Categories
Uncategorized

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas?? Yukk Kepoin

Haii semua. Pada kesempatan kali ini aku bakal kasih tau kalian gimana sih cara menyimpan daging kurban dalam kulkas yang baik dan benar supaya daging kalian senantiasa segar dan tahan lama. Kira-kira apa aja yaa? Dari pada kelamaan yukk kita simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas

Daging kurban biasanya akan langsung di masukkan ke kulkas setelah seseorang mendapatkannya pada penyembelehan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Setelah daging kurban dibagi dengan tetangga hingga fakir miskin, kadang masih banyak daging kurban yang tersisa.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk langsung mengolah daging kurban tersebut secepatnya agar daging tidak cepat busuk. Namun tidak jarang juga seseorang memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu didalam kulkas agar bisa diolah pada keesokan hari.

Cara menyimpan daging kurban yang tepat agar dapat tahan lama tidak bisa sembarang menyimpan saja. Menyimpannya di dalam kulkas saja tidak bisa membuatnya bisa bertahan lama. Sebelum kalian menyimpan daging kurban ke dalam kulkas ada beberapa hal yang harus kalian lakukan terlebih dahulu.

Nahh, ini dia cara menyimpan daging kurban dalam kulkas :

1. Jangan Cuci Daging Kurban saat Hendak Disimpan

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam menyimpan daging kurban dalam kulkas agar tahan lama adalah dengan tidak mencucinya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena, daging yang telah dicuci menggunakan air meskipu air tersebut air bersih rentan tercemar oleh bakteri bila tidak langsung diolah secepatnya.

Namun, jika kalian ingin mengolahnya sesegera mungkin, kalian bisa mencuci daging yang akan diolah terlebih dahulu.

2. Potong Sesuai Takaran Konsumsi

Cara Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas

Sebelum daging dimasukkan ke dalam kulkas, daging kurban harus dipotong kecil-kecil sesuai dengan standar konsumsi keluarga kalian masing-masing. Sebelum memotong daging kurban, kalian harus mencuci tangan terlebih dahulu agar kebersihan daging tetap terjaga.

Kebersihan dari pisau yang digunakan untuk memotong daging juga harus diperhatikan. Setelah memastikan semuanya telah bersih, barulah kalian bisa memotong daging kurban tersebut dengan ukuran kecil-kecil. Bila keluarga dalam sehari mengonsumsi 250 gram daging, maka potong daging tiap 250 gram sesuai dengan konsumsi harian keluarga kalian.

3. Simpan di Wadah Tertutup

Setelah memotong daging kurban sesuai dengan takaran konsumsi harian keluarga kalian, kalian harus memasukkannya ke wadah tertutup. Jangan simpan di dalam plastik. Tetapi jka kalian ingin menyimpannya di dalam plastik, simpanlah di dalam plastik kedap udara.

Kalian bisa menggunakan vacuum sealer untuk membuat plasik yang digunakan untuk menyimpan daging kalian menjadi kedap udara.

Setiap potongan daging harus ditempatkan di tempat yang berbeda. Pilih wadah makanan food grade yang pastinya sudah terjamin keamanannya untuk menyimpan daging kalian semua.

Daging yang disimpan dengan cara yang tepat di dalam kulkas dapat bertahan cukup lama bahkan hingga satu tahun lamanya. Namun, jika disimpan dalam potongan yang besar, lalu saat kalian akan mengolahnya harus dipotong lagi kemudian dibekukan kembali, maka kualitas daging tersebut sudah pasti akan menurun.

Karena itulah daging kurban sebaiknya dipotong sesuai dengan standar konsumsi keluarga kalian. Selain itu, bila kamu mendapatkan daging kurban yang telah terkontaminasi dengan tanah atau pasir, sebaiknya daging tersebut segera diolah.

Itu dia cara menyimpan daging kurban dalam kulkas yang dapay saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Dan jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas. Thankyou and see u next time!

Categories
Uncategorized

Sekarang Punya Nasi Sisa Ngga Perlu Khawatir Lagi! Bikin Kerupuk Aja

Suka sebel atau sedih nggak sih kalau bikin nasi tapi tidak habis? Bingung mau di apakan nasinya, mau di buang sayang mau diolah tapi bingung mau dibuat apa. Saya punya solusinya nih, cara bikin kerupuk dari nasi sisa. Yaps saya akan berbagi tips bagaimana mengolah nasi sisa menjadi kerupuk.

Udah tau belum nih kalau usaha kerupuk dari nasi atau gendar ini bisa anda jadikan sebagai usaha loh! ingin tau analisis usahanya? yuk simak cara membuat gendar.

Jika anda ingin memulai usaha tersebut tetapi modal yang anda miliki sangat terbatas, anda masih tetap bisa memulai usaha ini loh. Caranya anda bisa menggunakan peralatan masak yang ada di dapur rumah anda untuk produksinya.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak anda hanya perlu membeli satu mesin untuk pembungkusannya yaitu alat perekat plastik atau hand sealer .

Produk tersebut beerguna untuk merekatkan plastik sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalam bungkus. Jadi kerupuk yang ada di dalamnya tetap renyah.

Cara Bikin Kerupuk Gendar Dari Nasi Sisa

Kerupuk gendar atau kadang disebut dengan nama gendar saja, adalah kerupuk yang bahan pembuatannya dari adonan nasi yang di campur dengan bumbu. Kadang si pembuat memberi rempah dan penambah rasa gurih supaya gendar lebih terasa nikmat.

Untuk menambah kekenyalan pada adonan anda dapat menambahkan tepung tapioka sebagai bahan alami (pengganti bleng) supaya adonan mentah kerupuk jadi kenyal dan juga padat.

Kerupuk gendar atau biasa disebut juga  dengan Legendar, kerupuk satu ini memiliki rasa yang enak dan juga lezat, rasa alaminya juga terasa. Karena kerupuk gendar ini merupakan kerupuk yang terbuat dari salah satu bahan makanan pokok Indonesia yaitu nasi.

Gendar adalah salah satu jenis kerupuk khas yang berasal dari jawa, lebih tepatnya adalah termasuk makanan khas dari kota Wonosobo.

Kerupuk gendar ini dibuat menggunakan nasi yang matang lalu di tumbuk atau di uleg sampai teksturnya lumayan halus dan juga lumat. Selanjutnya nasi dibuat menjadi adonan dan dipotong tipis (agar kerupuk cepat kering dalam proses penjemuran atau pengeringannya) lalu dijemur.

Setelah dirasa kering, Legendar atau gendar ini siap untuk digoreng hingga matang dan siap untuk disajikan.

Apabila anda ingin berkreasi sendiri membuat gendar dengan bahan utamanya berupa beras, maka cara yang perlu untuk anda lakukan juga lumayan mudah.

Anda hanya perlu mencampur air dengan bumbu halus, kemudian rendam bersama beras selama kurang lebih 2 jam. Lalu kukus beras selama sekitar 30 menit sampai beras mekar, langkah selanjutnya yaitu menumbuk beras yang sudah menjadi nasi tadi.

Campurkan nasi dan juga tepung tapioka sampai menjadi adonan menggumpal. Bentuklah adonan tersebut sesuai dengan bentuk yang anda inginkan atau sesuai dengan selera. Anda lalu dipotong secara tipis dan jemur kerupuk supaya kering dan siap digoreng.

Ingin tau cara bikin kerupuk gendar? Langsung saja simak cara berikut:

Bahan – Bahan Bikin Kerupuk Gendar

  • 500 gram nasi putih
  • 16 gram bawang putih bubuk
  • 20 ml air
  • 5 gram ketumbar bubuk
  • 7 gram garam
  • Ebi halus secukupnya
  • Terasi secukupnya

Cara Bikin Kerupuk Gendar

  1. Campurkan bawang putih, garam, ebi halus, ketumbar, dan terasi. Tuangkan air, aduk semua bahan sampai bumbunya larut.
  2. Campurkan bumbu dengan nasi, lalu uleni nasi tersebut sampai menjadi kalis.
  3. Kukuslah adonan nasi hingga panasnya masuk sampai ke bagian dalam atau panasnya merasta. Angkat dan haluskan (anda bisa menghaluskan atau menumbuknya) nasi selagi masih hangat.
  4. Ambillah adonan nasi sebesar satu sendok makan. Letakkan di atas plastik, dan tutup dengan plastik lagi. Gilas atau ratakan adonan dengan menggunakan roller pin, botol ataupun gelas, hingga menjadi tipis dan berbentuk segi empat, anda juga bisa membentuknya sesuai dengan selera anda.
  5. Pindahkan adonan tadi ke atas tampah, lalu jemur di bawah sinar matahari kurang lebih 2 hari.
  6. Jika kerupuk sudah kering dengan merata, gorenglah pada minyak yang sudah panas dengan nyala api kecil. Tujuannya agar kerupuk mekar, teksturnya renyah dan juga matang merata. Angkat dan tiriskan menggunakan tissue makan.

Anda bisa menyimpannya di toples atau wadah yang memiliki tutup yang rapat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!. Terima kasih.

Categories
Uncategorized

5 Khasiat Minyak Nilam Untuk Kesehatan Tubuh

Hello everyone! Kali ini saya akan menjelaskan tentang berbagai khasiat minyak nilam. Minyak ini sudah cukup popular dari berpuluh puluhan tahun yang lalu dan sering digunakan untuk menutupi bau herbal lain.

Saat ini, minyak ini sering digunakan sebagai aroma terapi yang dikarenakan oleh aromanya yang harum, khas dan aroma yang kuat. Kegunaan minyak atsiri nilam ini sangatlah banyak dan beragam.

khasiat minyak nilam

Daun nilam biasanya dibiarkan di fermentasi selama beberapa hari, kemudian minyaknya di ekstraksi melalui proses destilasi yang menggunakan mesin destilasi minyak atsiri. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat minyak nilam, yuk simak artikel berikut ini

Khasiat Minyak Nilam

khasiat minyak nilam

  1. Sebagai antiseptic

Minyak ini dapat mencegah perkembangan infeksi pada luka dan bisul. Selain itu, juga berkhasiat untuk melawan ketombe, memperkuat folikel rambut, dan melindungi dari kerontokkan rambut.

Sifat anti septic yang dimiliki oleh minyak ini menjadikannya sebagai obat alternatif alami dan aman untuk mengobati luka. Tak hanya memiliki sifat anti septic, minyak ini juga memiliki sifat anti jamur. Manfaat lain dari minyak ini yaitu mampu mengobati permasalahan kulit lainnya seperti jerawat, dermatitis, seborrhoea.

Cara penggunaan:

  • Larutkan minyak nilam dengan minyak carrier seperti minyak almond, kelapa, dan zaitun. Kemudian langsung oleskan pada bagian yang terluka. Kegiatan seperti ini dapat mencegah infeksi berkembang luas
  • Untuk mengobati masalah pada kulit, kalian dapat mencampurkan minyak nilam kedalam minyak biasa, kemudian digunakan untuk memijat daerah yang mengalami masalah. Atau dengan cara lain yaitu dengan mencampur beberapa tetes minyak nilam dengan sabun kemudian gunakan setiap mandi
  • Jika kalian menggunakannya untuk mengobati ketombe, kalian cukup menambahkan beberapa tetes minyak nilam pada conditioner tanpa pewangi kemudian memijat rambut dengan perlahan. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas
  1. Mempunyai sifat anti peradangan

Minyak ini dapat meredakan peradangan yang di akibatkan oleh demam, mampu mengatasi iritasi kulit, membantu memelihara kulit supaya tetap sehat serta melindungi otot otot wajah dari kerusakan oleh radikal bebas.

Selain itu, jika kalian menggunakannya secara teratur dapat membantu meregangkan otot dan mengencangkan kulit. Dipercaya dapat mengobati peradangan, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengobati arthritis, tumor, dan masalah kulit yang lainnya.

Cara penggunaan:

  • Campurkan minyak nilam dengan minyak tubuh yang kalian punya, kemudian pijat dengan lembut pada bagian yang terkena peradangan
  • Atau kalian dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menambahkan beberapa tetes minyak ini kedalam air untuk mandi dan kemudian digunakan untuk berendam selama beberapa saat sehabis mandi
  1. Meningkatkan jumlah sel darah dalam tubuh

Minyak ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi jumlah sel darah merah dan sel darah putih dalam tubuh serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Jika jumlah sel darah putih yang sehat mengalami peningkatan, maka akan memungkinkan tubuh untuk melawan pathogen, sementara sel darah merah dapat melancarkan fungsi pencernaan dan fungsi tubuh yang lainnya.

Kandungan sifat cytophylactic dari minyak ini dapat meningkatkan produksi energi yang lebih besar, membantu sirkulasi darah, serta menambah produksi oksigen dan membantu menyebar luaskan ke sel sel yang berbeda dalam tubuh kalian.

Apabila fungsi sel meningkat yang disebabkan oleh minyak ini, maka akan terjadi peningkatan pertumbuhan sel sel dalam tubuh

Cara penggunaan:

Larutkan beberapa tetes minyak nilam dengan baby oil kemudian pijat dengan lembut ke seluruh bagian tubuh kalian.

  1. Mampu menghilangkan bau badan

Minyak ini sudah cukup dikenal karena memiliki aroma yang harum, tak heran jika minyak ini dapat digunakan sebagai deodorant untuk menghilangkan bau badan kalian.

khasiat minyak nilam

Minyak ini sering di jadikan bahan untuk campuran membuat cologne karena memiliki aroma yang khas, kuat serta harum. Selain itu, minyak ini juga dapat menyerap bau yang tidak enak dari badan dan minyak ini memiliki sifat anti mikroba yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang disebabkan karena keringat

Cara penggunaan:

  • Campurkan minyak nilam dengan minyak tubuh yang kalian miliki, kemudian oleskan pada tubuh anda sebagai lotion.
  • Atau, kalian juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak nilam kedalam air yang akan digunakan untuk mandi kemudian berendamlah menggunakan air tersebut

Note:

Disarankan kalian melarutkan minyak nilam terlebih dahulu untuk menghindari penyebaran aroma minyak yang terlalu kuat

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Penggunaan minyak inijuga dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh kalian. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu meningkatkan sel sel tubuh kalian.

Sekresi enzim hati dan perut yang aktif dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh kalian, mempermudah proses pencernaan serta mempermudah untuk produksi energi

Cara penggunaan:

Tambahkan beberapa tetes minyak nilam pada air yang akan digunakan untuk mandi kemudian berendam menggunakan air tersebut

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata. Untuk kritik dan saran kalian bisa tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih…

Categories
Uncategorized

Ini Dia Rahasia Resep Otak otak Goreng Tanpa Ikan

Hello teman – teman kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi seputar “Resep Otak – otak Goreng Tanpa Ikan”, siapa nih pecinta otak – otak? pasti ada kan ya? otak – otak sendiri adalah salah satu jajanan yang sering ditemui di pinggir jalanan/ di depan gerbang sekolah dasar biasanya, otak – otak ini gampang loh buatnya, namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel resep otak – otak udang, cara membuat otak – otak udang, otak – otak udang kelapa, resep otak – otak udang goreng, cara membuat otak – otak udang goreng karena di artikel ini kalian bisa dapat informasi seputar otak – otak mulai dari kreasi resep dan masih banyak lagi jangan lupa di baca ya teman – teman!

Resep Otak – otak Goreng Tanpa Ikan

Otak-Otak Goreng Ala Kobe | Resep dari Dapur KOBE

Bahan – bahan :

Bahan Kaldu :

  • Kulit dan kepala udang secukupnya
  • 800 ml Air

Bahan Adonan :

  • 500 gr tepung tapioka
  • 500 ml kaldu udang
  • 300 gr tepung terigu
  • 50 ml santan kelapa
  • 4 btang Daun Bawang (yang sudah dicincang halus)
  • 2 butir Telur Ayam
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdm Eudang kering (ebi)
  • 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • garam/ penyedap rasa secukupnya
  • 1 sdt lada bubuk

Bahan Pelengkap :

  • Saus sambal
  • Acar dll.

Cara Membuat Otak – otak Goreng Tanpa Ikan

Resep OTAK OTAK rebus KENYAL oleh Chindy Yuni Antika - Cookpad

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Buat kaldu udang terlebih dahulu dengan menyiapkan air dengan merebus kulit dan kepala udang
  3. Biarkan kulit dan kepala udang direbus sampai berawrana keorens an jika sudah kulit dan kepala udang bisa disaring dari air kaldu nya setelah itu sisihkan
  4. Siapkan semua bahan – bahan bumbu halus, masukkan semua bahan bumbu halus ke blender dan haluskan sampai benar – benar tercampur hingga merata
  5. Rebus kembali air kaldu udang namun tambahkan juga bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi
  6. Rebus sampai tercampur merata tanpa ada gumpalan setelah itu sisishkan terlebih dahulu
  7. Masukkan tepung terigu, kaldu udang yang sudah dibumbui ke dalam wadah dan aduk – aduk sampai tercampur setelah itu diamkan sampai dingin
  8. Setelah dingin masukkan telur ayam, santan dan irisan daun bawang aduk aduk sampai tercampur rata, masukkan juga tepung tapioka atau tepung sagu aduk aduk sampai adonan bisa dibentuk atau sampai kalis
  9. Bentuk adonan dengan melurumi tangan dengan minyak atau tepung agar adonan tidak terlalu lengket di tangan, biasanya otak – otak berbentuk lonjong dan pipih, bentuk semua adonan hingga habis
  10. Siapkan air mendidih, beri 2 sdm minyak goreng dan rebus otak – otak tadi hingga mengapung, setelah mengapung bis alangsung di angkat dan di tiriskan
  11. Otak otak Goreng tanp ikan sudah jadi bisa langsung dinikmati bisa  juga disimpan di lemari pendingin namun sebelumnya aku saranin gunakan alat vacuum sealer  terlebih dahulu alat ini merupakan alat press kedap udara dengan alat ini otak – otak akan tersimpan lebih baik di lemari pendingin.
  12. Namun jika akan digoreng, siapakn minyak panas dengan api sedang dan goreng otak – otak hingga berwarana kecokelatan
  13. Jika sudah bisa langsung di angkat dan di sajikan
  14. Otak otak goreng tanpa ikan bisa langsung dinikmati

Gimana nih? kalian udah baca artikel di atas? udah di praktekkin belum? harusnya si udah ya, gimana mudah bukan? namun kalian juga bisa menambahkan takaran bahan jika dirasa menurut kalian ada yang kurang ya teman – teman, jangan lupa ya baca artikel selanjutnya dari aku.

Categories
Uncategorized

Ini Resep Membuat Sempolan Ayam Paling Mudah

Hello teman – teman kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi seputar “Resep Membuat Sempolan Ayam”, namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel cara membuat sempol, cara membuat sempol ayam untuk dijual, cara membuat sempolan tanpa ayam, cara membuat sempol ayam crispy, cara membuat sempol ayam enak karena di artikel ini kalian bisa dapat informasi seputar sempolan mulai dari kreasi sempolan ayam, tanpa ayam, sempolan untuk dijual dan masih banyak lagi jangan lupa di baca ya teman – teman!

1. Resep Membuat Sempolan Ayam

Bahan – bahan :

  • 500 gr dada ayam fillet
  • 12 sdm tepung tapioka
  • 5 sdm tepung terigu
  • 5 siung bawang putih
  • 1 1/2 tangkai daun bawang
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • garam secukupnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng

Langkah Membuat Sempolan Ayam :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Potong ayam fillet tadi menjadi kecil – kecil, masukkan ke dalam blender, masukkan juga bawang putih, merica bubuk, penyedap rasa, gula blender sampai halus dan tercampur rata, sisihkan terlebih dahulu
  3. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang ke dalam blender dan haluskan hingga tercampur rata, kemudian sisihkan
  4. Satukan adonan pertama dengan adonan kedua dengan menambahkan es batu aduk aduk sampai tercampur merata
  5. Bentuk adonan dengan tusuk sate biasanya sempolan berbentuk pipih, lonjong namun sebelum membentuk lapisi tangan dengan tepung terigu atau minyak agar adonan tidak lengket di tangan
  6. Setelah itu siapkan air mendidih, dan rebus semua adonan sempolan yang sudah di bentuk sampai mengapung
  7. Jika sudah mengapung angkat dan tiriskan
  8. Sempolan ayam sudah jadi bisa langsung digoreng bisa juga disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin namun jika akan disimpan di lemari pendingin gunakan alat vacuum sealer terlebih dahulu alat ini adalah alat press udara dengan alat ini sempolan akan tersimpan dengan baik
  9. Namun jika ingin digoreng, siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng sempolan hingga berubah warna menjadi kuning keemasan
  10. Jika sudah bisa langsung di angkat dan tiriskan
  11. Sempolan ayam jadi dan siap disajikan

2. Resep Sempolan Ayam Udang

Bahan – bahan :

  • 500 gram dada ayam fillet
  • 100 gram udang kupas ukuran sedang
  • 200 gram tepung tapioka
  • 20 ml air matang
  • 2 butir telur
  • 1 1/2 batang daun bawang
  • 5 siung bawang putih
  • 1 1/2 sdm garam
  • 1 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 1 1/2 sdt kaldu jamur
  • Tusuk sate seperlunya

Langkah Membuat Sempol Ayam Udang :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Masukkan ayam dan udang ke dalam blender kemudian haluskan sampai benar – benar halus, setelah itu masukkan juga bahn – bahan lainnya kecuali daun bawang blender dengan menambahkan air secukupnya
  3. Potong daun bawang menjadi kecil – kecil lalu haluskan menggunkan blender
  4. Campurkan adonan tadi dengan daun bawang jika sudah bisa langsung diuleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk
  5. Lumuri tangan dengan minyak/ tepung hal ini agar pada saat membentuk sempolan adonan tidak terlalu lengket di telapak tangan
  6. Siapkan air mendidih masukkan sempolan yang sudah dibentuk tadi, dan biarkan sampai sempolan mengapung, setelah itu tiriskan
  7. Kocok telur masukkan ke wadah
  8. Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng sempolan namun sebelumnya gulingkan sempolan pada kocokkan telur tadi
  9. Goreng hingga sempolan berubah warna menjadi cokelat keemasan, angkat dan tiriskan jika sudah
  10. Sempolan ayam udang siap disajikan

Gimana nih kalian udah baca kan artikel di atas? semoga informasi dari artikel di atas bisa bermanfaat ya buat kalian

Categories
Uncategorized

Gimana Sih? Resep Tempura Udang Hoka – hoka Bento

Hello teman – teman kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi seputar “Resep Tempura Udang Hoka – hoka Bento”, namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel resep udang tempura, cara membuat tempura udang, cara membuat udang tempura, resep udang tempura tepung roti, cara membuat udang tempura lurus, karena di artikel ini kalian bisa dapat informasi seputar tempura udang mulai dari resep udang tempura sampai info unik tempura udang, jangan lupa di baca ya teman – teman!

Asal Mula Tempura Udang

Banyak orang yang beranggapan bahwa tempura merupakan makanan yang berasal dari jepang padahal makanan ini merupakan makanan rakya edo yang biasanya dijual melalui pedagang kaki lima, tempura juga bukan hanya tempura udang saja ada juga tempura sayuran, tempura ubi jalar, tempura umbi teratai dan lain – lain.

Manfaat Mengonsumsi Tempura Udang

Naik Signifikan, Ekspor Udang Indonesia ke AS Kalahkan India, Thailand, dan  Vietnam | KKP News

  • Kandungan asam lemak, omega-3 dan omega-6 pada udang mampu berperan menjaga kesehatan jatung manusia
  • Kandungan kalsium pada udang mampu berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Kandungan kadar yodium yang cukup tinggi pada udang mampu memproduksi hormon tiroid dan hormon ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menangkal penyakit gondok
  • Kandungan protein pada udang mampu membentuk sel dan jaringan tubuh baru

Resep Tempura Udang Hoka – hoka Bento

4 Rekomendasi Menu HokBen di Bawah Rp100.000 yang Bisa Jadi Pilihan - Semua  Halaman - Nova

Bahan – bahan :

  • 200 gr udang segar ukuran sedang
  • 300 gr fillet dada ayam
  • 4 siung bawang putih (sudah dihaluskan)
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 butir telur ayam bagian putihnya
  • 2 sdt kecap asin
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 sdm breadcrumb/ panko
  • 4 sdm tepung sagu tani
  • 4 sdm tepung maizena

Bahan Kulit :

  • 2 butir telur ayam dan sisa kuning telur tadi
  • 2 sdm blueband
  • 2 sdm maizena (dicairkan dengan 100 ml air)
  • garam seperlunya

Bahan Pelapis :

  • Breadcrumb
  • 1 butir telur kocok

Cara Membuat Tempura Udang Hoka – hoka Bento :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Masukkan semua bahan untuk isian ke dalam wadah dan aduk – aduk sampai rata setelah itu sisihkan
  3. Lanjut cara membuat kulit, masukkan semua bahan kulit dan campurkan menggunakan blender pastikan tidak ada yang menggumpal
  4. Panaskan teflon atau wajan kecil dengan api kecil, masukkan adonan kulit tadi sedikit demi sedikit sampai membentuk seperti kulit risol namun sebelumnya olesi teflon dengan minyak
  5. Pastikan kulit terbentuk sempurna jika sudah bisa langsung sisihkan terlebih dahulu
  6. Setelah kulit dingin masukkan adonan isisan tadi dan ratakan, gulung – gulung menggunakan tangan atau bantuan plastik
  7. Jika sudah bisa langsung dikukus kurang lebih 30 menit atau sampai dirasa matang sempurna
  8. Setelah dirasa cukup matang bisa langsung diangkat dan di potong – potong sesuai selera
  9. Masukkan potongan tadi ke dalam kocokkan telur lalu guling – gulingkan ke dalam breadcrumb hingga tertutupi sempurna, lakukan sampai semua bahan habis
  10. Jika ingin disajikan bisa langsung disajikan namun bisa juga disimpan di lemari pendingin terlebih dahulu namun ada baiknya disimpan menggunakan alat vacuum sealer yang merupakan alat press kedap udara dengan alat ini tempura udang hoka – hoka bento akan tersimpan dengan baik

Gimana nih teman – teman udah di akhir artikel aja, kalian udah baca kan resep di atas? semoga resep di atas berguna dan bermanfaat yak, oya kalian juga ngga bisa terpacu sama resep diatas sesuai in aja sesuai kebutuhan kalian ya teman – teman, bye bye di artikel selanjutnya

Categories
Uncategorized

Ini Dia Cara Membuat Sosis Tempura Ala Rumahan

Hello teman – teman kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi seputar “Cara Membuat Sosis Tempura”, namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel resep tempura ayam, cara membuat tempura ayam, cara membuat tempura jajanan sekolah, cara membuat tempura sayur, cara bikin udang tempura, karena di artikel ini kalian bisa dapat informasi seputar tempura mulai dari resep tempura ayam sampai info unik tempura jangan lupa di baca dan disimak ya teman – teman!

1. Cara Membuat Sosis Tempura :

Resep dan Cara Membuat Tempura Ikan Tenggiri Lengkap yang Enak - Selerasa.com

Bahan – bahan :

  • 10 buah Sosis Sapi
  • 400 ml air es
  • 2 butir kuning telur
  • 600 gram ayam
  • tepung panir/ tepung roti
  • 100 gram tepung bumbu

Bahan Saus :

  • 250 ml Dashijiru
  • 30 ml kecap manis
  • 30 ml mirin
  • 1 sdm jahe parut
  • 4 sdm lobak putih parut

Langkah Membuat Sosis Tempura :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Masukkan air es ke dalam wadah atau mangkuk, tambahkan juga kuning telur dan aduk aduk sampai merata
  3. Tambahkan tepung terigu dan aduk menggunakan sumpit, aduk – aduk sampai adonan menggumpal
  4. Panaskan minyak dengan api kecil dan menggunakan wajan anti lengket
  5. Masukkan sosis – sosis yang sudah dipotong menjadi dua bagian, goreng hingga warna nya berubah menjadi kuning keemasan
  6. Dilanjut membuat saus tempura, siapakn bahan – bahan saus tempura
  7. Rendam rumput laut kemudian panaskan menggunkan api sedang
  8. Tunggu sampai rumput laut berbuih
  9. Campurkan air sisa rendaman  yang berbuih tadi dan tambahkan dengan bonito flakes rebus dengan menggunakan api kecil
  10. Biarkan cairan sampai mendidih hingga berbusa
  11. Ketika flake berada di dasar panci saring kemudian rebus kembali dengn 8 cup air
  12. Panaskan kembali dashijiru dengan tambahan kecap dan cuka kemudian angkat dan pisahkan parutan lobak dengan ukuran kerucutm diaras parutan lobak ditaruh juga parutan jahe.

2. Cara Membuat Sosis Tempura Pedas Manis

RESEP SOSIS ASAM MANIS ENAK - CARA BUAT SAUS ASAM MANIS - YouTube

Bahan – bahan :

  • 2 bungkus tempura sosis
  • 2 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang bombay
  • 20 buah cabe rawit
  • 20 buah cabe merah
  • 4 buah tomat
  • Saos pedas seperlunya
  • garam seperlunya
  • 2 buah wortel
  • Minyak goreng

Langkah Membuat Sosis Tempura Pedas Manis :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Belah sosis menjadi 2 bagian lalu goreng hingga setengah matang
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat tumis hingga matang dengan menambahkan sedikit air
  4. Masukkan juga saos pedas sesuai selera dan tunggu hingga mendidih
  5. Masukkan tempura sosis dan bawang bombay, iris – iris dengan menambahkan garam, lalu aduk – aduk sampai kuah mengental
  6. Jika sudah mengental bisa langsung disajikan

3. Cara Membuat Sosis Tempura Bakaran

Bahan – bahan :

  • 10 buah Sosis
  • 10 buah Scalop
  • Otak-otak seperlunya
  • saus tiram.
  • Kecap manis
  • Cabai rawit
  • Garam secukupnya
  • Madu secukupnya
  • Saos secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • Margarin secukupnya

Langkah Membuat Sosis Tempura Bakaran :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan cabai rawit dan garam kemudian sisihkan
  3. Masukkan kecap manis, saus tiram, saus sambal, lada, madu dan cabai rawit blender hingga halus setelah itu aduk – aduk sampai rata
  4. Iris sosis, otak – otak, scalop sesuai selera kemudian olesi dengan bumbu tadi hingga meresap
  5. Olesi sosis, otak – otak, scalop dengan margarin juga
  6. Olesi teflon dengan margarin, dan masukkan otak – otak, scalop, sosis diatasnya
  7. Bakar dengan api kecil, sambil diolesi bumbu hingga meresap
  8. Setelah itu angkat dan sajikan

Gimana nih kalian udah baca artikel di atas sampai akhir kan? dan gimana menurut kalian mudah bukan langkah – langkah nya, oya cukup sampai disini dulu ya artikel kali ini and bye bye

Categories
Uncategorized

Resep Enak Cara Membuat Kerupuk Bakso Goreng Bagaimana Ya?

Hallo teman-teman semuanya, bagaimana kabar kalian? Untuk kesempatan kali ini, masih membahas tentang makanan ya.

Saya akan berbagi cara membuat kerupuk bakso goreng enak buat di jadiin cemilan. Tentu mudah juga cara bikinnya.

Ayo sama-sama kita simak penjelasan ini dari awal sampai selesai!

Kerupuk Bakso Goreng ?

cara membuat kerupuk bakso goreng

Kerupuk merupakan makanan ringan atau cemilan dengan cita rasa gurih dan bertekstur renyah.

Makanan ringan yang satu ini telah menjadi makanan atau cemilan favorit oleh banyak orang.

Cemilan yang satu ini merupakan cemilan dengan berbagai rasa yang banyak di sukai oleh berbagai kalangan.

Kerupuk bakso goreng ini berbahan dasar dari bakso sapi asli loh! Jadi banyak manfaatnya juga dari daging sapi itu sendiri.

Manfaaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

cara membuat kerupuk bakso goreng

  • Membantu Fungsi Jantung

Mengonsumsi daging sapi dengan olahan yang tepat dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Menjaga Berat Badan

Dengan mengonsumsi daging sapi secara tidak berlebihan dan tanpa lemak dapat menjaga berat badan.

Karena daging sapi kaya protein, jadi bisa mengingkatkan metabolisme ddan menahan rasa lapar.

  • Menjaga Kesehatan Kulit Kita

Terdapat kandungan mineral dan nutrisi pada daging sapi yang bisa membantu regenerasi kulit.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Terdapat kandungan protein hewani yang bisa memperbaiki sel tubuh kita yang rusak juga meningkatkan fungsi otak.

Cara Membuat Kerupuk Bakso Goreng

cara membuat kerupuk bakso goreng

Bahan-Bahan Kerupuk Bakso Goreng

  • air secukupnya, untuk merebus adonan bakso sapi
  • 250 gram daging sapi, di giling halus
  • 125 gram tepung kanji
  • 1/2 sendok makan garam dapur
  • 2 siung bawang putih, di haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 25 cc air, untuk membuat adonan

Bumbu-Bumbu Kerupuk Bakso Goreng

  • 100 ml minyak goreng untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh perasa ayam
  • 25 gram bubuk bumbu balado/bubuk cabe
  • 250 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram kentang, di kukus dan di haluskan
  • 2 butir telur, di kocok hingga rata
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih

Langkah-Langkah Membuat Kerupuk Bakso Goreng

  1. Langkah pertama adalah giling dan campur semua daging sapi dengan menggunakan tepung kanji, bawang putih yang sudah di haluskan, garam dapur, serta bubuk merica.
  2. Uleni adonan bakso secara perlahan dengan di tambahkan air bersih di atasnya sedikit sedikit dulu. Uleni hingga adonan bakso tercampur dengan rata semua.
  3. Masak air yang banyak hingga air mendidih, jika sudah kecilkan api kompor, dengan indikator sampai air tidak meluap luap lagi.
  4. Ambil adonan bakso yang telah jadi. Menggunakan tangan sekitar satu kepal.
  5. Lalu tekan adonan bakso sampai keluar dari lingkaran ruas jari jempol serta telunjuk. Sampai berbentuk bulat dan ambil dengan sendok.
  6. Setelah itu masukkan adonan bakso. Ke dalam air yang sudah di rebus tadi.
  7. Rebus dengan memakai kompor. Dan juga menggunakan dengan api kecil kurang lebih 10 menit atau sampai bakso mengapung ke atas permukaan air.
  8. Lalu angkat bakso dan tiriskan. (catatan. Agar menghindari bakso pecah pada saat di rebus. Usahakan air yang untuk merebus jangan sampai bergolak-golak).
  9. Lalu selanjutnya angkat semua bakso yang sudah matang, tiriskan dan potong tipis.
  10. Siapkan minyak goreng panas dan goreng potongan bakso dengan menggunakan api yang sedang sampai tekstur bakso menjadi kering.
  11. Angkat semua selagi panas. Lalu tabur menggunakan bumbu atau beri topping yang sesuai dengan keinginan kalian. Agar menempel bumbunya.
  12. Kerupuk bakso di biarkan selama 1-2 jam. Pada suhu ruang. Jangan langsung di kemas agar tidak cepat melempem.
  13. Kerupuk bakso goreng siap untuk di sajikan dan kalau ingin menjualnya bisa juga di kemas menggunakan hand sealer supaya kerupuk bakso bisa awet dan bisa di nikmati kapan saja.

Jadi itulah resep dan cara membuat kerupuk bakso goreng yang mudah untuk di tiru teman-teman semua.

Buat kalian yang ingin lebih tau bisa cek artikel cara membuat keripik bakso, cara membuat kerupuk pangsit bakso, cara membuat keripik bakso goreng, cara membuat keripik bakso goreng tanpa daging, cara membuat keripik bakso yang renyah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semuanya. Terima kasih!

Categories
Uncategorized

Ini Dia Resep Ikan Bakar Kecap Sederhana Yuk Simak!

Hello teman – teman artikel kali ini aku bakalan berbagi informasi seputar “Resep Ikan Bakar Kecap Sederhana”namun sebelumnya kalian juga bisa baca artikel resep bumbu ikan bakar, cara membuat bumbu ikan bakar laut, resep ikan bakar bumbu kuning, cara membuat sambal ikan bakar, resep bumbu oles ikan bakar, karena di artikel ini kalian bisa dapat informasi seputar ikan bakar mulai dari kreasi resep ikan bakar sampai resep membuat sambal nya lho, jangan lupa di baca ya teman – teman!

1. Resep Ikan Bakar Kecap Sederhana

4 Resep Bumbu Ikan Bakar Spesial Super Lezat | Resep Istimewa

Bahan – bahan :

  • 1 kg Ikan
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • 5 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 3 lembar daun jeruk

Bumbu Giling :

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 1/2 ruas jari kunyit
  • 1 1/2 buah kemiri
  • 3 butir cabe rawit
  • garam seperlunya

Cara Membuat Resep Ikan Bakar Kecap Sederhana :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Tumis semua bumbu giling hingga mengeluarkan bau harum, setelah itu masukkan daun jeruk
  3. Tambahkan kecap manis dan saus tiram aduk aduk sampai merata
  4. Masukkan ikan ke dalam tumisan tadi dan biarkan sampai bumbu meresap ke dalam daging ikan, jika sudah bisa langsung diangkat dan tiriskan
  5. Siapkan tempat bakaran ikan, bakar ikan sambil diolesi bumbu sisa tumisan tadi
  6. Panggang hingga berwarna kecokelatan

 

2. Resep Ikan Bakar Kecap Sambal Bawang Sederhana

Resep Ikan bakar sambal kecap oleh sundari efi syaiful - Cookpad

Bahan – bahan :

  • 450 gram ikan
  • minyak goreng secukupnya
  • 4 sdm kecap manis

Bumbu Marinasi Ikan :

  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya

Bumbu Olesan :

  • 2 buah cabe merah
  • 1 1/2 ruas jahe
  • 1 1/2 ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1sdt garam
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Bahan Sambal :

  • 1/2 sdt garam
  • 1 ruas gula merah
  • 1 sdt gula
  • terasi
  • 5 biji kacang goreng
  • penyedap rasa seperlunya
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • cabe rawit secukupnya

Cara Membuat Ikan Bakar Kecap Sambal Bawang Sederhana

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan ikan, cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada ikan, marinasi ikan menggunakan bumbu marinasi
  3. Masukkan bumbu – bumbu halus lalu haluskan menggunakan blender
  4. Siapkan minyak panas lalu tumis bumbu halus hingga matang dan mengeluarkan bau harum, tambahkan juga kecap dan aduk aduk sampai merata
  5. Olesi permukaan ikan dengan bumbu tadi sampai merata, lalu diamkan
  6. Siapkan arang/ bakaran ikan dan bakar ikan sambil sesekali di olesi bumbu tadi, bakar hingga berwarna kecokelatan
  7. Ikan bakar siap disajikan
  8. langkah selanjutnya buat sambal dengan mencuci tomat, bawang, dan cabe terlebih dahulu
  9. setelah dicuci goreng hingga matang atau mengeluarkan bau khas
  10. Siapkan cobek atau tempat ulegan, uleg bahan sambal saran jangan terlalu halus
  11. Ikan bakar kecap dengan sambal bawang siap disajikan

 

3. Resep Ikan Bakar Kecap Madu Sederhana

Bahan – bahan

  • 1 kilo ikan nila
  • bumbu marinasi (yang sudah dihaluskan)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas jahe
  • secukupnya garam
  • minyak goreng

Bumbu olesan :

  • 2 butir bawang putih
  • 1/3 sdt lada bubuk
  • 1 sdm madu
  • 2 sdm kecap manis
  • seujung sdt kaldu totole
  • secukupnya air

Cara Membuat Ikan Bakar Kecap Madu Sederhana :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Cuci bersih ikan, beri perasan jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis pada ikan
  3. Baluri ikan dengan bumbu marinasi dan diamkan sampai bumbu dirasa meresap ke dalam daging ikan setelah itu sisihkan
  4. Masukkan semua bumbu – bumbu oles dan aduk – aduk sampai merata
  5. Panaskan minyak dengan api sedikit, masukkan ikan dengan bumbu marinasi tadi dan bolak balik sebentar
  6. Siapkan tempat bakaran ikan dan bakar ikan tadi hingga berwarna hitam kecokelatan
  7. Ikan bakar kecap madu sederhana siap disajikan

Oke gaes kalian udah di akhir artikel kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat ya teman – teman selamat membaca

Categories
Uncategorized

Mengenal Minyak Atsiri Pada Jahe. Ada apa aja si?

Hallo semuanya…

Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website ini semoga dengan adanya artikel pada situs website ini

dapat membantu apa yang sedang dicari oleh temen-temen ya, dan pastinya semoga bermanfaat.

Penjelasan Singkat

Wow Minyak Atsiri Jahe Ternyata Bisa untuk Kelenjar Getah Bening

Ternyata, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak atsiri lhoo. Pembuatannya dengan cara di ekstrak bagian rimpangnya. Terlihat simple, yang terpenting ada bahan yang lengkap dan tidak lupa juga ada alat, salah satunya adalah alat distilasi minyak atsiri yang bisa di dapatkan di toko mesin atau online dengan terpercaya, bahkan jika ingin mencobanya bisa membuat sendiri secaran sederhana.

Faktanya, Minyak Atsiri jahe memiliki warna kuning bening hingga kuning tua. Komponen utama dari minyak atsiri jahe ini yang menyebabkan adanya aroma yang khas pada jahe, diantaranya adalah zingiberen, gingerol, shagaol, dan resin.

Kemudian, terdapat juga sekitar 40 hidrokarbon monoterpeneoid yang laib berbeda seperti 1,8 cineole, borneol, neral, dan juga geraniol.

Jahe tidak hanya satu jenis saja, melainkan memiliki 3 jenis ydan berikut ini penjelasannya :

Jenis Jahe Beserta Kandungan dan Manfaat

Inilah! 14 Kandungan Dan Manfaat Minyak Jahe | Dokterzone

  • Jahe Emprit

Pada rimpang jahe ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari beberapa senyawa, diantaranya ada seskuteroen, zingeron, zingiberene, camphena, sitral, borneol, zingiberene, oleoresin, limonen, phelandrene. Kandungan utama yanga ada di jahe ini ada sekitar 30-35% dari total minyak atsiri.

Kegunaan minyak atsiri didalam jahe emprit itu dapat digunakan untuk :

    • Antiseptik
    • Antispasmodik
    • Aprodisiak
    • karminatif
    • Diaforetik
    • Ekspektoran, dan yang lainnya.
  • Jahe Gajah

Sedangkan pada jahe ini mengandung minyak atsiri kurang lebih 0,82-1,68%.

  • Jahe Merah

Komponen utama pada minyak atsiri jahe merah ini adalah senyawa E-Citral sebesar 32,16%, Z-Citral 18,67%, camphene 9,46% yang diduga senyawa citral.

Apa si itu Citral? Jadi Citral itu merupakan kompenen utama dan senyawa geraniol yang memiliki aktifitas sebagai antibakteri.

Dan berikut ini kegunaan dari Minyak Atsiri Jahe :

  • Meredakan nyeri dan sakit pegal-pegal
  • Menghilangkan rasa mual
  • Melawan peradangan rematik dan osteoarthritis
  • Kaya antioksidan untuk perangi resiko penyakit kronis
  • Mengendalikan kadar gula darah diabetes
  • Menurunkan berat badan
  • Mengendalikan penyakit jantung, Alzheimer, kanker
  • Mengatasi ganguan pencernaan

Dan jika menggunakan Minyak Atsiri Jahe secara rutin maka akan mendapatkan manfaat yang diatas.

Pembuatan Minyak Atsiri Jahe

Penyulingan atau Destilasi adalah suatu metode pemisahan bahan
kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap
(volilitas) bahan.

Metode destilasi yang digunakan adalah dengan uap tidak langsung. Dan sering disebut dengan  pengukusan, yang dimana bahan baku diletakkan pada piringan besi berlubang seperti ayakan yang diletakkan beberapa centi diatas permukaan air.

Metode ini menggunakan uap bertekanan rendah. Pemisahan terjadi berdasarkan berat jenis. Proses penyulingan berlangsung selama kurang lebih 8 jam. Air yang digunakan sebanyak 515, 55 liter.

Untuk penyulingan minyak atsiri jahe menggunakan suhu kurang lebih 120°C dengan tekanan sekitar 2 bar. Sedangkan untuk pendinginan dikondesor menggunakan suhu minimal 40°C.

Penggunaan suhu dan tekanan mesinternyata sangat mempengaruhi kualitas minyak yang dihasilkan. Selain itu jumlah air yang akan digunakan juga berpengaruh terhadap komponen senyawa organik pada minyak. Yang dihasilkan dari bahan baku sekitar 127,61 kg adalah sebesar 1,5 liter.

Minyak yang keluar kemudian akan disaring kembali dengan menggunakan kain, yaitu kain monel. Dan kerja dari kain monel ini yaitu benda asing dan air akan tertahan pada kain monel tersebut, sedangkan minyak akan lolos.

Itulah penjelasan mengenai minyak atsiri pada jahe, untuk informasi lainnya silkahkan bisa mengunjungi Destilasi Minyak Atsiri Jahe

Mohon maaf jika tedapat banyak kekurangan maupun kesalahan didalam artikel ini, jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis bisa disampaikan pada kolom komentar yang ada dibawah.

Dan jangan lupa juga untuk bagikan artikel ini kepada yang lainnya agar mereka tahu. Terima Kasih