Categories
Uncategorized

Cara menghemat listrik Rumah Tanpa Ribet

Di artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara menghemat listrik Rumah tanpa ribet. yuk simak ?

Pusing karena tiap bulan tagihan listrik membengkak? Jangan khawatir, Fren, sebab kini kamu sudah menemukan daftar solusi untuk menurunkan tagihan listrik PLN.

Caranya sederhana, kok, yaitu dengan sedikit mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan listrik dan mengikuti sejumlah tips dan trik berikut ini.

Tips Menghemat Listrik yang Mudah Dilakukan

1. Manfaatkan Listrik prabayar

Salah satu tips hemat listrik yang paling efektif adalah beralih ke listrik prabayar. Tidak perlu khawatir pemakaian berlebihan karena kamu sendiri yang menentukan seberapa besar pengeluaran listrik yang sesuai dengan kantongmu.

2. Gunakan Lampu LED

cara-menghemat-listrik

Pasti pernah dengar ‘kan tentang lampu LED? Lampu ini memang harganya lebih mahal di banding lampu biasa, tapi LED memiliki segudang keunggulan seperti hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakainya pun lebih panjang.

Jadi, ikuti tips cara menghemat listrik ini dan ganti bola lampu rumahmu dengan LED agar lebih hemat!

3. Gunakan AC Hemat listrik

Kalau memang kondisimu tidak memungkinkan untuk hidup tanpa pendingin udara, apalagi untuk kamu yang tinggal di kota beriklim tropis, Anda harus pintar-pintar memilih AC hemat listrik.

Kamu juga bisa sesuaikan kapasitas AC dengan besarnya ruangan. Pilih air conditioner terbaik dengan konsumsi rendah listrik agar tagihan listrik tidak jebol tanpa harus menderita panas-panasan di siang hari.

4. Manfaatkan Ventilasi udara

cara-menghemat-listrik

Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan efektifnya AC dalam melawan udara panas di negara tropis.

Tapi jika ingin hemat listrik, coba kalian lebih memanfaatkan penggunaan ventilasi udara.

Jika rumah kamu memang kekurangan ventilasi udara, coba perbanyak jendela dan kisi-kisi.

Selain rumah jadi lebih sejuk, kamu jadi lebih hemat listrik karena tidak terlalu sering menggunakan AC.

5. Cabut steker kabel jika tidak dipakai

Biasanya, orang lebih suka membiarkan steker tercolok selama 24 jam. Selain lebih mudah saat membutuhkan daya listrik, misalnya untuk mengisi ulang gadget, kita juga jadi lebih cepat dalam melakukan sesuatu.

Tapi sayangnya, kecepatan dan kenyamanan itu harus ditebus dengan tagihan listrik mahal.

Ya,  sebab steker yang tercolok itu teta mengkonsumsi listrik lho meskipun tidak tersambung ke perangkat lain seperti televisi, hape, laptop dan lain sebagainya.

Tips hemat listrik selanjutnya adalah dengan cabut steker saat tidak dipakai. Selain hemat listrik, mencabut steker juga mencegah korsleting.

6. Kurangi pemakaian alat elektronik di malam hari

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik.

Seperti kamu yang recharge tenaga pada malam hari, penggunaan listrik juga perlu diistirahatkan. Dan juga seperti anda menghidupkan Kulkas setiap hari untuk Cara membuat es lilin itu juga sangat bors listrik.

Selain untuk hemat listrik, tips ini juga sekalian untuk memaksimalkan istirahat pada malam hari.

7. Gunakan TV dan Monitor LED

Televisi dan Monitor LED terbukti lebih hemat listrik dibanding layar yang memiliki blok belakang.

Selain itu, display dari layar LED juga jauh lebih jelas dan nyaman dilihat dibanding model-model lama.

Sama hal nya dengan lampu LED, membeli TV dan monitor LED memang lebih mahal, tapi ini adalah sebuah langkah investasi untuk menekan tagihan listrik

Memakai fasilitas AC untuk menumpas panas siang hari memang hal kesukaan banyak orang, tapi demi menghemat listrik, coba sesekali manfaatkan ventilasi udara untuk sejukkan ruangan.

Dengan ini, kamu hemat listrik dan mempromosikan pergantian udara yang bermanfaat bagi saluran pernapasan juga.

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan hemat listrik. Mematikan listrik pada malam hari seperti kipas, lampu, atau TV sudah lebih dari cukup untuk melengkapi misi hemat listrik-mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *