Categories
Uncategorized

Tempat Menyimpan Dokumen Kertas Agar Rapi

Tempat-menyimpan-dokumen-kertas

Pada kesempatan kali ini saya sedikit ingin menyampaikan mengenai beberapa cara tempat menyimpan dokumen kertas yang bisa kamu lakukan agar dokumen kertas kamu aman dan tidak berantakan. Dokumen kertas adalah biasanya berupa aset penting yang dimiliki oleh seseorang baik pribadi ataupun kelompok.

Namun alasan utamanya adalah orang-orang seringkali tidak cermat dalam menyimpan dokumen kertas, sehingga hilang atau rusak karena salah tempat penyimpanan. Dokumen kertas rawan rusak karena terbuat dari material kertas, sehingga kamu harus berhati-hati untuk mencegah dokumen kertas tersebut robek, dimakan rayap, ataupun basah.

Pasalnya, untuk membuat kembali dokumen kertas yang hilang atau rusak biasanya tidak mudah. Dibutuhkan banyak persyaratan, waktu yang tidak sebentar, dan pastinya ada biaya administrasi yang harus kamu keluarkan.

Sebelumnya berikut ini terdapat cara menyimpan dokumen kertas dengan benar agar dokumen kertas tetap dalam kondisi yang aman dan tidak berantakan antara lain:

1. Jangan Dilaminating

Dari sebagian orang berasumsi dengan melakukan laminating di setiap dokumen kertas yang dimiliki akan membuat dokumen kertas tersebut aman, bagus dan bertahan lama. Padahal pendapat tersebut sama sekali tidak benar. Mengapa demikian?

Jika sewaktu-waktu kamu akan melakukan lamaran kerja atau jual beli tanah atau rumah dengan menggunakan berkas dokumen kertas yang asli, mungkin saja dokumen kertas tersebut akan dicek keasliannya.

Mau tidak mau laminatingnya harus dibuka dan tentu saja hal tersebut akan membuat dokumen kertas menjadi rusak karena plastik dan kertasnya sudah menempel kuat.

2. Perbanyak Dokumen kertas

Perbanyak dokumen kertas di sini bukan berarti harus membuat dokumen kertas dalam jumlah yang banyak, tetapi hanya perlu fotokopi dokumen kertas penting tersebut dalam jumlah yang banyak misalnya 10 atau 20 lembar di setiap dokumen kertas.

Dengan begitu, bila Kamu memerlukan dokumen kertas tidak perlu membawa yang asli, bawa saja fotokopinya. Ada baiknya beberapa dokumen seperti dokumen kertas dilegalisir terlebih dahulu. Fotokopi ini bisa berupa hitam putih ataupun berwarna dan pilihlah yang terbaik.

Berikut tempat menyimpan dokumen kertas agar aman :

1. Simpan dalam map

Map terbagi menjadi dua jenis, yakni kertas dan plastik yang memiliki ketebalan plastik yang beragam. Agar dokumen kertas kamu yang disimpan bisa lebih aman dan tahan lama, pilihlah map yang terbuat dari bahan plastik dengan kualitas ketebalan terbaik.

Biasanya jenis map ini memiliki beberapa warna mulai dari merah, hijau, biru, kuning, ungu, pink, cokelat dan masih banyak lagi sehingga kamu bisa mengkategorikan dokumen kertas sesuai dengan warnanya.

2. Simpan di Dalam Lemari

Setelah dokumen kertas sudah dimasukan ke dalam map, jangan letakkan dokumen kertas di sembarang tempat apalagi yang mudah terjangkau oleh anak-anak atau bahkan air banjir, sebaiknya hindarilah dari jangkauan anak-anak atau air banjir.

Ada baiknya simpan ke dalam lemari pakaian bagian paling atas atau lemari yang dikhususkan untuk menyimpan dokumen kertas agar terhindar dari jangkauan anak-anak dan mudah mencarinya.

Selanjutnya jangan lupa map beri label disetiap map agar lebih mudah mencarinya tanpa harus membongkar semua berkas dokumen kertas. Jangan lupa beri kamper atau kapur barus di setiap sudut-sudut lemari agar mengurangi lembap dan mengusir adanya binatang-binatang kecil yang biasa menyebabkan dokumen kertas tersebut rusak.

Selanjutnya, sering-seringlah mengecek kondisi dokumen kertas satu per satu agar terkena sirkulasi udara sehingga antara dokumen kertas satu dengan dokumen kertas lain tidak lengket.

3. Laci

Jika belum memutuskan memiliki brankas, bisa menggunakan laci sebagai penyimpanan. Dengan ruang yang lebih banyak dan kapasitas relatif lebih besar dari brankas, pengguna bisa menempatkan lebih banyak barang yang hendak disimpan.

Dari segi material, laci terdiri beberapa pilihan. Bisa terbuat dari plastik bermotif anyaman, kayu ataupun besi. Untuk menyimpan dokumen kertas dan barang berharga, perlu memastikan secara rutin kondisi barang-barang tersebut

Demikian artikel mengenai tempat menyimpan dokumen kertas yang bisa kamu lakukan untuk penyimpanan dokumen kertas penting. Dengan begitu dokumen kertas kamu akan aman dan tidak tercecer kemana-mana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *