Categories
Uncategorized

Cara Pembuatan Kompos Organik

Cara Pembuatan Kompos Organik adalah suatu jenis pupuk yang sudah dibuat dengan cara mendaur ulang dari sebuah sampah. Misalnya, sampah dari makanan atau sampah organik yang lainnya. Dari beberapa cara membuat pupuk dari kompos, metode yang ini cukup mudah adalah dengan menggunakan cara aerobik atau menggunakan sebuah oksigen.

Saat kita buang, sampah organik menghasilkan sebuah gas seperti gas metana yang sangat berpotensi menjadi sebuah gas rumah yang ternuat dari sebuah kaca. Hal ini bisa kitaa hindari dengan sebuah mengolahnya menjadi suatu pupuk yang organik. Membuat sebuah pupuk organik ini sendiri bisa mengurangi 25% hingga 50% dari sampah organik kita sehingga sebuah produksi gas metana pun bisa sangat berkurang sangat pesat.

Pupuk kompos ini sangat berguna untuk menambah sebuah zat organik yang ada didalam sebuah  tanah sehingga sebuah tanaman bisa tumbuh dengan baik dan lebih subur. Selain dari pada itu, pupuk kompos juga bisa sangat menyeimbangkan sebuah pH yang terdapat di dalam sebuah tanah, mengontrol sebuah suhuyang ada didalam  tanah, mengurangi erosi dari  tanah, dan membantu sebuah tanaman dalam menyerap sebuah nutrisi yang ada di sekitarnya dengan lebih sangat maksimal.

Cara Pembuatan Kompos Organik adalah suatu jenis pupuk yang sudah dibuat dengan cara mendaur ulang dari sebuah sampah. Selain dari pada  itu, kita dapat membuat sebuah pupuk kompos sendiri dan kita juga bisa membuat kita menghemat uang. kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah pupuk dari sebuah toko supaya tanaman kalian bisa tumbuh dengan baik dan subur. Berikut ini ada sebuah cara untuk membuat sebuah pupuk kompos yang bisa kalian  coba.

Siapkan Sebuah Wadah

Membuat sebuah pupuk kompos bisa kita mulai dengan menyiapkan sebuah wadah seperti ember tong dan lain lain. Gunakan sebuah wadah itu sebagai suatu tempat penampungan sebuah sampah-sampah yang organik. Seperti, kulit dari buah, sayuran yang sudah membusuk, kulit dari telur, bubuk dari kopi, bubuk dari teh, dan lain-lain. Lebih baiknya, siapkanlah dua wadah atau lebig untuk digunakan sebagai tempat suatu sampah organik. Tujuannya adalah supaya saat salah satu wadah telah terisi dengan penuh, kita masih memiliki wadah lain

Tambahkan sebuah daun kering

Jika telah menempatkan semua sampah organik, kalian bisa menambahkan sebuah daun-daun yang kering kedalam suatu wadah.

Masukkan suatu mikroba

Cara membuat sebuah pupuk kompos selanjutnya ialah dengan memasukkan suatu mikroba untuk mengurai semua sampah. Ada banyak hal yang bisa kalian gunakan sebagai sumber suatu mikroba, seperti sebuah kompos setengah jadi, kotoran dari  sapi, atau mentega susu

Libatkan oksigen

Salah satu keuntungan dari  pupuk kompos yang dibuat secara aerobik ialah kita bisa mengatur seluruh bau busuk yang akan keluar dari sebuah sampah yang organik. Ada dua cara yang bisa kita lakukan. Pertama, berilah beberapa lubang untuk wadah sampah organik. Kedua, aduklah sampah dalam suatu wadah sekali tiap empat hari sekali. Kalau sudah melakukan semua cara dalam membuat pupuk kompos di atas, pupuk baru bisa jadi setelah kurang lebih 40sampai 45 hari. kita hanya perlu menjaga suatu kelembaban atau terus menumpuk sebausampah dengan sampah organik baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *