Categories
Uncategorized

Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden Homemade

Resep pada kali ini akan memasa sarden pindang tongkol yang sehat dan higienis tanpa bahan pengawet. Karena, dari pada beli sarden kalengan kurang sehat. Ikan pindang tongkol segar juga bisa diolah dengan bumbu sarden ala kalengan favorit Anda. Selain lebih sehat karena bebas pengawet, Anda juga bisa membuat citarasanya sesuai selera.

Di siang hari seperti ini pasti banyak yang malas untuk memasak yang berat-berat dan susah-susah. Jika kamu termasuk salah satunya maka ada baiknya mencoba resep yang satu ini. Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden Homemade ini super praktis dan cepat sekali disajikan. Seperti apa sih resepnya? Intip di sini ya.

Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden Homemade

ikan pindang tongkol bumbu sarden

Bahan – bahan :

  • 3 ekor ikan tongkol
  • 10 cabai rawit
  • 3 cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 buah tomat, rebus lalu buang kulitnya
  • gula dan garam secukupnya
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 ruas jahe
    1 batang daun bawang
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu ikan pindang sebenarnya relatif simple, bumbu dasarnya adalah garam, bawang putih dan bawang merah. Namun agar aromanya lebih harum dan rasanya lebih mantap. Jika ingin lebih endes tambahin juga dengan Saus Barbeque, ini ada kok Cara Membuat Saus Barbeque Untuk Sosis Yang Enak.

Ikan pindang tongkol memang benar mempunyai citarasa yang lezat mau diolah dengan cara apapun tidak akan mengurangi. Nah pada kesempatan kali ini kita akan memasak ikan pindang tongkol bumbu sarden.

Cara Memasak:

  1. Bersihkan ikan, potong-potong dan goreng sebentar.
  2. Haluskan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat.
  3. Tumis bumbu yang sudah diblender menggunakan minyak goreng, tentunya bukan minyak atsiri yang produksinya dari Alat Destilasi Minyak Atsiri. Masukkan jahe dan daun jeruk.
  4. Setelah bumbu harum tambahkan sedikit air, saos tomat, gula, garam.
  5. Setelah mendidih masukkan ikan dan daun bawang dan masak sampai bumbu meresap.
  6. Koreksi rasa sesuai selera, jika sudah pas matikan api dan sarden siap disajikan.

Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan

Ikan pindang tongkol merupakan salah satu dari jenis ikan berlemak yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat ikan pindang tongkol bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan usai mengonsumsinya:

  • Menyehatkan otak dan mata

Manfaat ikan pindang tongkol ini berhubungan dengan kandungan omega-3 DHA di dalam dagingnya. Pada anak-anak, omega-3 yang satu ini dapat memaksimalkan fungsi otaknya. Sedangkan pada orangtua, omega-3 ini dapat menjaga kesehatan mata.

  • Menjaga kesehatan jantung

Pada ikan pindang tongkol juga terdapat omega-3 EPA yang fungsinya menjaga kesehatan jantung agar selalu berdetak secara normal. Asam lemak baik ini dapat menurunkan kandungan trigliserida di dalam pembuluh darah sehingga Anda memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami aritmia (ketidakteraturan irama jantung) maupun penumpukan lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

  • Melindungi saluran cerna

Manfaat dari ikan pindang tongkol ini juga datang dari kandungan omega-3 di dalam dagingnya. Mengkonsumsi ikan pindang tongkol dipercaya dapat mencegah munculnya sel kanker di organ pencernaan maupun pada bagian ovarium wanita.Meski demikian, manfaat ini baru sebatas klaim dan sugesti dari masing-masing orang yang memakan ikan tongkol. Hingga pada saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan hubungan makan ikan tongkol dengan pencegahan kanker.

  • Memperkuat otot

Manfaat dari ikan pindang tongkol lainnya datang dari kandungan protein sehingga dapat Anda jadikan sebagai alternatif daging merah dari hewan darat. Protein pada ikan pindang tongkol dipercaya dapat memperkuat dan meningkatkan massa otot, menambah daya tahan tubuh, dan mengikat lemak sehingga baik untuk diet.

Nah begitulah Resep Pindang Tongkol Bumbu Sarden Homemade, jika ada yang belum tau Resep Pindang Tongkol Terbaik dan Terenak┬ádiartikel sebelumnya kita ada loh topik cara membuat sop buntut yang enak. Terimakasih ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *