Categories
Uncategorized

Resep Sagu Keju Pandan Lezat Tanpa Pengawet, Anti Gagal

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep sagu keju pandan yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep sagu keju pandan yang menggugah selera ini.

Pengertian Sagu

Sagu adalah tepung yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau “pohon sagu”. Tepung sagu memiliki karakteristik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir dan dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur, atau dalam bentuk-bentuk yang lain. Bahan pokok ini dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mie dan mutiara.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi).

sagu-keju-pandan

1. Resep Sagu Keju Pandan

Bahan Kue Kering Sagu Pandan :

  • Tepung sagu 300 gram (setelah disangrai)
  • Campuran Margarin & Mentega 150 gram
  • Gula halus 125 gram, bisa disesuaikan dengan selera
  • Kuning telur 2 butir
  • Santan kental instan 85 mili liter
  • Keju cheddar parut 75-100 gram, sesuai selera saja
  • Pasta pandan 1 sendok teh, bisa disesuaikan dengan selera
  • Daun pandan 2 lembar, ikat simpul
  • Keju parut secukupnya untuk taburan

Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju Pandan :

1. Pertama-tama sangrai tepung sagu dan daun pandan hingga tekstur tepung berasa ringan menggunakan api kecil. Buang daun pandan, lalu dinginkan sampai uap hilang.

2. Kocok campuran margarin dan mentega, dengan gula halus sekitar 3 menit saja menggunakan mixer roti.

3. Kemudian masukkan kuning telur, kocok sebentar lalu masukkan santan dan pasta pandan sebanyak 1 sendok teh, kocok lagi dengan mixer hingga rata.

4. Masukkan parutan keju, kocok sebentar kemudian tuang tepung sagu yang telah disangrai sedikit demi sedikit aduk hingga merata dengan spatula.

5. Masukkan adonan sagu pandan keju kedalam plastik segitiga yang telah diberi spuit dibagian ujungnya.

6. Beri alas kertas baking pada loyang, lalu semprotkan adonan satu persatu hingga loyang berisi penuh. Jangan lupa beri jarak secukupnya lalu beri taburan keju. Lakukan terus sampai semua adonan habis.

7. Masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 150°C selama 20-25 menit (sesuaikan oven masing-masing).

8. Angkat lalu diamkan hingga kue dingin suhu ruang, kemudian susun atau simpan kedalam toples kedap udara.

9. Resep kue kering sagu pandan keju siap untuk dihidangkan, selesai.

Kandungan Gizi Sagu

Tepung sagu kaya dengan karbohidrat namun sangat miskin gizi lainnya. Ini terjadi akibat kandungan tinggi pati di dalam teras batang maupun proses pemanenannya. Seratus gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Di dalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10mg kalsium, 1,2mg besi, dan lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil.

MANFAAT DAUN PANDAN

1. Sebagai Anti Rematik

Potonglah tiga daun pandan, kemudian campurkan dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan. Biarkan dingin, lalu gunakan sebagai obat gosok untuk bagian yang terkena rematik.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rebus 10 gram daun pandan dengan dua gelas air putih. Rebus hingga tersisa satu gelas air rebusan. Kemudian minum setengah air tersebut di pagi hari dan sisanya di malam hari.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun pandan juga membantu meningkatkan nafsu makan, dengan menggunakan air rebusan daun pandan.

4. Mengurangi Kram

Daun pandan sebagai obat tradisional untuk mengurangi kram, terutama kram perut. Hanya membuat rebusan air daun pandan lalu meminumnya.

5. Membantu Mengurangi Demam

Air rebusan daun pandan memiliki efek menurunkan suhu demam dan membuatnya kembali ke suhu yang normal dengan cepat.

6. Mengilangkan Panu

Penyakit panu terjadi disebabkan oleh jamur yang tumbuh dikulit. Dengan menggunakan daun pandan, dapat menghilangkan jamur pada kulit.

7. Mengatasi Ketombe

Siapkan sepuluh daun pandan, kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan air secukupnya. Kalian dapat menggunakannya dengan cara dioleskan pada rambut, diamkan beberapa saat lalu cuci rambut hingga bersih.

8. Mengatasi Rambut Rontok

Selain mengatasi masalah ketombe, daun pandan juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Penggunaannya sama, oleskan pada rambut, diamkan selama satu/dua jam, kemudian bilas bersih. Lakukan di pagi hari.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan cara membuat sagu keju pandan ini. Jika kalian ingin melihat resep bolu kukus yang lain, kalian dapat melihat di artikel resep bolu kukus pelangi. Jadi tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep sagu keju pandan sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel cara membuat jus bit untuk mendapat referensi minuman sehat ya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *