Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka Setara Restoran

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai  cara membuat sayur lodeh nangka buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep lodeh tewel yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, lodeh tewel ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk lodeh tewel ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka

cara membuat sayur lodeh nangka

1. Resep Lodeh Nangka Kemangi

Bahan – Bahan :

  • 1/2 bagian buah nangka muda
  • tetelan sapi
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 ruas batang sereh(geprek)
  • 3 cm lengkuas
  • 2 1/2 sachet santan bubuk(opsional mau brp bngkus silahkan)
  • 1 sdt garam(opsional)
  • 1/2 sdt gula(opsional)
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 2 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe merah kecil

Cara Membuat Nangka Muda Kemangi :

  1. Potong buah nangka muda sesuai selera lalu cuci bersih,potong2 juga tetelan sapi dan bersihkan dgn air mengalir,

  2. Lalu rebus nangka muda sampai matang/ empuk.

  3. Sambil menunggu nangka nya matang, halus kan semua bumbu(diblender bisa di uleg juga boleh).

  4. nangka empuk angkat dan tiriskan. lalu gongso/tumis bumbu yg sudah halus tadi lalu masukan daun salam,daun jeruk,sereh,lengkuas tumis hingga harum.

  5. bumbu harum masuk kan tetelan sapi oseng2 sebentar dan beri air secukupnya ya untuk kuah nya,beri garam dan gula secukupnya dan tunggu sampai mendidih

  6. Setelah mendidih masukan santan bubuk dan aduk2 agar tdk menggumpal dan masukan nangka muda tadi, aduk2 hingga mendidih lagi, setelah itu beri daun kemangi lalu aduk dan angkat.

     

2. Resep Lodeh Nangka Surabaya

Bahan – Bahan :

  • 1/4 bagian nangka muda
  • 5 buah Kacang panjang
  • Terong 1 buah (ada sisa d kulkas drpd mubadzir)
  • Lombok ijo+ale
  • 2-3 cm Laos
  • 2 lembar Daun salam
  • Daun jeruk 5 lembar (bisa d haluskan/d cemplung lgsg)
  • Santan (d kira” aja selera kekentalannya)
  • Daging/tetelan/ceker (sebagai kaldu/optional)
  • 5 siung Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 2 buah Cabe merah
  • Cabe kecil 10 buah/sesuai selera kepedasan
  • 4-5 butir Kemiri
  • Kencur (sedikit aja)
  • 1 sdm Ketumbar
  • 1 sdt terasi

Cara Membuat Nangka Muda Surabaya :

  1. Siangi semua sayuran, sisihkan.

  2. Rebus nangka muda, lalu buang rebusan pertama (untuk menghilangkan getah)

  3. Rebus kembali bersama daging/ceker, bumbu halus (boleh d tumis dl, tp saya lgsg cemplung)

  4. Lalu masukkan cabe hijau yang sudah dipotong”, ale, laos, salam, daun jeruk

  5. Setelah mendidih, masukkan santan, aduk rata hingga mendidih kembali.

  6. Matikan kompor & siap dihidangkan.

     

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat lodeh tewel yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jenang Abang Camilan Yang Mengandung Banyak Filosofi

Camilan Jenang bukan hanya sekedar makanan khas tradisional  yang digemari oleh masyarakat Jawa. Lebih dari pada itu, jenang rupanya memiliki makna filosofis dan simbol-simbol yang diyakini oleh orang Jawa. Selain sebagai perwujutan rasa syukur kepada-Nya, jenang juga dijadikan simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat masyarakat Jawa. Berbagai macam jenis simbol antar jenang satu dengan lainnya berbeda-beda mengingat ada banyak jenis jenang yang terkenal di Pulau Jawa.

Jenang Abang

cara membuat jenang abang

Jenang abang atau merah yang biasanya juga disebut jenang sengkala. Jenang satu ini sekilas sama dengan jenang sumsum yaitu berwarna putih yang dicampur dengan gula merah dan terkadang dengan parutan kelapa di atasnya. Dalam acara-acara adat seperti penyambutan tahun baru pada kalender Jawa atau yang sering disebut dengan suro ini selalu menghadirkan jenang abang sebagai makanan pelengkap dan menjadi makanan khas yang selalu disajikan. Jenang ini memiliki simbol atau makna rasa syukur kepada Tuhan akan datangnya bulan baru dan juga sebagai ungkapan doa penyerahan diri kepada Tuhan untuk memohon keselamatan dan keberkahan pada tahun baru.

Filosofi Jenang Abang / Jenang Sengkala

Membuang Kesialan

Secara sederhana, Jenang Abang /Bubur Sengkolo dipercaya masyarakat Jawa bisa menghindarkan manusia dari kesialan atau sebagai penolak bala. Jenang Abang biasanya disuguhkan dalam acara adat seperti selametan ketika ada bayi baru lahir, acara pernikahan, musim panen, musim tanam, pendirian rumah, dan lain sebagainya.

Ketika agama islam mulai masuk ke nusantara, nilai-nilai agama kemudian mulai masuk dalam acara selametan masyarakat Jawa. Jenang Abang atau Bubur Sengkolo menjadi simbol doa kepada Tuhan yang Maha Esa. Jenang yang dibagi-bagikan kepada tetangga, teman dan sanak saudara juga dimaknai sebagai amal sosial.

Kesungguhan Harapan

Masyarakat Jawa percaya apabila dalam pelaksanaannya doa tidak hanya dipanjatkan begitu saja. Ada beragam sesaji yang disiapkan sebagai bentuk kesungguhan doa.

Jenang Abang / Bubur Sengkolo merupakan salah satu camilan makanan yang cukup sering digunakan dalam acara adat selametan masyarakat Jawa.

Dalam agama islam, Jenang Abang termasuk doa bil isyaroh. Doa yang dalam aplikasinya direalisasikan melalui perlambang. Tujuannya ialah untuk menguatkan doa yang dipanjatkan sehingga kemungkinan terkabul lebih besar.

Dimensi Sosial Doa

Selametan di dalam tradisi Jawa yang biasa menyediakan Jenang Abang menjadi bentuk kesungguhan manusia dalam mengharap kebaikan dari Tuhan. Selain itu sekaligus sebagai wujud terciptanya dimensi sosial doa.

Dalam acara selametan pada tradisi masyarakat Jawa, sanak saudara dan para tetangga mereka berkumpul untuk mendoakan hal-hal baik bagi yang punya hajat. Kesempatan itu menjadi perekat silaturahmi sekaligus kesempatan untuk berbagi nikmat rezeki yang diperoleh si empunya hajat.

Membuat Jenang cukup mudah dalam proses pengolahannya. Resep dan cara membuat jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol agar. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Dalam cara membuat jenang abang untuk mendapatkan hasil jenang yang manis, gurih, lembut dan juga lumer ada beberapa trik yang dapat kita lakukan. Untuk mendapatkan hasil jenang yang sesuai dengan harapan yaitu yang lembut dan lumer berikut ini tips dan triknya

Tips Membuat Jenang Abang yang Lembut dan Lumer

cara membuat jenang abang

Dalam membuat bubur merah yang lembut, ada beberapa tips yang perlu kalian ikuti. Yuk, kita simak di bawah ini tipsnya agar nanti bubur yang kita buat bisa sempurna.

Pemilihan dan Pencucian Beras

Beras yang digunakan sebaiknya yang memiliki bulir bagus dan tidak pecah-pecah. Setelah mendapatkan beras dengan kulitas yang bagus, beras perlu dicuci terlebih dahulu, kemudian direndam minimal 2 jam sebelum nantinya diolah. Kenapa harus direndam? Agar nanti ketika dimasak cepat lunak.

Perbandingan 1:5

Kalau mau memasak 1 liter beras, gunakan 5 liter air. Ingat-ingat perbandingannya, yaitu 1:5. Jadi kalau mau memasak 2 liter beras, air yang dibutuhkan adalah 10 liter. Bubur yang dimasak nantinya akan menyerap banyak air, jadi air yang dibutuhkan pasti lebih banyak.

Masak dengan Api Sedang

Agar semua bahan (seperti gula merah, santan, dan garam) terserap dengan baik, maka gunakan api sedang ketika memasaknya. Jangan lupa untuk diaduk setiap 5-19 menit. Pengadukan ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pemecahan bulir beras. Selain itu, agar proses penyerapan air dan santan lebih merata.

Gunakan Sendok atau Spatula Kayu

Biar tidak menimbulkan kerak, gunakan sendok atau spatula berbahan kayu untuk mengaduknya.

Siapkan Air Panas Cadangan

Bubur sudah meletup tapi sepertinya belum matang sempurna? Coba tambahkan air panas. Tujuannya agar kekentalan bubur tetap terjaga dan nantinya bisa matang merata.

Jika kalian berminat ingin mengetahui Cara Membuat Jenang Abang, berikut saya paparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Jenang Abang yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep dan Cara Membuat Jenang Abang

cara membuat jenang abang

Resep Jenang Abang

Bahan-bahan :

  • 250 gram beras
  • 200 gram gula merah atau gula Jawa
  • 100 ml air
  • 1,5 liter santan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt kapur sirih

Cara Membuat Jenang Abang :

  1. Langkah Cuci bersih beras, lalu rendam beras di dalam air selama 2-3 jam. Kemudian tiriskan sebentar.
  2. Setelah itu, masukkan ke wadah besar. Tambahkan santan, daun pandan dan garam. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
  3. Sambil terus diaduk, masukkan gula pasir. Masak sampai bubur halus, kental dan meletup-letup ya.
  4. Untuk membuat bubur warna merah, larutkan gula ke dalam 100 ml air. Setelah itu, masukkan larutan gula ke dalam bubur dan kapur sirih. Aduk hingga rata dan meletup-letup, matikan api.
  5. Siapkan mangkuk, ambil bubur merah, sajikan sajian bubur merah. Jangan lupa letakkan daun pandan di atasnya untuk hiasan.

Resep jenang abang yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga berhasil membuatnya di rumah.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Cara Membuat Jenang Abang Camilan Yang Mengandung Banyak Filosofi. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman mu ya !.

Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !

Categories
Uncategorized

Cara menghemat listrik Rumah Tanpa Ribet

Di artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara menghemat listrik Rumah tanpa ribet. yuk simak ?

Pusing karena tiap bulan tagihan listrik membengkak? Jangan khawatir, Fren, sebab kini kamu sudah menemukan daftar solusi untuk menurunkan tagihan listrik PLN.

Caranya sederhana, kok, yaitu dengan sedikit mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan listrik dan mengikuti sejumlah tips dan trik berikut ini.

Tips Menghemat Listrik yang Mudah Dilakukan

1. Manfaatkan Listrik prabayar

Salah satu tips hemat listrik yang paling efektif adalah beralih ke listrik prabayar. Tidak perlu khawatir pemakaian berlebihan karena kamu sendiri yang menentukan seberapa besar pengeluaran listrik yang sesuai dengan kantongmu.

2. Gunakan Lampu LED

cara-menghemat-listrik

Pasti pernah dengar ‘kan tentang lampu LED? Lampu ini memang harganya lebih mahal di banding lampu biasa, tapi LED memiliki segudang keunggulan seperti hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakainya pun lebih panjang.

Jadi, ikuti tips cara menghemat listrik ini dan ganti bola lampu rumahmu dengan LED agar lebih hemat!

3. Gunakan AC Hemat listrik

Kalau memang kondisimu tidak memungkinkan untuk hidup tanpa pendingin udara, apalagi untuk kamu yang tinggal di kota beriklim tropis, Anda harus pintar-pintar memilih AC hemat listrik.

Kamu juga bisa sesuaikan kapasitas AC dengan besarnya ruangan. Pilih air conditioner terbaik dengan konsumsi rendah listrik agar tagihan listrik tidak jebol tanpa harus menderita panas-panasan di siang hari.

4. Manfaatkan Ventilasi udara

cara-menghemat-listrik

Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan efektifnya AC dalam melawan udara panas di negara tropis.

Tapi jika ingin hemat listrik, coba kalian lebih memanfaatkan penggunaan ventilasi udara.

Jika rumah kamu memang kekurangan ventilasi udara, coba perbanyak jendela dan kisi-kisi.

Selain rumah jadi lebih sejuk, kamu jadi lebih hemat listrik karena tidak terlalu sering menggunakan AC.

5. Cabut steker kabel jika tidak dipakai

Biasanya, orang lebih suka membiarkan steker tercolok selama 24 jam. Selain lebih mudah saat membutuhkan daya listrik, misalnya untuk mengisi ulang gadget, kita juga jadi lebih cepat dalam melakukan sesuatu.

Tapi sayangnya, kecepatan dan kenyamanan itu harus ditebus dengan tagihan listrik mahal.

Ya,  sebab steker yang tercolok itu teta mengkonsumsi listrik lho meskipun tidak tersambung ke perangkat lain seperti televisi, hape, laptop dan lain sebagainya.

Tips hemat listrik selanjutnya adalah dengan cabut steker saat tidak dipakai. Selain hemat listrik, mencabut steker juga mencegah korsleting.

6. Kurangi pemakaian alat elektronik di malam hari

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik.

Seperti kamu yang recharge tenaga pada malam hari, penggunaan listrik juga perlu diistirahatkan.

Selain untuk hemat listrik, tips ini juga sekalian untuk memaksimalkan istirahat pada malam hari.

7. Gunakan TV dan Monitor LED

Televisi dan Monitor LED terbukti lebih hemat listrik dibanding layar yang memiliki blok belakang.

Selain itu, display dari layar LED juga jauh lebih jelas dan nyaman dilihat dibanding model-model lama.

Sama hal nya dengan lampu LED, membeli TV dan monitor LED memang lebih mahal, tapi ini adalah sebuah langkah investasi untuk menekan tagihan listrik

Memakai fasilitas AC untuk menumpas panas siang hari memang hal kesukaan banyak orang, tapi demi menghemat listrik, coba sesekali manfaatkan ventilasi udara untuk sejukkan ruangan.

Dengan ini, kamu hemat listrik dan mempromosikan pergantian udara yang bermanfaat bagi saluran pernapasan juga.

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan hemat listrik. Mematikan listrik pada malam hari seperti kipas, lampu, atau TV sudah lebih dari cukup untuk melengkapi misi hemat listrik-mu.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Sarden Pindang Yang Lezat dan Bikin Nagih

Cara Membuat Sarden Pindang Yang Lezat dan Bikin Nagih – Makanan ini memang sangat cocok untuk disajikan sebagai lauk utama yang begitu lezat. Selain itu ada juga Pindang Bumbu Sarden Bikin Ketagihan. Makanan yang satu ini biasa dinikmati ketika sedang makan siang supaya dapat menambah semangat dalam menjalankan aktivitas.

Makanan ini memiliki sedikit kuah yang memiliki aroma sedap sehingga memang sangat cocok jika makanan ini banyak meraik perhatian semua orang termasuk keluarga anda. Silahkan anda coba resep masakan berbahan dasar ikan yang satu ini. Nah, apa saja sih manfaat ikan pindang?

Manfaat Ikan Pindang Bumbu Sarden

1. Mencegah depresi dan meminimalisir lelah

Kandungan protein banyak terdapat di dalam daging, ayam dan ikan. Salah satunya yaitu pada ikan pindang ini. Di mana kandungan ini dipercaya dapat mencegah depresi, terutama pada ibu hamil yang sering kali mood nya tak terkontrol. Selain itu protein juga dapat membantu mengurangi resiko kelelahan.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Asam omega 3 dan niacin termasuk beberapa kandungan yang ada di dalam ikan ini. Niacin tersebut termasuk salah satu nutrisi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia yang sering menyerang akibat pertambahan usia. Sedangkan asam omega 3 sendiri diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

3. Pindang Bumbu Sarden Dapat Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Asam omega 3 yang ada di dalam ikan tongkol bukan hanya bagus untuk fungsi otak, tapi juga dapat membantu mencegah dan menstabilkan tekanan darah tinggi. Kandungan ini pun dapat membantu mencegah risiko serangan jantung.

4. Pindang Bumbu Sarden Juga Bagus Untuk Sistem Pencernaan

Ikan pindang termasuk salah satu ikan yang kaya akan serat. Sehingga ikan pindang termasuk salah satu makanan yang bagus untuk sistem pencernaan, baik berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah gangguan pencernaan.

5. Pindang Bumbu Sarden Dapat Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Ikan pindang juga memiliki banyak kandungan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk DNA, RNA serta reproduksi sel tubuh. Karena itu ikan pindang jika dikonsumsi secara rutin, bagus untuk kesehatan rambut dan kuku. Kandungan vitamin B kompleks tersebut dapat membantu mencegah kulit kering, kusam dan keriput. Kandungan tersebut juga mencegah rambut rontok serta kuku pecah.

 

Bumbu sarden memang sangat cocok dipadukan sebagai bumbu dasar untuk mengolah ikan. Salah satu jenis ikan yang dapat dipadukan dengan bumbu sarden adalah ikan tongkol sehingga dinamakan ikan tongkol bumbu sarden. Makanan ini mungkin sudah banyak terdapat dimana-mana namun masih banyak diantara anda yang belum pernah mencicipinya. Ikan tongkol sarden tentu merupakan salah satu jenis makanan sehat dan nikmat ketika disantap bersama keluarga.

Cara Memasak Pindang Sarden ala Resto

Bahan – bahan :

  • ikan tongkol segar 350 gr
  • saus tomat 50 gr
  • saus tiram 3 sendok makan
  • tomat merah 2 buah ( potong-potong )
  • kecap manis 2 sendok makan
  • minyak goreng 4 sendok makan, jangan sampai mencoba dengan minyak atsiri yang terbuat dari alat destilasi minyak atsiri karena itu berbahaya untuk dikonsumsi.
  • daun jeruk 2 lembar
  • daun salam 2 lembar
  • gula pasir 1 sendok makan
  • garam 1 sendok teh
  • merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Cabe rawit hijau 10 buah ( potong-potong )
  • bawang bombay 1/2 buah ( potong memanjang )
  • bawang putih 4 siung ( iris tipis )
  • air secukupnya

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Sarden Untuk Rumahan :

  1. Potong-potong ikan tongkol dengan ukuran sesuai selera
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  3. Masukkan potongan tomat dan cabe rawit kedalamnya bersama daun jeruk dan daun salam
  4. Tuang air secukupnya lalu diamkan hingga mendidih
  5. Masukkan saus tiram dan saus tomat lalu tambahkan gula, garam, merica dan penyedap rasa
  6. Aduk hingga bumbu tercampur merata
  7. Masukkan potongan ikan tongkol yang sudah bersih kedalamnya
  8. Tunggu beberapa menit sambil sedikit diaduk dan tunggu sampai matang

Selamat mencoba Cara Membuat Sarden Pindang Yang Lezat dan Bikin Nagih dari kita yang cukup sederhana dan memiliki rasa yang sedap gurih ini. Semoga anda berhasil dalam proses pembuatannya. Sebelum ditutup artikelnya, udah tau belum Cara Masak Sayur Nangka Santan Yang Bikin Nagih, kalo belum tau cobain deh hehe Terimakasih 🙂

Categories
Uncategorized

Cara Masak Sayur Nangka Santan Yang Bikin Nagih

Cara Masak Sayur Nangka Santan Yang Bikin Nagih – Nangka muda merupakan buah yang digemari oleh masyarakat karena jika sudah matang buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang sangat harum.

Namun selain untuk dikonsumsi dalam keadaan matang, buah yang satu ini memang bisa dimanfaatkan ketika masih muda. Dimana nangka muda itu bisa diolah menjadi sayur, gulai atau tumis. Selain itu ada nih Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden Homemade yang harus kamu coba juga.

Nah, tidak dapat dipungkiri lagi kalo sayur nangka muda kuah santan merupakan salah satu jenis sayur nangka yang sangat diminati banyak orang. Santan yang digunakan ini menjadikan sayur terasa lebih gurih dan tentunya sangat bikin nagih. Selain itu, bumbu dan rempah yang digunakan juga akan membuat hidangan ini semakin nikmat dan lezat.

Cara membuat sayur nangka muda kuah santan ini sangat sederhana. Dan anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Bahan – bahan dan bumbu yang diperlukannya pun tidak sulit untuk di cari di sekitaran kita. Oleh karena itu tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk tidak membuat sayur yang satu ini. Nah, di bawah ini akan kita kasih tau resep dan cara membuat sayur nangka muda kuah santan yang bikin nagih.

BAHAN DAN BUMBU UNTUK MEMBUAT SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN YANG SEDERHANA

sayur nangka

BAHAN UTAMA SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN

BUMBU SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN

  • 4 sendok teh garam atau secukupnya
  • 1 sendok makan gula merah atau secukupnya
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah lengkuas

BUMBU YANG DIHALUSKAN

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Bahan Pelengkap
  • Bawang goreng

CARA MEMBUAT SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN YANG SEDERHANA

buah nangka

CARA MENYIAPKAN/MENGOLAH BAHAN DAN BUMBU SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN

  1. Apabila kalian sudah menyiapkan bahan dan bumbu seperti di atas, maka anda bisa langsung menyiapkan atau mengolah bahan dan bumbu tersebut. Dimana langkah pertama yaitu, potong nangka muda. Lalu cuci bersih nangka muda tersebut. Jika sudah rebus nangka muda tersebut samapi empuk.
  2. Kemudian, memarkan lengkuas dan batang serai.
  3. Haluskan semua bumbu halus yang telah anda siapkan. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau ditumbuk.

CARA MEMBUAT/MEMASAK SAYUR NANGKA MUDA KUAH SANTAN

  1. Apabila bahan dan bumbu telah siap seperti di atas, maka anda bisa meneruskan pada tahap memasak. pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu didihkan santan yang telah anda siapkan.
    Setelah itu masukan bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, lengkuas dan serai. Aduk perlahan hingga tercium harum dan santan mendidih.
  2. Setelah itu, masukan nangka muda yang telah direbus. Aduk sampai merata.
  3. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula merah. Aduk kembali sampai bumbu larut. Masak sampai semua bahan dan bumbu benar-benar meresap.
  4. Apabila telah matang, angkat dan sajikan pada wadah saji. Lalu taburi dengan bawang goreng.

Sayur nangka kuah santan telah selesai dibuat. Dan tentunya anda sudah bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat dengan lauk pelengkap sesuai yang anda inginkan. Resep Sayur Nangka Santan Spesial jangan sampai terlewat untu di coba.

Itulah resep dan cara membuat sayur nangka muda kuah santan. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Setelah selesai membaca resep ini akan lebih baik jika anda membagikanya kepada teman atau orang-orang yang ada di sekeliling anda.

Categories
Uncategorized

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

Halo gais! Ketemu lagi sama saya di artikel resep makanan hehe. Kali ini saya ingin berbagi tentang cara bikin kripik singkong renyah dan gurih sama kalian. Cara bikinnya gampang kok jangan salah tanggap yah, makanya baca artikel ku biar kalian bisa pinter masak mau masakan berat atau makanan ringan yang kayak gini.

Ohiya ada yang tahu bagaimana sejarah dari singkong sampai bisa menyerbar di Indonesia? Hmm, saya kasih tahu deh! Singkong (Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau ketela, berasal dari Amerika Selatan, yang tumbuh liar di hutan-hutan. Bangsa Portugis kemudian menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

Nah gais menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekira abad ke-16. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Diperkirakan singkong diperkenalkan pertama kali di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. Peningkatan pesat penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Dan ditambah produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. Terkait pertumbuhan penduduk ini kemudian muncul istilah “anak singkong,” yaitu anak yang lahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa mengikuti program keluarga berencana. Ini berasal dari mudahnya menanam singkong.

Hmm, ada yang baru tahu kan? hehe. Bukankah artikel ini bermanfaat sekali? jangan lupa share ke temen-temen kamu yah. Oke kita langsung aja ke inti artikel.

 

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih!

cara bikin kripik singkong renyah dan gurih

1. Resep Keripik Singkong Daun Kunyit

Bahan – Bahan :

  • 2 kg singkong kualitas bagus
  • 1 sdm asam jawa
  • 5 sdm gula pasir /sesuai selera
  • 1 sdm soda kue
  • secukupnya minyak
  • secukupnya air
  • kaldu ayam bubuk secukupnya me (totole)
  • 7 lembar daun kunyit
  • Bumbu Halus
  • 1/4 kg cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah (optional)
  • 15 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Cara Membuat Keripik Singkong Daun Kunyit :

  1. Kupas singkong lalu cuci hingga bersih
  2. Potong tipis² singkong saya mengunakan alat pemotong supaya potongannya rata
  3. Siapkan air di ember secukupnya masukan 1 sdm soda kue rendam kurang lebih satu jam cuci lalu tiriskan.
  4. Haluskan duo bawang dan cabe sampai halus sisihkan
  5. Panaskan minyak goreng singkong dengan api sedang hingga matang angakat tiriskan
  6. Potong daun kunyit tipis lalu goreng sebentar saja smp daun kunyit berubah warna jdi hijau tua angkat tiriskan
  7. Campur asam dan air secukupnya aduk hingga menyerupai pasta
  8. Panaskan minyak tumis bumbu hingga matang, jika sudah matang masukan gula,kaldu bubuk dan air asam aduk hingga gula larut dan tercampur rata.
  9. Selanjutnya masukan singkong yg sudah di goreng dan daun kunyit aduk perlahan hingga rata lalu sajikan

 

2. Resep Keripik Singkong Gula Merah

Bahan – Bahan :

  • 1 kg singkong (jenis kulit merah/si roti)
  • 100 ml santan hangat (3 sdm santan instant + air panas)
  • 3 keping gula merah
  • 6 buah daun jeruk (buang batang)
  • Secukupnya garam dan lada
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 7 siung bawang putih yang sudah dikupas dengan mesin pengupas bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit merah keriting

Cara Membuat Keripik Singkong Gula Merah :

  1. Kupas dan bersihkan singkong, iris tipis pake pisau atau alat iris singkong agar tipisnya rata.
  2. Goreng singkong hingga matang dan kriuk. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah dan cabe rawit merah keriting sampai halus.
  4. Lalu tumis dgn api sedang hingga harum, masukkan santan, garam, lada, daun jeruk dan gula merah.
  5. Masak hingga bumbu matang. Matikan api.
  6. Masukkan keripik singkong. Aduk hingga merata keseluruhan. Sajikan.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia. Investasikan waktu sebaik mungkin, coba buka warung keripik singkong didepan rumah untuk menambah penghasilan walaupun sedikit, itu lebih baik daripada hanya tiduran sambil nonton tv tapi tidak mengahsilkan apa-apa selama pandemi.

Saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat keripik singkong yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Resep Gulai Nangka untuk Lontong Enak dan Gurih!

Assalamualaikum teman – teman! saya ingin berbagi mengenai resep gulai nangka untuk lontong buat ibu-ibu. Hmm.. bagaimana kabar karantina mandiri kita? hehe. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. Bicara mengenai karantina kita hanya stuck di rumah saja kan, tidak bisa kemana-mana, sedangkan kebutuhan rumah terus bertambah termasuk kebutuhan belanja.

Ibu-ibu banyak yang mengeluh karena tidak bisa belanja di pasar tradisional dikarenakan social distancing yang ketat, suami mana tahu ya bu susahnya cari ide masakan setiap hari yang ganti terus haha. Maka dari itu saya hadirkan resep sayur nangka santan yang tentunya mudah dibuat serta seperti yang ibu ketahui bahwa nangka muda mudah sekali ditemukan dimana-mana.

Selain itu, sayur nangka muda ini sudah sangat populer sampai-sampai ada sayur nangka muda khas padang. Tekstur yang mudah menyerap bumbu sangat mantul apalagi jika dimasak dengan kuah yang kental. Menggunakan banyak bumbu bisa menambah cita rasa suatu masakan termasuk untuk sayur nangka muda ini.

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur nangka muda didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep aktual yang siap membantu bisnis atau membantu anda mencari kegiatan dimasa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Gulai Nangka Ft. Lontong

resep gulai nangka untuk lontong

 

1. Resep Nangka Muda Ft. Lontong

Bahan – Bahan : 

  • 250 gram nangka muda yang sudah dipotong-potong
  • Seikat kacang panjang (kira-kira segenggaman tangan)
  • Bumbu halus
  • 10 bh cabe rawit
  • 5 siung bawang putih yang sudah diiris menggunakan mesin pengiris bawang
  • 7 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 2 ruas lengkuas
  • 6 buah kemiri
  • 2 lembar daun salam
  • Secukupnya gula garam penyedap
  • 1 liter santan kental
  • Secukupnya lontong

Cara Membuat Nangka Muda Ft. Lontong :

  1. Rebus nangka muda, kemudian masukkam kacang panjang. Jangan terlalu empuk, angkat tiriskan
  2. Haluskan semua bumbu kecuali daun salam
  3. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daun salam
  4. Masukkan nangka muda dan kacang panjang tambahkan gula garam penyedap, aduk rata.
  5. Masukkan santan, tunggu hingga mendidih
  6. Koreksi rasa.
  7. Sajikan dengan irisan lontong dan bawang goreng

 

2. Resep Nangka Muda Ft. Lontong

Bahan – Bahan : 

  • 15 potong Nangka
  • 1/2 bh Labu siam (potong memanjang)
  • 2 bh wortel (potong2)
  • 1 genggam kacang putih (aku skip lagi gak ada)
  • 100 gr daging sapi (iris tipis)
  • 5 btg kacang panjang (aku skip)
  • 5 bh Bawang Merah
  • 4 bh Bawang Putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 5 bh cabe keriting
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 3 bh kemiri
  • 2 ruas lengkuas (geprek)
  • 3 bh Daun salam
  • 1 bh Serai (geprek)
  • 2 sdm Gula merah (sisir halus)
  • Secukupnya kaldu sapi non msg
  • Secukupnya Garam dan Gula
  • 2 Bks Santan Kara Kecil

Cara Membuat Nangka Muda Ft. Lontong :

  1. Siapkan nangka, cuci bersih, rebus sampai sedikit lembut, test cucuk dengan garpu. tiriskan dan sisihkan bersama wortel dan labu siam yg sudah di potong
  2. Daging has sapi, bekukan di freezer semalaman besoknya aku keluarin dan iris tipis.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, sereh. Sampai harum
  4. Setelah bumbu terlihat sedikit mengkilat, masukan gula merah sisir dan sayur2 yg sudah disiangi, daging iris dan kacang. aduk hingga bumbu sedikit meresap
  5. Masukkan santan dan air secukupnya, masak hingga kacang lunak (kembali test tusuk kacang dengan garpu)
  6. Biarkan mendidih hingga santan masak, juga kacang dan daging lembut. Matikan api dan sajikan
  7. Cocok ditemani peyek udang yg renyah atau ikan/telur balado. Karena aku gak bikin pedes2 biar si baby bisa ikutan makan. Jadi aku juga bikin sambel bawang

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian ya, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur nangka yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil ya teman-teman!

Categories
Uncategorized

Cara Masak Sayur Sop Bakso Gurih Nagih!

Semua orang pasti tahu mengenai sayur yang satu ini. Yap sayur sop! disini saya akan membahas tentang Cara Masak Sayur Sop Bakso Gurih Nagih! yang mudah pembuatannya, siapapun bisa membuat ini. Selain mudah sayur ini juga terkenal akan keringanan rasanya, sehingga banyak ibu-ibu yang suka membuat sayur ini.

Keringanan sayur sop ini membuat siapapun yang memakannya akan merasa ketagihan, nikmat dimakan tanpa nasi merupakan salah satu alasannya. Selain itu, lauk pendamping sayur sop terkadang bisa menjadi satu alasan mengapa sayur sop sangat digemari oleh khalayak.

Untuk anda yang merasa bahwa membuat sayur sop membutuhkan waktu yang lama atau teknik khusus maka anda salah, dengan resep yang benar dan detail maka kalian bisa dengan mudah membuat sayur ini. Jika dipertimbangkan lagi sayur sop ini bisa dijadikan usaha kecil-kecilan loh!

Selain itu, jika ingin menambah penghasilan bisa dijadikan referensi, misalnya membuka warung sayur sop didepan rumah sebagai usaha sampingan. Daripada kita diam saja dirumah selama karantina lebih baik kita berkreasi untuk menginvestasikan waktu menuju yang lebih baik kan?

Maka dari itu saya menghadirkan resep-resep aktual yang siap membantu bisnis atau sekedar membantu anda mencari kegiatan di masa karantina mandiri ini! selamat mencoba!

 

Resep Sayur Sop Ayam Terjamin Sehatnya!

cara masak sayur sop bakso

1. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan-bahan:

  • Wortel
  • Kentang
  • Kembang Kol
  • Kubis
  • Seledri
  • Daun Bawang
  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris dengan mesin pengiris bawang
  • 650 ml air (boleh tambah/kurangi)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 5 buah bakso
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdm merica bubuk
  • 1/3 sdm penyedap (royco)
  • Secukupnya garam (kisar 1/2 sdm)

Cara Membuat Sayur Sop Bakso :

  1. Persiapan bahan sop. Cuci bersih. Potong sesuai selera.
  2. Cuci bersih bakso. Potong sesuai selera.
  3. Panaskan 2 sdm minyak. Tumis bawang putih halus sampai harum dan berubah warna. (Sengaja minyak sedikit agar tidak berminyak kuah nya)
  4. Tambahkan 650 ml air ke tumisan bawang. Tunggu hingga air panas. (Di proses ini, jika tidak suka ampas bawang, boleh di buang ya. Ampas bawang akan mengapung setelah diberi air.)
  5. Menjelang air mendidih, masukkan wortel dan kentang. (Tusuk dengan garpu utk melihat sudah empuk atau belum)
  6. Tambahkan kembang kol saat wortel dan kentang setengah matang. Tunggu hingga agak empuk.
  7. Masukkan bakso, kubis, seledri, dan daun bawang. Rebus hingga layu.
  8. Tambahkan bumbu perasa. Check rasa sesuai selera (boleh mengikuti selera rasa saya, boleh di modif).
  9. Lebih nikmat dihidangkan selagi hangat

2. Resep Sayur Sop Bakso

Bahan-bahan:

  • 4 buah Kentang
  • 10 buah Wortel
  • 1/4 Buncis
  • 20 buah Bakso sapi
  • 3 tangkai Daun bawang
  • 1 tangkai Daun seledri
  • 2 buah Jagung
  • 2 sachet kecil Royco ayam
  • Garam
  • Gula
  • 1 sdt Lada bubuk
  • 3 siung Bawang putih

Cara Membuat Sayur Sop Bakso :

  1. Kupas dan cuci kentang, wortel dan buncis lalu potong2
  2. Cuci dan potong bakso sapi jadi 3 bagian
  3. Pipil jagung. Cuci daun bawang dan sledri lalu potong2
  4. Haluskan bawang putih. Kalau belum halus bisa di uleg.
  5. Lalu tumis sebentar.
  6. Siapkan air utk merebus di panci. Lalu masukkan wortel, kentang dan buncis.
  7. Sekiranya udh setengah mateng. Masukkan jagung dan daun bawang + sledri. Lalu masukkan bumbu halus bawang putih nya. Beri lada, royco, gula dan garam.
  8. Kira2 udh mendidih terakhir masukkan bakso nya. Jgn lupa koreksi rasa sesuai selera.
  9. Apabila sudah matang, matikan kompor dan sajikan selagi hangat.

Nah sekian dulu informasi yang saya berikan untuk kalian, daripada rebahan saja lebih baik mencoba resep – resep baru untuk menambah skill memasak atau sekedar mencari kegiatan dirumah agar tidak membuang waktu sia-sia, saran dari writer adalah investasikan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian harinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mencoba cara membuat sayur sop bakso yang sudah saya cantumkan diatas! Semoga berhasil!

Categories
Uncategorized

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Putih Makanan Bermanfaat Untuk Tubuh

Bubur kacang hijau sudah lama terkenal menjadi jajanan tradional di Indonesia. Makanan yang memiliki rasa manis ini dapat disantap tidak hanya sebagai makanan penutup saja tetapi juga bisa sebagai camilan.

Kacang Hijau

bubur kacang hijau

Bahan utamanya yaitu kacang hijau memiliki banyak manfaat di antaranya protein, zat besi, vitamin dan folat sehingga bisa disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bubur kacang hijau ini dapat dinikmati kapan pun, baik saat cuaca dingin maupun panas.

Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang berukuran kecil dengan warna hijau yang khas. Biasanya kacang hijau diolah menjadi beraneka macam olahan seperti bubur kacang hijau, kecambah, atau selai kacang sebagai teman makan roti atau untuk isian berbagai macam kue.

Walaupun berukuran kecil ternyata kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam Kacang hijau memiliki banyak kandungan gizi yang terbilang cukup lengkap seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, magnesium, karbohidrat dan beragam nutrisi lainnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kacang hijau :

Manfaat Kacang Hijau Untuk Tubuh

1. Baik untuk Penderita Diabetes

2. Mengontrol Berat Badan

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4. Melancarkan Pencernaan

5. Baik untuk Penderita Anemia

6. Mengatasi Keluhan PMS

7. Menjaga Kesehatan Kulit

8. Mengurangi Risiko Osteoporosis

9. Sumber Nutrisi yang Lengkap Bagi Tubuh

10. Menjaga Kesehatan Janin

Resep Dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Putih

bubur kacang hijau ketan hitam
Jika berbicara tentang menu aneka bubur, tentunya bubur kacang hijau tidak pernah sampai terlewatkan. Bubur ini enak dipadukan bersama ketan hitam atau ketan putih, apalagi jika ditambah buah durian sungguh sangat spesial. Sajian bubur kacang ijo yang akan kita coba buat kali ini dicampur dengan beras ketan putih dan ketan hitam, dimana penggunaan ketan ini bukan saja untuk menambah citarasa tetapi juga berfungsi untuk mengentalkan.

Membuat Bubur cukup mudah dalam proses pengolahannya. Pembuatan dan resep bubur ketan putih kacang hijau pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol agar. Meskipun demikian, membuat dodol dikenal lebih panjang dan lama proses pembuatanya karena dodol prosesnya pembuatanya cukup lama menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan ini sangat di rekomendasikan.

Jika kalian ingin mengetahui Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Putih, berikut ini saya paparkan beberapa Resep Bubur Kacang Hijau Ketan yang bisa langsung kalian coba di rumah.

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Putih

Bahan :

  • 300 gram kacang hijau, direndam dengan waktu minimal 2 jam, lalu tiriskan
  • 50 gram beras ketan putih, cuci bersih
  • 3 lembar daun pandan
  • 4 cm jahe, memarkan
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 250 gram gula merah , sisir
  • 1 sdt garam
  • 200 gram kelapa muda, serut
  • air untuk merebus secukupnya

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Putih :

  1. Pertama rebus kacang hijau bersama dengan beras ketan, masukkan juga daun pandan dan jahe.
  2. Masak hingga kacang hijau dan beras ketan mekar dan empuk serta air perebusnya tinggal sedikit lalu angkat.
  3. Untuk takaran air jangan terlalu banyak dulu, bila terlalu kental tinggal menambahkan airnya.
  4. Apabila sudah mulai mendidih kecilkan api dan aduk sesekali.
  5. Masak santan, gula merah, garam dan daun pandan, masak di atas api sambil ditimba-timba hingga mendidih.
  6. Masukkan campuran kacang hijau dan beras ketan tadi, aduk rata dan masak terus hingga mendidih kembali dan matang.
  7. Masukkan kelapa muda serut ke dalamnya, aduk sebentar lalu angkat dan siap disajikan hangat.

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Bahan Kacang Hijau :

  • 200 gr kacang hijau
  • 200 ml santan instan
  • 1 ruas jahe yang diiris tebal
  • Selembar daun pandan
  • 2 sdm gula merah
  • 5 sdm gula pasir
  • Air setengah panci

Bahan Ketan Hitam :

  • 200 gr ketan hitam
  • 6 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Selembar daun pandan
  • 200 ml santan kenta
  • 1 liter air

Cara membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam :

  1. Rendam kacang hijau selama tiga jam.
  2. Setelah direndam rebus kacang hijau dengan air jahe, daun pandan, dan gula merah sampai kacang hijau menjadi lunak.
  3. Tambahkan santan dan gula pasir. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk pelan. Cicip rasanya dan kalau sudah pas baru sisihkan.
  4. Olah ketan hitam yang sudah direndam lama lalu buang airnya.
  5. Berikutnya rebus ketan hitam dengan air, lalu masukan daun pandan, gula dan garam. Masak hingga matang dan menjadi bubur, cicipi dan koreksi rasa manisnya sebelum mematikan kompor.
  6. Masak santan di panci terpisah dan beri garam. Masak hingga mendidih dan mengental.
  7. Sajikan bubur kacang hijau bersama ketan hitam di mangkuk lalu siram dengan kuah santan di atasnya. bubur kacang hijau siap disantap.

Bubur kacang hijau yang dipadukan dengan ketan hitam dan santan cair tentunya sangat nikmat dinikmati saat, musim hujan. Untuk bisa menikmati bubur kacang hijau tersebut kalian harus membelinya. Tapi, dari pada kalian harus membelinya alangkah baiknya jika kita buat sendiri. Es bubur kacang hijau sangat nikmat dan segar.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Steak Daging Sapi Panggang Ala Rumahan

Hallo semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat steak daging sapi panggang dijamin enak dan bisa dibuat dirumah tanpa ribet. Seak daging yang dibuat sendiri dirumah tentunya tidak kalah enak ditambah juga dengan porsi yang lebih puas.

Yuk kita simak cara membuatnya!

1. Beef Steak With Blackpepper Souce

Bahan – Bahan Beef Steak With Blackpepper Souce :

500 gr daging sapi

Bahan Pelengkap :

2 buah kentang (goreng)

2 buah wortel (rebus)

1 buah jagung pipil (rebus)

Bumbu Daging

1/2 sdt lada bubuk

2 siung bawang putih (haluskan)

1 1/2 sdm saus tiram

2 sdm kecap manis

1/2 sdt garam

2 sdm minyak goreng

Saus Blackpepper

1/2 bawang bombai (cincang halus)

1 siung bawang putih (haluskan)

1/2 sdt garam

1/2 sdt lada atau sesuai selera

1/2 sdt gula pasir

4 sdm kecap manis

2 sdm saus tiram

3 sdm saus ekstra pedas

2 sdm maizena

2 gelas air

1 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat Beef Steak With Blackpepper Souce :

1. Pertama potong daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku, lalu cuci bersih daging.

2. Lumuri daging dengan bumbu daging yang telah dicampur. Diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap.

3. Siapkan bahan pelengkap untuk direbus (kentang, wortel, jagung) Sisihkan kentang, tiriskan kemudian di goreng.

4. Panggang daging sapi yang telah dibumbui.

5. Sembari menunggu daging matang, selanjutnya membuat saus. Siapkan bahan2nya.

6. Masukkan margarin, tumis bersama bawang putih yang telah dihaluskan bersama bawang bombay.

7. Kemudian masukkan semua bumbu. Yang terakhir masukkan larutan maizena. Aduk sampai mulai mengental.

8. Daging sapi panggang dan saus blackpepper matang.

9. Beef steak with blackpepper sauce siap disajikan.

2. Beef Steak With Rica Sauce
Bahan – Bahan Beef Steak Dengan Rica Sauce :
100 gr Daging sapi
1/4 sdt baking powder
1 cm nanas
Secukupnya Lada, Garam
1/4 kg Minyak goreng
4 sdm margarine
Bahan Untuk Saus :
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 ruas jahe
2 ruas kunyit 
3 butir kemiri
3 cabai merah besar
2 cabai rawit
1/2 gelas Air
1/4 gelas air yg dicampur maizena
Bahan Untuk Sayur :
1 buah wortel
5 buncis
1 buah kentang
1/4 buah bawang bombay
Cara Membuat Beef Steak Dengan Rica Sauce :
1. Pertama, dagingnya jangan dicuci terlebih dahulu, supaya tetap berwarna merah dan segar. Fungsi baking powder dan nanas untuk mengempukkan daging.
2. Lalu fillet daging sapi jangan terlalu tebal kemudian tusuk menggunakan garpu, beri lada dan garam, kemudian masukkan nanas yg sudah dipotong kecil kecil, dan masukkan baking powder. Simpan dalam kulkas.
3. Selama daging di marinade (dibumbuhi), siapkan bahan sayur, potong potong sesuai selera.
4. Setelah selesai potong sayuran, siapkan bahan sauce, cuci bersih semua, kemudian haluskan semua bahan sauce.
5. Siapkan wajan, beri minyak goreng, tumis bahan yg sudah dihaluskan, tumis dg api kecil hingga matang, beri air dan masukkan lada garam gula pasir.
6. Setelah mendidih dan rasa pas, matikan api dan saring, setelah disaring, masukkan ke wajan lagi, setelah mendidih berikan air yg sudah dicampur maizena, masak hingga mengental.
7. Siapkan panci beri air dan garam sejumput, rebus sayur mulai dari wortel, setelah wortel seperempat matang, masukkan buncis, rebus hingga buncis setengah matang dan wortel setengah matang. Masukkan ke air es supaya proses pemasakan berhenti dan warna sayur terlihat bagus.
8. Siapkan wajan, beri minyak, masukkan bombay tumis sayuran 1mnt, beri garam dan lada.
9. Potong potong kentang seperti french fries, rendam dalam air garam, kemudian goreng hingga golden brown.
10. Siapkan daging, siapkan teflon beri minyak goreng dan sedikit margarine, panaskan.
11. Masukkan daging, grill satu sisi terlebih dahulu hingga berubah warna, kemudian di balik.
12. Steak siap dihidangkan.
3. Beef Steak Saus Barbeque
Bahan – Bahan Beef Steak Saus Barbeque :
250 gr daging sapi
Secukupnya garam dan lada
1 buah jeruk nipis
Secukupnya saus barbeque (saya pakai yg botolan)
100 gr kentang
100 gr wortel
100 gr buncis (saya tidak pakai)
Secukupnya tomat (saya tidak pakai)
Secukupnya jagung manis
Secukupnya kembang kol
Cara Membuat Beef Steak Saus Barbeque :
1. Potong2 daging dengan Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku. Kemudian marinate (lumuri dengan garam, lada dan jeruk nipis) secara merata. Diamkan selama kurang lebih1 jam di dalam kulkas.
2. Bersihkan sayuran dan dipotong- potong. Kemudian tiriskan.
3. Lalu Goreng ketang dan sisihkan
4. Rebus wortel, kembang kol dan jagung manis pipil. Sisihkan
5. Panaskan panggangan, oles dengan mentega. Lumuri daging yg sudah dimarinate dengan saus barbeque sampai rata.
6. Masak daging diatas panggangan hingga kematangan yg diiinginkan.
7. Sajikan daging dipiring bersama sayurannya, siram dengan saus barbeque. Untuk membuat saus barbeque bisa baca di artikel cara membuat saus barbeque untuk sosis bukan cuma sosis saus ini juga bisa untuk daging!
Nah bagaimana mudahkan? Untuk yang mau tau resep steak daging bisa baca di artikel resep steak daging. Jangan lupa mampir ya selamat mencoba!