Manfaat Bawang Kucai yang Belum Diketahui Banyak Orang

Kucai merupakan salah satu bawang merah yang sering digunakan namun manfaatnya banyak orang yang belum mengetahui tentang bawang merah ini.

Daun kucai atau yang juga dikenal dengan kucai memiliki nama latin Allium tuberosum yang biasa dikenal dengan sayur daun. Kucai jarang digunakan dalam masakan Indonesia.

Bawang Kucai lebih banyak digunakan dalam masakan Cina dan Jepang seperti bubur ayam dan isian Jiaozi.

Berbicara tentang kucai, kita tidak akan lepas dari manfaat kucai bagi kesehatan, dimana kucai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bawang Kucai

Perbedaan Bawang Kucai dan Daun Bawang

Banyak orang sulit membedakan antara daun kucai dan daun bawang karena keduanya sama-sama berukuran panjang dan berwarna hijau. Meski sulit dibedakan, sebenarnya Anda bisa loh membedakan daun onion dan kucai dengan mata telanjang.

Berikut perbedaan keduanya yang perlu Anda ketahui:

  • Pertama, kucai memiliki daun yang lebih kecil jika dibanding dengan daun bawang.
  • Kedua, daun kucai cenderung lebih tipis ketimbang daun bawang. Selain lebih padat, daun bawang umumnya memiliki rongga yang lebih besar.
  • Ketiga, seluruh permukaan kucai dari ujung ke ujung berwarna hijau pekat. Sementara pada daun bawang, bagian bawah hingga akarnya berwarna putih.

Manfaat Tersembunyi

Menurunkan Berat Badan

Kucai bermanfaat untuk menurunkan berat badan, makanan ini banyak dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan diet. Kucai mengandung antioksidan, serat, vitamin, kalsium dan mineral yang baik untuk kesehatan Anda.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kucai mengandung allicin, seperti bawang putih dan kucai. Allicin dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini juga berguna untuk menghilangkan bakteri dan jamur di saluran usus.

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 200 gram kucai segar rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas, kemudian minum air rebusan tersebut 3 kali sehari setelah makan.

Mencegah Sembelit

Bawang kucai kaya akan serat makanan yang membantu meningkatkan pencernaan. Serat pada kucai bisa meredakan sembelit.

Mencegah Kanker

Flavonoid dan sulfur yang ditemukan dalam bawang kucai dapat mencegah beberapa jenis kanker. Seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker perut. Kucai dapat melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker

Mengatasi Masalah Kulit

Kucai memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk mengobati infeksi kulit. Gunakan daun bawang saat mengaplikasikan lotion, scrab dan luka. Kucai juga dapat membunuh bakteri dan jamur saat kulit Anda memar.

Membantu Mencegah Jerawat

Beta karoten yang terdapat pada daun bawang bermanfaat untuk membersihkan kulit, sehingga kulit bebas dari jerawat. Asupan kucai secara teratur dapat mencerahkan kulit.

Mencegah Rambut Rusak

Kucai memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Daun bawang digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut, karena mereka dikenal untuk menghentikan kerontokan rambut.

Mengatasi Sakit Punggung dan Peredaran Darah

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 100 g kucai dan 50 g jahe yang dijadikan jus, kemudian peras dan ambil airnya. Setelah itu campurkan jus dengan 250 cc susu sapi segar dan madu secukupnya, lalu rebus dengan api sedang hingga mendidih dan diminum selagi hangat sebelum dimakan.

Mengobati Sering Buang Air Kecil

Cara menggunakannya dengan menyiapkan buah delima dan kucai secukupnya sampai mendidih dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa setengahnya, setelah dingin minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Sekarang kamu sudah mengetahui manfaat dari Bawang Kucai ini, jadi mulai sekarang yuk kita coba lebih sering mengonsumsinya.

Kucai adalah tanaman herbal yang masuk dalam keluarga bawang (allium). Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini dengan sebutan ‘daun kucai’ atau ‘bawang kucai’. Biasanya, irisan daun ini digunakan sebagai pelengkap (garnish) pada bubur ayam atau campuran isi lumpia.

Tanaman yang memiliki latin Allium tuberosum ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan. Termasuk salah satunya dipercaya membantu melawan sel kanker. Namun, benarkah klaim satu ini? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Jangan Lupa Membaca Artikel Tentang Mesin Pengupas Bawang yang bisa membuat bawang goreng dan jangan lupa untuk membeli mesin untuk usaha anda di GrosirMesin disana juga mempunya barang untuk membuat usaha anda bagus.