Categories
Uncategorized

Intip Yuk Cara Buat Sambal Goreng Terasi!

Halo pecinta pedas! Pada artikel kali ini saya mau berbagi tips nih bagaimana cara membuat sambal goreng terasi yang pastinya nampol banget rasanya deh.

Selain bisa menjadi campuran pada sambal, terasi juga bisa loh dijadiin kerupuk, penasaran? anda bisa membacanya disini cara membuat kerupuk terasi.

Pada tau belum nih kalau kita sebenarnya bisa loh membuat sambal goreng terasi jadi usaha. Anda tidak perlu membeli alat macam macam. Anda bisa menggunakan peralatan masak yang ada pada dapur kalian untuk pembuatan atau produksinya.

Sedangkan untuk Pengemasannya anda hanya perlu membeli alat perekat plastik atau hand sealer. Alat tersebut seperti namanya berguna untuk merekatkan plastik agar tidak ada udara yang masuk ke dalam plastik sehingga sambal akan bertahan lebih lama.

Anda sudah tau belum nih sejarah atau asal usul sambal di Indonesia? simak kuy!

Asal Usul Sambal

Siapa sih yang tidak mengenal sambal, olahan dengan bahan dasar cabai dengan campuran berbagai rempah-rempah yang menjadi salah satu pendamping wajib bagi semua kuliner khas nusantara.

Sambal merupakan pembangkit selera makan, bahkan untuk sebagian besar masyarakat di Indonesia menganggap tak lengkap jika makan tidak menggunakan sambal. Sambal terbuat dengan bahan utama cabai yang mempunyai cita rasa pedas yang begitu khas.

Tahukah anda, bahwa ternyata sambal pada awalnya dibuat pertama kali tidak menggunakan cabai, melainkan menggunakan jahe sebagai bahan dasar. Pendapat tersebut didasarkan dari penemuan prasasti kuno oleh para ahli arkeologi.

Dalam prasati disebutkan istilah “Sambel“, tetapi komposisinya berbeda dengan yang anda kenal pada saat ini. Jahe dipakai untuk pemedas pada pembuatan sambal dengan menggunakan cara giling dengan wadah batu yang kini biasa kita sebut dengan cobek. Bahan lainnya yang dikembangkan untuk menjadi pemedas pada sambal adalah cabai jawa atau andaliman, dan juga lada.

Cabai ini kemudian menjadi bahan baku utama dalam pembuatan sambal setelah datangnya bangsa Portugis di Indonesia saat abad ke-15 sampai 16 Masehi.

Akhirnya setelah cabai diperkenalkan pada masyarakan, sambal berubah dengan dibuat menggunakan cabai, tidak menggunakan jahe lagi, andaliman, ataupun menggunakan lada. Pengaruh dari budaya asing juga kemudian ikut mempengaruhi kuliner nusantara.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini mempunyai banyak sekali bahkan ratusan jenis sambal khas yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Beberapa diantaranya yaitu seperti Sambal Cabe Ijo khas dari Sumatera Barat, Sambal Matah berasal dari Bali, Sambal Dabu-dabu khas Manado, dan juga Sambal Colo-colo sambal khas dari Maluku serta masih banyak lagi jenis sambal khas Indonesia lainnya.

Cara Membuat Sambal Goreng Terasi

Sebenarnya sambal goreng terasi sendiri memiliki banyak resep dan cara pembuatan, disini saya akan membagikan salah satu cara pembuatannya saja.

Bahan Bahan Membuat Sambal Goreng Terasi

  • 10 buah Cabai Rawit
  • 2 buah Cabai Keriting Merah
  • 1 buah Tomat
  • 3 siung Bawang Merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • 10 gram Gula Jawa
  • 1/2 sdt Terasi Bakar
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 100 ml Minyak Goreng

Langkah Cara Membuat Sambal Goreng Terasi

  1. Goreng semua jenis cabai, tomat, dan bawang sampai agak kering, angkat lalu uleg kasar jangan terlalu halus, tambahkan juga gula jawa serta terasi.
  1. Masukkan miyak goreng pada wajan dan panaskan minyak goreng sisa yang tadi digunakan untuk menggoreng cabai dan tomat tadi. Goreng sambal yang sudah di uleg tadi dengan api yang sedang atau kecil. Tambahkan gula pasir dan juga garam. Goreng sampai sambal matang dan warnanya berubah menjadi lebih gelap. Coba sambal, juka rasanya sudah sesuai selera anda, angkat.
  2. Sambal Goreng Terasi siap untuk di hidangkan.

Gimana? gampang kan? pastinya gampang dong, semoga bermanfaat dan membantu ya. Terima kasih!.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *