Categories
Uncategorized

Fungsi Pemasaran Online Untuk Perkembangan Bisnis

fungsi pemasaran online

Fungsi pemasaran online antara lain adalah mengetahui dan mengartikan pelanggan sedemikian rupa sehingga produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas beberapa tujuan dan fungsi pemasaran dalam bisnis.

1. Memahami Pasar Dan Konsumen

Tujuan utama fungsi pemasaran online  yang harus dicapai adalah memiliki pemahaman mengenai pasar dan konsumen yang menjadi target pasar. Selain itu perlunya memahami peta persaingan, kebutuhan, selera dan keinginan pasar serta memahami kondisi dari pasar termasuk daya beli.

2. Membentuk Produk Sesuai Dengan Pasar

fungsi pemasaran online yang kedua ini adalah hasil kesinambungan dari tujuan pemasaran yang di atas, yaitu memahami pasar. Dari pemahaman pasar inilah, pemasaran dapat membantu perusahaan pada bagian perancangan produk dan bagian produksi untuk menghasilkan produk sesuai hasil riset.

3. Membangun Popularitas Produk

Promosi online  dalam bisnis bertujuan untuk mendorong produk untuk terkenal dan populer di pasar. Jika produk tersebut sudah populer maka akan dengan sendirinya akan mendorong pasar untuk tergerak membelinya. Salah satu cara klasik mendongkrak popularitas yaitu memasang iklan.

4. Mencapai Citra Yang Ingin Dibentuk

Salah satu tujuan pemasaran online lainnya adalah pencitraan. Contohnya,  produk kecantikan wajah harus mencitrakan kecantikan. Pencitraan dapat dibentuk menggunakan tokoh idola sebagai Brand Image. Selain itu, dapat pula mengadakan propaganda melalui event,iklan maupun konten.

5.Penjualan/Menciptakan Pembelian

Penjualan merupakan target utama dari tujuan pemasaran online. Setiap bagian dari tim pemasaran bergerak bersama untuk meningkatkan tingkat penjualan.

Pada umumnya, perusahaan akan menentukan target penjualan dan total permintaan yang diharapkan. Target target inilah yang kemudian menjadi  rujukan dalam pencapaian bagian pemasaran setiap tahun.

6. Kepuasan Konsumen

Tingginya tingkat penjualan yang terjadi hanya akan menjadi keuntungan sesaat jika tidak terjadi kepuasan pelanggan. Untuk setiap penjualan diharapkan ada feedback yang bisa jadi nilai lebih dari penjualan. Pencapaian tertinggi dari sebuah pemasaran adalah ketika konsumen merasa puas dan menjadi setia terhadap produk perusahaan.

Itulah beberapa tujuan dan fungsi pemasaran online dalam bisnis yang dapat menjadi target setiap tenaga pemasar dalam perusahaan. Pencapaian terbaik dari pemasaran akan berperan besar dalam meningkatnya perkembangan kemajuan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *