Categories
Uncategorized

Resep Bolu Kukus Santan Enak, Lembut dan Anti Hoax

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep bolu kukus santan yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep bolu kukus santan yang cantik berwarna-warni ini.

Apa itu Bolu ?

Bolu adalah makanan yang berbahan dasar tepung. Biasanya bolu ini dimasak dengan cara dipanggang atau di oven. Bolu biasanya menjadi spesial bila dihidangkan pada acara pernikahan, ulang tahun dan acara-acara resmi lainnya.

Bolu atau cake ini berasal dari daratan Eropa yang diperkenalkan oleh bangsa Belanda kepada masyarakat Indonesia. Asal usul ditemukannya cake tidak begitu jelas, ada yang mengatakan sejarah cake sama tuanya dengan sejarah ditemukannya roti. Dalam bahasa Norse Kuno (Viking), Kata “Cake” sendiri berasal dari kata “Kaka”. Bahasa Norse meliputi negara-negara Skandinavia, seperti Islandia, Norwegia, Denmark, dan Swedia. Ternyata, bahasa Norse kuno ini yang menjadi cikal bakal dialek Jerman Utara.

Akan tetapi, bukti sejarah tertua menyatakan secara pasti bahwa “cake berasal dari Kerajaan Yunani. Mereka menamainya dengan kata “Plakous” yang artinya adalah “Rata”. Biasanya mereka mencampurkan bahan-bahan tambahan seperti kacang-kacangan dan madu ke dalam pembuatan cake. Nah di Indonesia sendiri, bolu coklat ini biasa disajikan pada saat pesta ulang tahun, acara-acara tertentu.

bolu-kukus-santan

1. Resep Bolu Kukus Santan

Bahan A Membuat Bolu Kukus Santan

200 gram gula aren

200 ml santan

1 lembar daun pandan simpulkan

1/4 sdt garam

1/2 sdt vanilla

Bahan B Membuat Bolu Kukus Santan

2 butir telur

50 gram gula pasir

1/2 sdt soda kue

1/4 baking powder

Bahan C Membuat Bolu Kukus Santan

200 gram tepung terigu

1 sachet susu coklat bubu

100 ml minyak goreng

Cara Membuat Bolu Kukus Santan

1. Pertama-tama panaskan kukusan hingga air mendidih.

2. Selanjutnya gunakan loyang persegi uk 20cm, lalu alasi dengan kertas baking. Oles sekeliling pinggiran loyang dengan sedikit minyak atau margarine. Sisihkan.

3. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi semua bahan A sampai pucat putih dan mengental, kurang lebih sekitar 10 menitan (bisa disesuaikan mixer masing-masing).

4. Setelah adonan mengental, tuang bertahap bahan B dan bahan C secara bergantian, dimulai dari tepung dan diakhiri dengan tepung. Mixer dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata.

5. Bagi dan timbang adonan menjadi 4 bagian sama banyak, 1 wadah adonan + 1/8 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu, 1 wadah adonan + 1/4 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu, 1 wadah adonan + 1/2 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu, 1 wadah adonan + 1 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu. Untuk tingkat warna bisa disesuaikan keinginan sendiri.

6. Aduk balik masing-masing adonan hingga tercampur rata.

7. Tuang masing-masing adonan kedalam plastik segitiga, bertujuan agar adonan lebih rata saat dituang.

8. Kemudian Tuang 1 lapisan adonan kedalam loyang (dimulai dari warna yang lebih tua) kukus api sedang lapisan pertama selama 8 menit. Jangan lupa tutup kukusan dibungkus serbet atau kain bersih agar uap panas tidak ada yang jatuh ke adonan.

9. Setelah 8 menit buka tutup kukusan dan tuang lapisan kedua, hentakkan loyang, kukus kembali. lakukan sampai setiap lapisan habis. lapisan terakhir kukus selama 15 menitan.

10. Setelah matang, keluarkan kue dari kukusan. Biarkan hingga dingin baru dikeluarkan dari loyang.

11. Potong-potong sesuai selera, sajikan.

Manfaat Bolu

Roti bolu merupakan salah satu makanan yang sering anda jumpai pada saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, acara pengajian, serta yang lainya. Makanan ini memiliki rasa manis yang pas juga enak dimulut dan memiliki tekstur sangat lembut. Makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa. Kemudian, makanan ini salah satu jenis makanan yang di gemari oleh masyarakat indonesia.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yg bisa didapat jika mengkonsumsi Bolu Kukus.

1. Untuk Kesehatan Mata

Khasiat pertama yang bisa membantu anda dalam hal menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Tetapi makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, untuk mencegah hal buruk yang mungkin akan terjadi, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ini yang semoga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Sebagai Program Diet

Jika teman-teman mempunyai berat badan yang berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranya bukan? Pada saat teman-teman ingin menurunkan berat badan, ternyata hanya dengan memakan roti bolu kukus adalah salah satu solusi bagi proses penurunan berat badan anda yang dianggap berlebihan.

3. Bagus Bagi Kesehatan Tulang

Ternyata kue bolu kukus di dalamnya mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Kue bolu kukus memiliki kandungan selenium sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. apakah kamu tahu? beragam jenis penyakit, sebaiknya di antisipasi dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makanan bolu kukus ini serta melakukan olahraga secara rutin.

5. Sebagai Pembentukan Otot

Kue bolu kukus memiliki protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan dalam menyehatkan serta membantu perkembangan otot. Karena di dalam pengolahan makanan ini banyak di fermentasi kan dengan berbagai makanan yang bermanfaat, salah satunya telur yang ada di dalam makanan ini. Telur sendiri sangatlah bagus untuk anda yang sedang proses pembentukan otot.

6. Untuk Pemeliharaan Sel Tubuh

Kue bolu kukus juga sangat bagus untuk memelihara sel tubuh yang sehat. Ini disebabkan karena makanan ini memiliki senyawa protein. Protein mempunyai peranan yang sangat baik sebagai memproduksi serta menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat bolu kukus santa ini. Jika kalian ingin melihat resep bolu kukus yang lain, kalian dapat melihat di artikel resep bolu kukus pelangi. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin bolu kukus santan sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel resep rica-rica daging kambing untuk mendapat referensi makanan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *