Categories
Uncategorized

Cara Menabung Saham di Bank BCA

Cara-menabung-saham-di-BCAPada kesempatan kali ini kami akan sedikit menjelaskan bagaimana cara menabung saham di Bank BCA. Salah satu perusahaan perbankan yang paling diminati ialah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dengan kode emiten BBCA.

Kamu bisa juga membeli sekaligus menabung saham di Bank BCA tersebut. Menabung memang salah satu hal yang cuku penting bagi kehidupan setiap orang. Selain kita dapat belajar untuk berhemat, kita juga dapat belajar mengenai cara mengatur keuangan yang baik.

Sehingga nantinya ketika kita dalam keadaan susah atau kesulitan kita masih dapat mengatasinya dengan mudah karena kita memiliki sejumlah tabungan atau bisa dikatakan investasi. Sebelum berinvestasi pastinnya perlu mengetahui bagaimana langkah-langkah sebelum investasi, berikut langkah-langkah sebelum menabung saham di BCA :

  • Kenali kebutuhan dan tujuan

Pertama kamu pikirkan apa tujuan kamu berinvestasi? Ataukah membeli rumah pribadi, mengumpulkan uang muka untuk membeli kendaraan idaman, berlibur sekeluarga ke Jepang, atau yang lainnya, kemudain berapa jangka waktu yang kamu miliki untuk mencapai tujuan tersebut? 1 tahun, 5 tahun, 7 tahun, atau 10 tahun?

  • Kenali karakter investasi dan profil risiko

Setelah dari berangkat dari tujuan dan jangka waktu investasi yang kamu miliki, selanjutnya saatnya untuk mengenal karakter investasi dan profil risiko kamu lebih jauh, lalu instrumen investasi apa yang terbaik untuk anda? Emas, saham, atau reksa dana? Kemudian seperti apa profil risiko kamu? Konservatif, moderat, atau agresif? Resiko yang tadi ditemukan bisa kamu konsultasikan dengan manajer investasi pilihan kamu untuk membuat keputusan berinvestasi yang tepat.

  • Buka rekening investasi

Setelah mengetahui portofolio investasi yang ingin kamu bangun, segera buka rekening investasi di bank BCA.

  • Monitor pertumbuhan investasi secara berkala

Setelah investasi kamu mulai berjalan, jangan lupa untuk memonitornya secara berkala. Kamu dapat memonitor investasi kamu, misalnya setiap 6 bulan atau setahun sekali, untuk memastikan bahwa investasi kamu masih berada di jalur yang tepat.

Berikut ini merupakan  kelebihan-kelebihan yang diperoleh berinvestasi di bank BCA antara lain :

  • Sistem keuangan yang terpercaya

Bank biasanya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tabungan atau dana nasabahnya dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dengan begitu bank tersebut  telah memiliki sistem pengawasan yang sangat baik dan bank yang sahamnya dimiliki masyarakat juga informasinya lebih terbuka dan punya good corporate governance (GCG) yang baik.

Sehingga laporan keuangan perbankan lebih mudah diakses di website bank tersebut dan website OJK atau Bank Indonesia (BI). Jadi, sangat mudah diketahui ketahanan keuangan dari bank tersebut.

  • Mudah untuk melakukan pembelian dan penjualan

Bank saat ini telah menjadi agen untuk sejumlah produk keuangan. Alasannya, bank memiliki database nasabah yang cukup besar.Karena menjadi tempat untuk mendapatkan produk keuangan, fasilitas yang dimiliki bank udah cukup memadai dan bisa melayani sejumlah produk keuangan dari bank.

Dengan sejumlah infrastruktur yang kuat dan mumpuni, bank pun bisa secara real time melayani nasabah yang berencana untuk membeli produk keuangan.

  • Kantor cabang mudah dijangkau

Kantor cabang bank BCA lebih banyak tersedia dibandingkan lembaga keuangan lain. Jika ingin memilih atau membeli produk keuangan, langsung datang ke kantor cabang bank.

Untuk berbicara kepada tenaga ahli pemasaran yang biasanya berada di lokasi ataupun bisa bertemu langsung dengan customer service yang pasti akan mengenal produk keuangan yang ditawarkan kepada nasabahnya.  Nantinya  akan membahas simulasi investasi yang dipilih nasabah.

Berikut beberapa pilihan cara menabung saham di bank BCA :

1. Datang langsung ke kantor cabang

Mendatangi kantor cabang membantu kamu untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh dari petugas bank terkait pilihan produk investasi yang kita pilih.

Sebab kita langsung bisa menanyakan kepada tenaga penjual atau customer service bank terkait produk yang dipilih. Kamu bisa langsung dibuatkan simulasi dan mengetahui risiko serta benefit atas produk yang kamu beli secara jernih.

Dokumen telah disiapkan bank sehingga kita hanya perlu melengkapinya dengan identitas. Selanjutnya  dokumen akan dinyatakan lengkap, produk investasi tersebut bisa dimiliki secara langsung.

2. Lewat mobile banking

Di zaman sekarang ini hampir setiap bank telah memiliki aplikasi yang bisa di-download di Play Store. Lewat mobile banking, kamu bisa membeli produk investasi di bank secara real time tanpa perlu harus ke kantor bank tersebut.

Tinggal transfer ke rekening dan menunggu notifikasi masuk yang menandakan kamu telah membeli produk tersebut.

3. Website bank BCA

Website bank merupakan sebuah jendela nasabahnya untuk membeli produk keuangan. Jadi, jangan ragu untuk membelinya dari website, apalagi di website tersedia penjelasan lengkap tentang produk keuangan atau investasi yang hendak kita beli.

Jika ingin mendapat detail tentang produk tersebut kita tinggal mengajukan pertanyaan lewat online chat yang terhubung dengan customer service secara langsung.

Demikian pilihan cara menabung saham di bank BCA yang bisa kamu gunakan sebagai pedoman untuk menabung di bank BCA, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *