Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Berbentuk Bunga

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan – Produksi sedotan sekarang ini sangatlah tinggi. Alat bantu minum ini hampir tidak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Meski sebenarnya sedotan sudah plastik banyak menuai protes karena faktor lingkungan.

Setiap kita membeli minuman pasti juga diberi sedotan agar mudah saat meminumnya. Maka tidak mengherankan, apabila banyak terdapat limbah sampah sedotan disekitar kita, baik di tempat sampah maupun yang tercecer berserakan di berbagai sudut jalan.

Siapa sangka, sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman bisa menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Sedotan yang hanya sekali pakai ternyata dapat menjadi kerajinan tangan yang dapat menghias rumah sehingga lebih berwarna.

Berikut cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang telah kita rangkum dari berbagai sumber. Kamu bisa langsung mempraktikkan.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Berbentuk Bunga

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sedotan (untuk warna sesuai dengan selera masing-masing)
  • Siapkan kelopak serta putik bunga
  • Korek api serta lilin
  • Lidi atau kawat yang memiliki ukuran diameter 2 mm
  • Lem
  • Vas bekas atau botol plastik bekas
  • Gunting
  • Jarum
  • Kertas pita
  • Tang
  • Cutter atau silet
  • Kunci bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Berbentuk Bunga :

  1. Untuk satu tangkai bunga mawar diperlukan minimal 4-5 batang sedotan plastik.
  2. Kemudian bagi atau potong sedotan jadi tiga sisi yang sama panjang.
  3. Lipat sedotan jadi dua sisi serta gunting di bagian atau segi kanan serta kiri bawah sedotan untuk membuat lubang.
  4. Gunting membulat di bagian segi atas sedotan ke arah kiri atas.
  5. Kemudian gunting sisi dari tepi sedotan yang menghadap ke arah lubang serta sisakan ½ cm dari lubang sedotan.
  6. Tahan sedotan yang sudah digunting dari dalam, pada bagian lubang pegang dengan tangan kiri, lalu jari telunjuk mendorong ke atas supaya sedotan yang sudah digunting terbuka serta membalik.
  7. Berikutnya lakukan juga pada ujung segi sedotan yang lain.
  8. Sediakan kelopak serta putik bunga mawar.
  9. Masukkan 3 putik bunga untuk satu bunga mawar.
  10. Kemudian gunting kelopak bunga yang lainnya keempat segi serta sisakan kurang lebih 0,2 mm dari sudut siku-sikunya.
  11. Masukkan kelopak bunga serta susun secara berselingan, lantas tutup sisi bawahnya dengan kelopak bunga.
  12. Gunakanlah kawat atau sapu lidi sebagai bahan tangkainya serta bungkus dengan memakai kertas pita.
  13. Hubungkan dengan bunga mawar yang sudah di buat. Selesai sudah, dan selamat mencoba.

Fakta Menarik Mengenai Sedotan Plastik

  • Sejarah Tentang Bahan Sedotan

Lalu bahan sedotan lebih berkembang lagi, dengan menggunakan bahan polypropylene, yaitu bahan plastik yang dipakai untuk kantong obat, atau tutup botol minuman. Kemudian sedotan lipat mulai ditemukan pada tahun 1930 oleh Joseph B. Friedman dari San Francisco. Kemudian kini masyarakat luas banyak menggunakan sedotan yang lurus maupun sedotan yang dapat di tekuk untuk minum.

Sekarang, sudah banyak sekali jenis sedotan yang telah diproduksi seiring berkembangnya jaman. Bahkan sekarang ini sudah ada sedotan seperti sendok yang mempunyai dua fungsi. Yaitu bisa digunakan sebagai sedotan atau sebagai sendok.

Jika awalnya sedotan hanya digunakan sehari alat bantu untuk meminum minuman, kini sedotan sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk produk kerajinan tangan menarik. Meskipun bahannya murah dan mudah didapatkan namun hasilnya tidak kalah menarik dan variatif. Kita dapat memperoleh sedotan di berbagai toko yang menyediakan bahan kerajinan atau bahan plastik.

Sedotan kaya akan ragam warna, bentuk, dan motif. Meskipun sedotan terkesan agak kaku tetapi sedotan tetap memiliki sifat seperti bahan aslinya yaitu plastik yang elastis dan lentur sehingga bisa dengan mudah menjadikan berbagai macam bentuk yang dihasilkan dari sedotan.

  • Berbahaya bagi Lingkungan

Ada alasan mengapa sampah plastik termasuk sedotan plastik menjadi momok mengerikan bagi lingkungan. Pertama, bahan plastik sangat sulit terurai secara alami. Bahkan, meski dikubur, sampah plastik tetap dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan bentuknya tidak akan mudah berubah meski puluhan atau ratusan terlewat.

Kedua, sampah plastik seperti sedotan plastik bisa menjadi hal yang berbahaya bagi penghuni biota laut. Sudah banyak kasus ditemukan, ikan dan mamalia yang terjebak sampah plastik sehingga membahayakan nyawa mereka.

Sampah sedotan plastik pernah melukai seekor penyu yang mengalami kesulitan bernapas karena sedotan plastik melukai salah satu lubang hidungnya. Beruntung saat itu, penyu malang tersebut bertemu dengan beberapa orang yang baik hati membantunya melepas sedotan plastik sepanjang 10-12 sentimeter itu.

Video yang diunggah oleh Sea Turtle Biologist di YouTube sudah ditonton sekitar 35 juta putaran dan direkam oleh Christine Figgener, mahasiswa dari Texas A&M University.

Kesulitan pernapasan yang dialami si penyu tersebut tentu akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidupnya. Hal ini berarti juga akan berdampak pada ekosistem termasuk manusia. Inilah mengapa sampah sedotan plastik menjadi salah satu masalah lingkungan paling disorot karena berbahaya.

  • Bisa Dijadikan Hiasan Cantik

Kreativitas menjadi salah satu kunci untuk menurunkan atau meminimalkan jumlah sampah. Saat ini, banyak kemasan plastik bekas yang dapat dikirim ke bank sampah sehingga bisa didaur ulang menjadi barang berdaya guna dengan nilai jual tinggi. Termasuk sedotan plastik yang dapat diolah kembali menjadi hiasan pemanis interior atau eksterior rumah.

Ada banyak sekali jenis kreasi sedotan plastik yang dapat kamu kembangkan. Misalnya hiasan berbentuk bunga, tempat pensil, miniatur rumah untuk mainan, penghias lampu, bahkan sandal jepit.

Selain bisa digunakan untuk hiasan, hasil kreasi sedotan plastik juga dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Bila hasilnya bagus dengan daya guna tinggi, bukan tidak mungkin kreasi sedotan plastik memiliki nilai jual yang menguntungkan.

Itulah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Jika kalian penasaran dengan kerajinan lain yang berbahan dasar sedotan plastik kalian dapat membaca artikel kerajinan dari sedotan plastik. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *