Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kopi Espresso Yang Nikmat Ala Kedai Kopi

Pada artikel sebelumnya saya telah memberikan cara membuat foam susu yang bagus, kali ini saya akan memberikan cara membuat kopi espresso.

Mari kita simak bersama pada artikel berikut.

Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dari biji kopi yang diproses dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan yang tinggi.

Espresso sendiri berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat dan disajikan dengan segera kepada para pelanggan kopi tersebut.

Pembuatan minuman (brewing) kopi yang seperti ini sudah dikembangkan di Milan, Italia, sejak awal abad ke-20. Awal terciptanya kopi espresso sendiri ditandai dengan ditemukannya mesin pembuat kopi yang dapat mengeluarkan uap dan air mendidih melalui kopi bubuk oleh Luigi Bezzera pada tahun 1901.

Mesin tersebut menjadi cikal bakal adanya dari mesin espresso yang umum digunakan pada saat ini. Bezzera membuat mesin tersebut untuk menjawab permasalahan yang terjadi pada waktu itu, yaitu lamanya waktu pembuatan kopi yang mencapai lima menit.

Hak paten untuk mesin yang diciptakan Bezzera kemudian dibeli oleh Desiderio Pavoni pada 1903. Perusahaan milik Pavoni pun mulai memproduksi mesin berdasarkan mesin Bezzera dan menamakannya La Pavona.

Mesin buatan Bezzera dan Pavoni memiliki kelemahan karena menggunakan uap dan air mendidih sehingga memberikan rasa gosong pada minuman kopi yang sudah jadi. Hingga pada 1938, mesin dengan tuas piston diciptakan oleh Cremonesi. Mesin tersebut tidak menggunakan air mendidih melainkan hanya air panas sehingga rasa dari kopi yang dihasilkan lebih baik.

Selain disajikan sendiri, espreso juga sering dicampur dengan menggunakan  susu, krim susu (foam), dan air panas. Minuman seperti cappucino dan caffe latte merupakan minuman yang menggunakan espreso sebagai bahan utama dan mayoritas minuman berbahan dasar kopi populer lainnya.

  • Espresso con panna, yaitu kopi espresso yang diberi dengan krim kocok di atasnya.
  • Espresso macchiato, yaitu espresso yang diberi dengan susu berbuih di atasnya.
  • Americano, yaitu espresso yang ditambah dengan air panas.
  • Cappuccino, yaitu kopi yang terbuat dari espresso, susu yang sudah diuapkan, dan susu yang berbuih.
  • Caffe latte, yaitu kopi yang terbuat dari espresso dan susu yang diuapkan. Untuk membuat caffe latte ini, cukup isi cangkir dengan 1,5 oz. espresso, dan tuangkan uap susu ke atas espresso sampai 7/8 hingga penuh.

Setelah pembahasan diatas kita akan ke cara membuat kopi espresso, berikut adalah cara membuatnya.

Berbagai Macam Cara Membuat Kopi Espresso Yang Nikmat

Cara membuat kopi espresso

Seiring dengan berkembangnya mesin dan alat kopi, kini cara membuat kopi espresso tidak sesulit dulu. Ada banyak cara alternatif yang dapat anda gunakan untuk meracik resep kopi yang dihasilkan dari proses ekstraksi biji kopi ini.

Secara umum, kopi espresso dibuat dengan menggunakan mesin kopi elektrik keluaran brand – brand ternama yang sudah sangat banyak dan memiliki kualitas bagus. Harganya pun sudah bervariasi, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Selain dengan menggunakan mesin, pembuatan kopi espresso juga bisa anda lakukan dengan cara menggunakan berbagai alat pembuat kopi non elektrik . Salah satu alat pembuat kopi espresso manual tanpa menggunakan mesin yang paling populer saat ini digunakan adalah Rok Presso.

Rok Presso merupakan alat pembuat kopi yang diciptakan pertama kali di Inggris oleh Mr. Patrick Hunt. Hadirnya alat ini untuk memberikan solusi pembuatan kopi espresso tanpa menggunakan listrik yang saat itu belum ada. Cara pembuatan kopi espresso dengan menggunakan alat ini pun juga terbilang sederhana dan cukup mudah digunakan.

Sama halnya seperti membuat kopi espresso dengan menggunakan mesin elektrik, bubuk kopi anda siapkan terlebih dahulu kedalam “PortaFilter” lalu padatkan dengan “Tamper Spoon” yang telah tersedia.

Kemudian, siapkan air panas kira – kira 60 ml dengan suhu sekitar 90 – 95 derajat celcius, lalu isi air panas tersebut secara perlahan-lahan ke dalam wadah yang telah tersedia (di bagian atas).

Setelah air dengan diisi, tarik kedua tuas tersebut ke atas secara perlahan, air panas itu secara otomatis akan membasahi permukaan bubuk kopi tersebut dengan merata.

Pastikan anda telah memposisikan tuas dengan gerakan yang seimbang atau sama supaya tekanan air panas ke dalam bubuk kopi merata dengan sempurna. Saat itulah, air kopi espresso secara perlahan akan turun dan terisi kedalam cup atau gelas yang sudah disediakan.

1.Resep Dan Cara Membuat Kopi Espresso

Bahan-bahan :

  1. 25 gram kopi
  2. Air
  3. Bialetti moka pot

Langkah-langkah :

  1. Bisa pakai biji kopi house bland dari excelso atau bisa juga diganti dengan biji kopi pilihan yang lain dengan kualitas yang baik.

  2. Siapkan kopi seberat 25 gram.

  3. Siapkan air.

  4. Kita akan grinder kopi nya, jangan sampai terlalu halus, lalu masukkan bubuk kopi nya, tutup dan taruh atas kompor dengan api yang kecil.

  1. Tunggu hingga mendidih dan siap untuk diseduh.

2.Resep Dan Cara Membuat Kopi Espresso Dalgona Yang Mudah

Bahan-bahan :
  1. 60 ml espresso (hot)
  2. 120 gram sugar

Langkah-langkah :

  1. Campurkan semua bahan, kemudian campur dengan hand mixer sampai bahan tersebut mengental.

  2. Tuangkan ke dalam gelas saji yang yang sudah diberi dengan es dan fresh milk.

Demikian artikel tentang cara membuat kopi espresso yang saya buat kali ini, jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain cara membuat kopi tubruk.

Semoga dapat membantu dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *