Categories
Uncategorized

Resep Cara Membuat Macaron Strawberry Lezat Tiada Duanya!!

Halo readers, pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat macaron strawberry yang lezat, renyah, mudah dan tentu nya juga menarik untuk dihidangkan. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep kue macaron yang cantik berwarna-warni ini.

Sejarah Tentang Macaron

Macaron telah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya pada wilayah Perancis. Banyak orang yang bertanya-tanya dari mana sebenarnya macaron ini. Menurut Larousse Gastronomique kamus kuliner asal Prancis, resep orisinal macaron datang dari Venesia, Italia. Kata Macaron ini sebenarnya berasal dari bahasa Italy, yang berarti bentuk bubuk halus. Tetapi, kepopuleran kue macaron ini justru berawal di Prancis.

Membuat macaron membutuhkan ekstra ketelitian dalam mengikuti resep dan ketepatan saat mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven untuk memanggang. Pembuatan macaron selalu menggunakan almond bubuk dan adonan dipanggang tidak sampai kering. Bentuk kue macaron juga bulat dengan permukaan yang sedikit naik seperti koin tebal.

resep-macaron-strawberry

1. Resep Cara Membuat Macaron Strawberry

Bahan Membuat Macaron Strawberry :

400 gr icing sugar

100 gr putih telur

2 sendok makan tepung maizena

50 gr bubuk almond, jangan lupa diayak

¼ sendok teh garam halus

½ sendok teh pasta stroberi / pewarna merah muda

Isi Kue Macaron Strawberry :

1 butir putih telur

4 sendok makan gula halus

1 sendok makan air jeruk nipis

Cara Membuat Macaron Strawberry :

  1. Mixer putih telur dengan icing sugar dan garam halus hingga mengembang dan kaku menggunakan mixer roti.
  2. Lalu masukkan tepung maizena, bubuk almond dan pasta stroberi ke dalam adonan putih telur, di aduk sebentar hingga adonan tercampur rata.
  3. Siapkan loyang kue yang diolesi dengan margarin. Kemudian masukkan adonan macaron ke dalam piping bag / plastik corong segi tiga dan gunting bagian ujung plastiknya.
  4. Tuangkan / bentuk adonan ke atas loyang hingga membentuk bulatan. dan diamkan di dalam suhu ruang selama 1 jam hingga adonan melebar.
  5. Oven adonan dalam suhu 160 derajat celcius selama 15 menit menggunakan oven gas.
  6. Setelah 15 menit, buka pintu oven, biarkan selama 3 menit. Kemudian panggang kembali dengan menggunakan temperatur 130 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue benar-benar matang dan kering. Lalu angkat kue macaron.
  7. Diamkan adonan hingga menjadi dingin. Setelah itu keluarkan kue dari cetakkan. Ambil satu buah macaron lalu olesi dengan bahan isi dan kemudian tutup dengan macaron yang lain.
  8. Sajikan dan simpan macaron strawberry di dalam toples kedap udara.

Cara Membuat isi Macaron :

Kocok putih telur, gula halus dan air jeruk nipis hingga semua bahan tercampur rata dan berwarna putih. Sisihkan. Isi siap digunakan.

Untuk 20 Buah

Tips Agar Kue Macaron Bagus dan Berhasil :

1. Jangan menggunakan gula halus karena itu akan menghasilkan macaron dengan warna kusam dan bertekstur kasar. Lebih baik menggunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.
2. Pastikan mixer dan mangkuk adonan dalam kondisi kering, karena dengan adanya air di dalam mangkuk atau mixer bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang dengan baik.
3. Jangan memanggang / meng oven kue ini dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembab.
4. Isi kue macaron bisa diganti sesuai selera, misalnya dengan pindakas, selai, coklat pasta, whipped cream, butter cream, cream cheese, atau yang lainnya

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat kue macaron strawberry sendiri di rumah. Jika kalian ingin melihat resep kue yang lainnya, kalian bisa melihat cara membuat kripik salak pada artikel ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep kue macaron sederhana di rumah sendiri. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya, Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *