Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Pedas Manis Yang Enak

Sajian sambal ayam bakar  pedas manis merupakan hidangan yang enak dan lezat. Tekstur empuk dari daging ayam yang berkolaborasi dengan nikmatnya sambal pedas manis, Terasa begitu istimewa dan lezat.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat sambal pedas manis kali kamu dapat membuat sambal ini dirumah, maka tak perlu khawatir, kami akan bagikan cara membuat sambal ayam bakar pedas manis dibawah ini.

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Pedas Manis

cara membuat sambal ayam bakar pedas manis

Bahan-Bahan:

Bahan Rebusan:

  • 8 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • Cabe rawit merah 8 buah
  • 5 buah cabe merah
  • Bahan campuran blender:
  • 1 1/2 sdm gula jawa
  • Asam jawa 3 mata
  • 50 ml air

Bahan Tumisan:

  • 100 ml minyak
  • 1 sdm saos tomat
  • sejumput garam
  • 3 lembar daun jeruk

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Pedas Manis:

  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Panaskan air dan masukan bahan2 yang direbus. Tunggu hingga mendidih dan angkat lalu masukan ke dalam blender untuk bahan basah (biasanya ukurannya lebih kecil)
  3. Cairkan air asam jawa dengan 50 ml air hangat atau panas, campurkan ke dalam blender dan masukan gula jawa
  4. Tambahkan lagi 50 ml air (jika tidak mau terlalu cair, kurangi takarannya). Blender sekitar 5 detik agar tekstur tidak terlalu hancur.
  5. Panaskan minyak di wajan, masukan bahan yg diblender dan tambahkan saos tomat, garam, daun jeruk lalu tumis hingga air menyusut.
  6. Dan sajikan

Jenis-Jenis Cabai

1. Cabai Rawit

cabai rawit

Cabai rawit atau cabai kecil, biasanya digunakan sebagai bumbu sambal terutama yang memiliki warna merah. Sementara cabai rawit yang hijau tua, biasanya digunakan untuk teman makan gorengan. Cabai rawit berawal memiliki warna hijau, kemudian berubah menjadi berwarna merah ketika sudah matang. Cabai rawit ceplik, cabai yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bentuk cabai ceplik berujung tumpul dan montok.

Ada juga cabai jemprit, jenis rawit yang paling pedas. Cabai rawit jemprit memiliki bentuk kecil pendek, ujungnya runcing, dan memiliki warna hijau gelap. Namun, bila sudah matang akan berubah warna menjadi merah. Orang Sunda menyebutnya cabai rawit jemprit sebagai cengek. Orang bisa tersedak, batuk, bersin, atau cegukan bila kurang hati-hati saat ingin memakan cabai ini.

2. Cabai Besar

cabai besar

Terdapat dua jenis cabai besar, yang memiliki warna merah dan juga hijau. Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan cabai rawit. Sementara memiliki rasa yang lebih pedas dari pada cabai rawit. Bentuk dari cabai besar beragam, yaitu dari ujungnya kerucut sampai membulat. Memiliki ciri khas cabai besar terletak pada bagian kulitnya yang tebal.

Cabai yang besar biasanya untuk membuat sambal, dicampur oleh cabai rawit. Cabai besar iris juga menjadi bumbu masakan tumis. Selain itu, cabai ini bisa dijadikan sebagai hiasan alias garnish.

3. Cabai Keriting

cabai keriting

Cabai keriting biasanya digunakan untuk bumbu utama dimasakan Padang. Maka dari itu cabai keriting disebut juga dengan cabai padang. Selain cabai besar dan rawit, cabai keriting juga sering dijadikan sambal. Rasa sambal cabai keriting lebih pedas dibandingkan dengan cabai besar. Pasalnya, kadar air dari cabai keriting lebih sedikit dan ukurannya lebih kecil.

Ayam Bakar

Diketahui Ayam Bakar berasal dari negara asia tenggara maritim untuk hidangan.Terutama hidangan indonesia dan malaysia, yang di buat dengan ayam di panggang di arang .

Di Indonesia ada berbagai macam bahan ayam bakar yaitu,ayam bakar percik yang lagi firal,ayam bakar padang,ayam bakar taliwang dari lombok dan masih banyak lagi.

Ayam bakar bisa dibakar di atas arang , teflon diatas kompor, atau bisa juga di panggang di panggangan sosis.

Tidak hanya cara membuat sambal ayam bakar pedas manis saja yang enak dan mudah. Ada juga cara membuat sambal goreng terasi yang tidak kalah enaknya dan mudahnya.

Selamat mencoba dirumah, semoga pembahasan tentang cara membuat sambal ayam bakar pedas manis bisa membatu kamu dirumah. sekian dari saya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *