Categories
Uncategorized

cara membuat foam susu yang bagus, praktis dan enak

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat foam susu yang bagus.
Mari kita simak bersama pada artikel berikut ini.

Foam susu yang baik / bagus cenderung lebih mirip dengan marshmallow cair yang lembut, moussey dan menyenangkan untuk disesap. Foam susu yang seperti ini cenderung elastis dan mudah untuk dituangkan, juga dapat memberi ‘volume’ tambahan pada minuman sejenis yang membutuhkan tekstur semacam minuman cappuccino atau café-latte.

Cara membuat foam susu pun bisa dengan berbagai cara, secara manual atau dengan menggunakan mesin.

Kamu dapat membuat foam susu yang mudah dengan menggunakan steam wand yang ada pada mesin espreso. Tekanan tinggi yang ada pada steam wand akan menghasilkan uap panas yang dapat mengocok susu sehingga dapat jadi foam. Berikut adalah cara membuat foam susu yang dapat anda coba.

Cara Membuat Foam Susu Yang Bagus

Cara membuat foam

1.Cara membuat foam susu

1. Caranya adalah dengan mengisi toples tersebut dengan susu. Jangan isi toples tersebut terlalu penuh, dan sisakan ruang di dalam toples itu untuk menampung si busa yang nantinya akan muncul.

2. Setelah itu, tutup toples lalu kocok toples yang sudah diisi dengan susu tersebut agak lama, sampai susu itu menjadi berbusa.

3. Buka tutupnya, lalu masukkan susu pada toples tersebut ke dalam microwave selama setengah menit. Foam-nya akan jadi naik ke atas, dan panas yang ada dari microwave akan membuatnya stabil.

4. Tuangkan foam susu ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok.

2.Cara membuat Busa Susu kopi latte art

Bahan – bahan :

  • Kopi / Coffee (Single espresso)
  • Susu / Milk
  • Milk Frother
  • Gelas / Glass
  • Termometer untuk masak air
  • Microwave / Dua buah Panci
  • Stainless Steel Jug

Langkah – langkah :

  1. Dengan memasukan susu pada Microwave. Masukkan Susunya pada stainless steel Jug, lalu dihangatkan dengan menggunakan microwave kurang lebih selama 40 detik.
  2. Dengan menggunakan Dua buah Panci atau disebut juga dengan sistem masak au bain marie (memasak dengan dua buah panci). Carilah panci yang berukuran besar satu buah dan panci yang satu lagi dengan ukuran kecil satu buah. isi panci besar tersebut dengan seperempat air, lalu masukkan susu ke dalam panci kecil tersebut. Kemudian panci kecil tersebut ditaruh ke dalam panci besar yang satu dan masaklah dengan menggunakan kompor gas.
  3. Jika anda tidak mau menggunakan panci kecil. Susunya bisa langsung ditaruh di Jug saja lalu anda bisa taruh Jug tersebut ke dalam panci besar tersebut.
  4. Jika sudah dihangatkan Susunya.Kita bisa mulai membuat Microfoam Milk, dengan menggunakan Milk Frother. Nyalakan Milk frother kemudian kocok terus susunya hingga dapat menghasilkan microfoam atau sampai terdengar suara yang lembut dari milk frother.
  5. Saatnya membuat latte art. Tuangkan hasil steam Susu tadi pada gelas yang sudah terisi oleh single espresso
  6. Siap disajikan

3.Cara membuat latte art

Bahan – bahan :

  • Fresh milk
  • Espresso 20-30 ml
  • Milk
  • Cup / gelas
  • Nozzle streamer

Langkah – langkah :

  1. Proses frothing atau pembentukan microfoam susu dapat mempengaruhi hasil akhir latte art. Pertama, panaskan fresh milk di dalam milk jug dengan menggunakan nozzle steamer pada suhu 55 derajat Celcius. Jika microfoam berhasil terbentuk, proses pouring akan berjalan dengan baik.
  2. Kadar espresso yang akan diperlukan dalam membuat latte art sekitar 20-30 ml per cup / gelas. Krema atau lapisan coklat yang ada di atas permukaan espresso dipecah sehingga kopi akan tercampur dengan microfoam susu. Dalam mencampur kopi dan membuat latte art, bukan cangkir kopinya yang digoyangkan. Melainkan ketrampilan tanganmu dalam mengarahkan milk jug nya.
  3. Teknik free pouring digunakan untuk memanipulasi jatuhnya foam susu ke dalam espresso. Tebal tipisnya foam susu pada cup bisa diatur dengan mengatur jarak antara milk jug dan cup. Jika jarak tuangnya berdekatan, akan menghasilkan foam yang tebal dan begitu pula sebaliknya.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara membuat foam yang bagus, jangan lupa untuk kunjungi situs kami yang lain cara membuat foam susu manual.

Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *