Categories
Uncategorized

Resep Telur Gabus Asin Yang Cocok Dihidangkan Untuk Camilan Keluarga

Halo readers, kita berjumpa lagi. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang resep telur gabus asin yang lembut, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep telur gabus asin yang menggugah selera ini.

Kalian para pecinta jajanan kue tradisional sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Dan kalian juga pasti sudah mencicipi camilan yang satu ini. Kue telur gabus merupakan kue jajanan pasar yang termasuk dalam golongan makanan ringan. Camilan ini biasa dijual dalam bentuk kiloan dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Camilan ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam membuat camilan untuk keluarga di rumah. Kue kering ini sering disajikan ketika mengadakan suatu acara . Selain rasanya yang enak, proses dan cara membuatnya juga sangat mudah dan sederhana. Tanpa bantuan mixer roti saat membuatnya pun kue ini bisa jadi lezat. Kue ini biasanya berbentuk panjang dengan setiap ujungnya yang lancip. Telur gabus merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai camilan karena kue ini banyak disukai terutama oleh anak-anak. Berikut adalah salah satu resep membuat kue telur gabus.

Asal Usul Telur Gabus

Makanan yang satu ini menjadi salah satu kesukaan bagi mayoritas masyarakat di Betawi. Telor gabus keju merupakan camilan legendaris dari betawi Jakarta yang sangat disukai banyak orang. Dengan rasa yang sudah di inovasikan dengan bermacam variasi rasa dan camilan ini bentuk kembung panjang. Rasanya yang gurih dan asin keju yang lezat saat digigit.

Ya, camilan keju ini merupakan oleh-oleh khas jakarta yang kerap dijadikan teman bersantai sembari nyemil. Camilan istimewa ini memiliki rasa yang manis ,renyah, dan juga gurih.Tak heran banyak warga yang suka dengannya dan seolah tidak bisa berhenti untuk terus memakan camilan ini ,apalagi jika ditemani dengan secangkir teh hangat.

telur-gabus-asin

1. Resep Telur Gabus Asin

Bahan  Membuat Telur Gabus Asin

  • Tepung sagu : ± 2 ons ( 200 gram ).
  • Telor ayam : 2 butir.
  • Keju : ± 1/2 ons ( 50 gram ).
  • Garam : secukupnya.
  • Minyak goreng : secukupnya.

Cara Membuat Telur Gabus Asin

1. Ambil wadah yang nantinya untuk mengaduk bahan bahan kue telor gabus.

2. Masukkan dua butir telor dan kocok dengan kocokan telor hingga benar benar sempurna.

3. Parut keju dan masukkan ke dalam wadah serta tambahkan sedikit garam ( karena keju udah asin ) kemudian kocok hingga benar benar bercampur.

4. Selanjutnya masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk aduk. Lebih baik di remas remas dengan tangan aja bunda biar bercampur sempurna. Terus di uleni hingga tercipta adonan kalis dan lembut ( jika terlalu lembek dapat tambahkan sedikit tepung sagu ).

5. Adonan siap di cetak dan di goreng. Cara mencetak kue telor gabus ini sangat mudah. Ambil sedikit adonan ( sebesar kelereng atau sesuai selera bunda aja ) kemudian taruh di tengah telapak tangan dan pegang dengan kedua telapak tangan lalu putar 2 hingga 3 kali sehingga terbentuk bulat panjang. Terakhir masukkan dalam minyak panas dengan api kompor kecil.

6. Bolak balik hingga mengembang sempurna dan warnanya sedikit kekuningan berarti sudah matang.

7. Ulangi hingga semua tergoreng habis.

8. Siap dihidangkan.

Tips Membuat Telur Gabus

1. Pilihlah bahan-bahan yang kualitasnya baik atau terjamin.

2. Sebaiknya pilihlah tepung sagu yang masih baru dan segar, karena penggunaan tepung sagu yang kurang fresh akan membuat telur gabus berbau tengik dan mengubah rasa. Gunakan minyak kemasan yang baru dan bersih untuk menghasilkan telur gabus yang harum dan berwarna cerah.  Pastikan untuk tidak menggunakan banyak margarin untuk membuat tekstur kue yang tidak patah atau terlalu rapuh.

3. Usahakan pada saat kita membuat adonan kue kita membuatnya dengan menggunakan tangan agar nanti hasil kuenya lebih maksimal.

4. Usahakan pula minyak yang berada di dalam wajan cukup banyak supaya hasilnya nanti renyah dan matang sempurna sampai ke dalam.

5. Gunakan api sedang agar telur gabus matang didalam namun gurih di luar karena menggunakan akan membuat kue mentah di dalam namun menggunakan api kecil akan membuat adonan menyerap banyak minyak.

6. Pada saat kita akan menggoreng, lebih baik minyak yang berada pada wajan atau yang kita gunakan tidak boleh langsung panas.

7. Jika terlalu panas nantinya gorengan akan memercik layaknya menggoreng ikan dan hasilnya kurang baik atau sempurna.

8. Terakhir jika ingin telur gabus yang lebih gurih, kalian dapat menambahkan lebih banyak parutan keju ke dalamnya.  Jangan lupa untuk menutup rapat telur gabus ketika disimpan agar telur gabus tetap renyah.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan resep telur gabus asin ini. Jika kalian ingin melihat resep telur gabus yang lain, kalian dapat melihat di artikel cara membuat telur gabus. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin cara membuat telur gabus asin ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel resep kambing guling untuk mendapat referensi makanan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *