
  • 1 kaleng kental manis
  • 100 gram gula (bisa sesuai dengan selara)
  • 1 sendok teh garam

Langkah Membuat Dodol Agar :

  1. Campurkan coklat, kental manis dan agar-agar dalam satu wadah, kemudian aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal.
  2. Tuangkan santan kedalam panci, lalu panaskan santan dengan api sedang saja, setelah itu campurkan bahan coklat bubuk dan agar-agar tadi kedalam panci.
  3. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk merata hingga mendidih dan berambut (bisa menambahkan kacang sangrai yang sedikit dihaluskan, sesuai selera) pastikan santai tidak pecah.
  4. Jika adonan sudah matang dan mengental, matikan kompor, biarkan uapnya hilang namun tetap diaduk.
  5. Setelah adonan sedikit dingin tidak beruap, lalu angkat dan tuang adonan di atas loyang, diamkan adonan hingga dingin dan  mengeras.
  6. Setelah adonan dodol dingin dan mengerash, potong adonan dodol sesuai selera.
  7. Dodol agar siap disantap.

Nah itu tadi beberapa resep dan cara membuat dodol agar yang kalian bisa coba praktikan membuatnya di rumah.

Sekian sedikit informasi tentang Dodol Agar yang bisa kami berikan untuk Anda,  mengenai  Dodol dan cara membuat Dodol Agar. Mungkin bisa Anda gunakan artikel ini sebagai referensi untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah.

Note :

Hai Sahabat bagi Anda yang tertarik serta ingin mencoba menjalani usaha dodol agar yang manis ini, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan melihat resep yang kami suguhkan kepada Anda diatas.

Jika Anda ingin memanfaatkan peluang usaha makanan Dodol ini dengan optimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Cara Membuat Dodol Agar Sendiri Dirumah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba mempraktikan membuat camilan ini. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu yang sedang mencari resep dodol ini.

Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *