Categories
Uncategorized

Cara Membuat Odading Kekinian

Cara Membuat Odading Kekinian

Daftar Resep Kue dan Roti Terbaru Bisa Dicoba di Rumah

Halo teman teman semua udah berapa lama nih dirumah? kita buat cemilan  aja yuk buat ngemil dirumah. nah pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Membuat Odading Kekinian. pasti sudah gak asing dong kalian dengan yang namanya Odading? Ya, Odading Mang Oleh yang viral karena video promosinya yang kocak dan menghibur di media sosial membuat Odading ini sangat dicari banyak orang.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat Odading

  • 140 ml/14 sdm Air Hangat Kuku
  • 1 sdt Ragi Instan
  • 250 gram/25 sdm Tepung Terigu Pro Tinggi
  • 60 gram/6 sdm Gula Pasir
  • 1/2 sdt Soda Kue
  • 1 butir Telur
  • 1 sdm Margarine
  • Sejumput Garam
  • Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Odading :

  1. Masukkan telur, kocok terlebih dahulu. Dan masukkan biang sec.bertahap

  2. Mixer dgn kec.tinggi. Bila tdk ada mixer bs diuleni menggunakan tangan. Masukkan kembali sisa biang. Uleni/mixer sampai setengah kalis.

  3. Masukkan margarine dan garam. Mixer/uleni kembali. Membuat odading ini cara menguleni/mixer tdk harus sampai kalis seperti kita membuat roti/dough/donat. Yg terpenting semua bahan tercampur merata saja. Durasi total menguleni jika menggunakan mixer selama 8 menit. Bila menggunakan tangan sesuaikan.

  4. Siapkan wadah yg lbh besar. Olesi dengan minyak goreng/sayur. Kemudian adonan odading kita pindahkan. Bila adonan odading terlalu lembek tdk usah khawatir. Karena adonan odading memang lembek seperti itu.

  5. Proofing/istirahatkan selama 2 jam. Bila sudah 2 jam adonan akan menggembang 2 kali lipat. Lalu kempiskan dan uleni utk mengeluarkan gelembung udaranya.

  6. Pipihkan dgn tangan/rolling pin/botol/gelas. Pipihkan dgn ketebalan 1-2 cm.

  7. Rapikan. Potong-potong adonan membentuk persegi. Utk ukuran sesuaiakan dgn kebutuhan. Beri jarak antara adonan satu dgn lainnya. Agar tidak lengkat antar adonan.

  8. Adonan odading siap digoreng. Sambil digoreng adonan lainnya tutup menggunakan kain/serbet/plastik agar permukaan tdk kering.

  9. Panaskan minyak menggunakan api kecil. Bila sudah panas goreng satu persatu. Balik bila satu sisi sudah matang. Membalik odading cukup 1 kali saja agar tdk terlalu byk menyerap minyak.

  10. Bila sudah matang dan berubah kuning kecokelatan odading tiriskan.

  11. Siap dinikmati. Bila menginginkan lbh manis takaran gula pasir bisa ditambah. Bila menginginkan topping wijen, bagian atas roti bisa ditaburi dgn wijen.

    Peluang Usaha Odading

    Peluang Usaha Odading

    • Cara memulai usaha kue odading

    Usaha kue odading bisa dijalankan dengan langkah termudah. Untuk modal usaha yang harus dipersiapkan untuk membeli bahan baku maupun perlengkapan yang lain ini juga bisa disesuaikan. Usaha kue odading ini bisa dijalankan dalam skala rumahan sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

    • Bahan baku kue odading

    Untuk memproduksi kue odading harus menyiapkan bahan baku. Bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat kue odading diantaranya tepung terigu, telur ayam, gula pasir, ragi instan, minyak goreng dan berbagai bahan yang lain. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan kue odading memang sangat mudah, Anda bisa langsung mendapatkan di toko-toko yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

    • Peralatan usaha kue odading

    Dalam membuat kue odading juga membutuhkan peralatan yang memadai agar prosesnya bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa peralatnnya yang diperlukan diantaranya wadah, panci, wajan, spatula, loyang, kompor dan tabung gas, serbet, piring, sendok dan berbagai peralatan pendukung yang lain.

    • Lokasi usaha kue odading

    Lokasi yang sesuai untuk menjalankan usaha kue odading memang perlu diperhatikan. Penentuan lokasi ini bisa berpengaruh pada kelancaran pada usaha yang dijalankan. Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah dijangkau masyarakat. Beberapa contoh lokasi yang sesuai untuk memasarkan kue odading yakni di dekat sekolah, dekat tempat rekreasi, di dekat pasar tradisional, dll.

    • Resiko usaha kue odading

    Kue odading termasuk golongan makanan yang tidak bisa lama sehingga makanan ini hanya mampu bertahan beberapa hari saja. Oleh karena itu, jika produk kue odading ini tak laku terjual semua tentu akan menjadi resiko Anda. Agar bisa meningkatkan penjualan dalam usaha kue odading maka perhatikan dengan baik mengenai kualitas dari hasil kue odading yang Anda jual. Usahakan untuk selalu mengolah kue odading dengan hasil yang enak dengan tesktur yang pas.

    • Pemasaran usaha kue odading

    Untuk memasarkan olahan kue odading bisa dilakukan di berbagai tempat. Anda bisa membuka kios gerobakan yang berada di pinggir jalan atau menjualnya secara berkeliling kampung. Agar makanan yang dijual bisa  lebih luas dikenal masyarakat, promosikan melalui dengan memanfaatkan smarphone. Melalui line, facebook, instagram, bbm dan berbagai sosial media lainnya.

    Gimana teman-.teman menarik kan membahas odading yang sedang viral? dari  sampai macam-macam sebutan odading di indonesia ternyata banyak banget ya, apalagi ada penjelasan untuk kesehatan juga jadi kita bpleh saja mengkonsumsi odading namun jangan berlebihan ya semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua

     

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *