Categories
Uncategorized

Marketing Jualan Online Untuk Para Pengusaha Kuliner

marketing jualan online

Marketing Jualan online dalam Bisnis kuliner menjadi sebuah bisnis yang tidak akan mati, karena makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Namun, saat ini banyak bisnis kuliner yang menjual makanan dan minuman yang serupa dan membuat persaingan yang sangat ketat. Sehingga dibutuhkan sebuah cara pemasaran bisnis yang tepat.

Salah satu cara pemasaran tepat yaitu melalui jalur online. Saat melakukan marketing jualan  online, juga dibutuhkan strategi yang tepat agar bisnis kuliner kamu dikenal oleh banyak orang dan lebih unggul dibanding kompetitor.

Berikut  strategi marketing jualan online untuk bisnis kuliner:

1. Membuat Website

Membuat website adalah salah satu media pemasaran yang efektif untuk sebuah bisnis, termasuk bisnis kuliner. Dengan website, kamu dapat menampilkan informasi yang lebih lengkap dibandingkan media lainnya.

Website juga dapat meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) calon klien terhadap bisnis. Website juga akan menjadi media promosi online selama 24 jam, sehingga memungkinkan kamu untuk mencapai target pasar yang lebih luas.

Oleh karena itu, membuat website untuk bisnis kuliner menjadi salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan.

2. Lakukan Social Media Marketing

Mengingat banyaknya pengguna media sosial saat ini, marketing jualan online dengan sosmed juga merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu.

Media sosial terdiri dari berbagai jenis platform, seperti Instagram, Facebook, atau Youtube. Kamu dapat menggunakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh target klien kamu.

Jika target klien kamu memiliki umur yang relatif lebih muda, maka kamu dapat menggunakan platform Instagram, namun jika target klien berasal dari kalangan yang relatif lebih tua, maka Facebook merupakan media sosial yang tepat untuk kamu gunakan.

Saat melakukan media sosial marketing, ada 7 tips yang wajib kamu ketahui:

  • Riset klien terlebih dahulu.
  • Buat goals atau tujuan yang jelas.
  • Analisis Kompetitor.
  • Buat konten yang relevan dan menarik.
  • Tentukan waktu posting yang tepat.
  • Manfaatkan ads.
  • Dan lakukan evaluasi.

Baca juga: Cara memasarkan produk secara Online

3. Buat Google Ads

Google Ads bisa juga disebut dengan PPC atau Pay-per-Click marketing. Google Ads adalah program periklanan yang dibuat oleh Google.

Saat melakukan Google Ads, kamu akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Karena kamu akan dikenai biaya jika iklan kamu di klik oleh pengunjung website.

Namun, Google Ads juga memiliki beberapa keunggulan:

  • Membantu meningkatkan trafik website.
  • Mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan target bisnis kamu.
  • Menaikkan reputasi website.
  • Serta meningkatkan omset penjualan lebih.

 

4. Daftarkan Bisnis Kuliner ke Ojek Online

Selain sebagai salah satu bisnis transportasi online atau ojek online (ojol), kehadiran ojek online sangat membantu para pebisnis kuliner untuk mempromosikan bisnisnya.

Mendaftarkan bisnis kuliner kamu pada perusahaan ojek online akan memberikan dampak yang positif untuk bisnis kuliner. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak calon klien, serta meningkatkan pendapatan bisnis.

Untuk mendaftarkan bisnis pada ojek online, ada beberapa perusahaan ojek online terkenal yang bisa kamu gunakan, seperti gojek atau grab.

5. Buat Program Promo di Momen Tertentu

Pada momen-momen tertentu, sebagian orang akan berbelanja makanan atau minuman lebih banyak dari sebelumnya. Misalnya pada momen hari raya idul fitri, hari raya natal, hari buruh, hari pancasila, dan sebagainya.

Di momen seperti ini menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan lebih banyak klien. Kamu bisa membuat berbagai promo yang menarik perhatian banyak orang. Seperti memberikan harga diskon atau cashback.

 

6. Menggunakan Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan sebuah strategi marketing jualan online produk dengan memanfaatkan seorang influencer. Seorang influencer bisa berupa seorang artis, selebgram, youtuber atau blogger.

Mereka memiliki banyak follower di akun media sosialnya, Mereka juga sangat dipercayai oleh follower mereka, sehingga produk atau jasa yang mereka gunakan bisa mempengaruhi para follower mereka untuk mencoba dan membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, memanfaatkan influencer untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu akan membuat bisnis kamu dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan lebih banyak calon klien.

 

7. Buat Foto yang Menarik

Foto merupakan salah satu jenis konten yang menarik perhatian para pengunjung. Baik pengunjung website maupun media sosial yang kamu gunakan.

Dengan gambar atau foto makanan atau minuman yang menarik, mereka juga akan tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, ketika mengunggah foto di website atau media sosial, unggahlah foto yang menarik.

Berikut tips membuat foto:

  • Gunakan device dengan spesifikasi kamera yang bagus untuk pengambilan foto, bisa menggunakan kamera DSLR, kamera mirrorless, atau kamera handphone.
  • Matikan on camera flash kamu.
  • Pertahankan warna makanan atau minuman agar terlihat natural.
  • Atur pencahayaan yang bagus dan terang.
  • Gunakan bahan dasar untuk memberikan kesan yang lebih indah.
  • Edit hasil foto menggunakan berbagai aplikasi seperti adobe photoshop, adobe lightroom, adobe premiere pro, dan lain-lain.

Dibawah ini salah satu contoh minuman yang menggunakan bahan dasar sehingga hasil foto lebih indah dan menarik:

 

itulah  strategi yang bisa kamu lakukan ketika mempromosikan bisnis kuliner kamu. Lakukan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *