Categories
Uncategorized

Cara membuat sumur Bor Jet Pump dengan aman

pada artikel ini akan menjelaskan tentang Cara membuat Sumur bor Jet Pump dengan aman.

Sumur Bor  Sumur Bor Jet Pump atau Drilling Well Merupakan Sumur Bor dengan kedalaman 0 s/d 30 meter, sistem pengerjaan dengan mesin bor yang modern ada juga mesin bor semi manual dengan tenaga manusia tergantung lapisan tanahnya. Waktu pengerjaan relatif lebih singkat. Banyak kita jumpai sumur ini disekitar kita. Disamping mendapatkan air yang melimpah sumur ini juga meringkas tempat karna sumur bor ini berdiameter pipa 4 s/d 6 inch.

Sudah menjadi lumrah bagi konsumen yang mau memakai jasa tukang bor untuk melakukan survey dalam menentukan tukang bor yang mana yang akan dipakai, megingat banyak sekali penyedia jasa yang punya usaha ini, beberapa diantara mereka ada yang berani menawarkan ongkos bikin yang murah, sementara pamilik jasa yang lain biayanya mahal sekali. Agar kita tidak kecewa dengan hasil kerja mereka sebaiknya sebelum setuju dengan harga supaya dibuat dulu perjanjian pengerjaan yang jelas. Beberapa hal berikut ini adalah tips untuk menghindari terjadinya konflik dkemudian hari akibat hasil kerja yang tidak memuaskan. membuat sumur bor juga harus menggunakan Listrik jika tidak ada Listrik sama sekali Sumur Bor tidak akan bisa di gunkan, Maka dari itu anda jangan sampai Telat untuk mengisi Token Listrik anda agar dapat menggunakan Sumur Bor Jet pump ini.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika kita akan Membuat sumur bor Jet Pump :

1. Sebaiknya semua material untuk keperluan sumur dibeli sendiri dari toko material yang kita tahu, terutama untuk pipa paralon atau PVC, jenis pipa PVC yang ada dipasaran sangat banyak ragamnya, dari kulitas nomor 1 hingga yang kualitas KW 3 yang harganyapun tentu sangat bervariasi, jika tidak teliti kita bisa salah memakai pipa KW 3 tapi dengan harga pipa ori.

2. Mutu pompa air juga ada 2 macam yaitu yang baru dan yang rekondisi, bila kita memesan dari tukang yang mengerjakan bor biasanya akan dibawakan pompa yang rekon karena sepintas tampaknya sama, pompa rekon juga dikemas dalam packing baru kardus dan plastik nya seba baru hanya pompanya adalah pompa bekas yang sudah diperbaiki.

3. Kualitas pengerjaan, untuk memastikan tukang bekerja dengan benar, selama pengeboran harus ada mandor yang memperhatikan pekerjaan mereka, ada tukang yang melakukan kecurangan dengan berbagai trik diantaranya adalah, pipa ukuran 2 inchi yang mau dipakai casing panjangnya dibikin kurang dari 6 meter misalnya dipotong ½ meter tiap batang sehingga untuk 5 batang pipa yang seharusnya 30 meter hanya ada 27,5 meter. Trik lainnya pada pipa casing di buat irisan atau dikerat dengan menggunakan gergaji besi sehingga pipa yang masuk sesungguhnya tidak utuh melainkan memiliki celah-celah, adapun gunanya celah ini untuk memasukakan air tanah kedalam pipa ketika pipa sudah ditanam, jadi air akan mengisi pipa bukan dari bagian ujung terakhir daripada pipa yang dibenamkan melainkan dari pinggir-pinggir pipa, hal ini yang dapat menyebabkan air menjadi keruh. Kecurangan lain yang juga sering dilakukan tukang bor jika pipa tidak disediakan oleh kita adalah dengan mengganti ukuran pipa hisap, dari yang seharusnya ukuran 1 inchi diganti dengan pipa ukuran ¾ inchi, hal ini seringkali terjadi karena pemakai jasa kurang jeli dalam mengamati ukuran material.

4. Pompa baru yang kita beli jangan langsung dipasangkan begitu keliatan air keluar, karena pada awal-awal air masih mengandung pasir dan lumpur halus yang dapat mengakibatkan impeller pompa menjadi rusak, tukang bor harus diminta membawa pompa milik mereka untuk membersihkan air hingga jernih, setelah air yang keluar jernih baru dipasang pompa baru.

5. Dalam melakukan pengeboran harus diperhatikan agar kedalaman sumur yang dib or harus lebih dalam setengah pipa dari jumlah pipa yang ditanam, misalnya jika pipa casing yang ditanam 5 batang, maka kedalaman pengeboran harus 5,5 batang, kalau tiap batang 6 meter berarti akan ada 3 meter bagian sumur yang dindingnya tidak diberi pipa, gunanya bagian sumur tanpa pipa ini yaitu agar terbentuk reservoir atau ceruk cadangan air, sehingga air yang terhisap pompa tidak keruh. Setelah semua pipa tertanam lakukan pengerasan casing dengan cara disemen agar pipa casing tidak melorot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *