Categories
Uncategorized

Cara Membuat Saus Barbeque Untuk Sosis Yang Enak

Hallo semua! Pada artikel ini saya akan membagikan cara membuat saus barbeque untuk sosis yang pasti dijamin enak dan mudah dibuat dirumah. Selain lebih murah , rasa yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Selain untuk sosis saus barbeque juga bisa dibuat untuk daging, nah untuk lebih lengkapnya bisa baca pada artikel bumbu barbeque daging. Langsung aja yuk kita simak cara membuat saus barbeque untuk sosis!

Cara Membuat Saus Barbeque

Bahan – Bahan Saus Barbeque :

2 buah tomat,belah,kukus sebentar lalu haluskan
4 sdm minyak goreng
100 ml air
1/2 bawang bombay,cincang halus
3 siung bawang putih,cincang halus

Bahan Campuran :

4 sdm kecap manis
2 sdm cuka
2 sdm gula jawa
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat Saus Barbeque :

  1. Pertama, campurkan tomat yg sudah dihalus dengan bahan campur, lalu aduk rata dan sisihkan.
  2. Kemudian panaskan minyak dahulu, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  3. Masukan bahan campurnya dan aduk hingga rata, tambah air, masak sampai meletup-meletup.
  4. Setelah agak kental dinginkan, lalu blender agar lebih halus,
    Saus barbeque siap di sajikan.

Cara Membuat Sosis Bakar

  • Memilih sosi yang tepat

Penggunaan kemasan bermerk dengan keterangan nama produsen, alamat, tanggal kedaluwarsa, info nutrisi, dan registrasi BPOM, tercium aroma daging sapi atau ayam yang alami, jika ditekan tidak terlalu keras atau agak kenyal, warna sosis tidak luntur ketika dimasak, terlacak cita rasa daging yang kuat disertai bumbu jika dipakai, harganya relatif lebih mahal.

  • Mempersiapkan Sosis

Hindari memotong atau mengerat sosis untuk barbeque. Sebaiknya tetap biarkan sosis dalam keadaan utuh agar teksturnya tetap lembab dan cita rasanya tetap terjaga.Jika ingin waktu membakar atau memanggang lebih cepat, Anda dapat merebus sosis terlebih dahulu. Caranya dengan rebus sosis dengan api rendah hingga permukaannya berwarna sedikit lebih gelap. Kemudian tambahkan bawang putih, bawang bombay, ataupun bumbu favorit lainnya dalam air agar sosisnya memiliki rasa yang gurih enak. Jika ingin ditambahkan rasa lebih kena lagi dilidah, rebus sosis bersama kaldu ayam atau sapi.

  • Memberikan bumbu pada sosis bakar

Saus barbeque biasanya paling cocok dijadikan saus olesan atau cocolan sosis. Saus ini rasanya gurih manis dengan aksen pedas. Bisa dibeli jadi di supermarket atau dibuat sendiri. Untuk membuat saus barbeque diperlukan margarin, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap manis, dan merica hitam. Tumis cabai dan bawang hingga layu, lalu masukkan bahan lainnya. Aduk hingga mendidih, angkat. Olesi sosis dengan saus barbeque sebelum dibakar dan saat disajikan. Tak lupa siapkan juga saus tomat dan saus cabai untuk menambah cita rasa pada sosis.

  • Membakar Sosis

Membakar sosis bisa langsung di atas alat pemanggang sosis atau di atas kompor menggunakan pan grill. Untuk apinya gunakan api ukuran sedang agar sosis dapat matang merata dan tidak gosong. Dan selalu balikkan sisian sosis ketika dipanggang agar merata matangnya. Untuk hasil yang sesuai selera, gunakan penjepit khusus untuk memanggang sosis agar menjaga lemak sosis tidak terbuang dan bentuk sosinya tetap utuh saat dibakar di atas panggangan. Sosis akan matang sempurna pada suhu sekitaran 65 -70 C. Dan bisa juga ditambah dengan membuat minuman kopi agar lebih endul bisa baca pada artikel cara membuat cappucino dengan mesin kopi dijamin perpaduan yang pas.

Nah, begitulah cara membuat saus barbeque untuk sosis, mudah bukan? Saus barbeque juga bisa loh di tumpahkan diatas steak ayam yang mau tau caranya bisa baca pada artikel Cara Membuat Steak Ayam. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *